5 Negara Dengan Cyber Security Terbaik - IDS Digital College

5 Negara Dengan Cyber Security Terbaik

Di era serba digital sekarang ini, keamanan data menjadi hal yang krusial karena dapat merugikan individu, perusahaan bahkan dapat merugikan negara secara keseluruhan. Perperangan antar negarapun sekarang ini dilakukan dengan menyerang pertahanan digital antar negara. Kejahatan dunia digital menjadi kejahatan nyata yang harus diperhatikan dengan sangat serius oleh negara sekalipun. Beberapa negara maju sudah melakukan pengamanan cyber secara progresif. Berikut 5 negara dengan cyber security terbaik. 

1. Amerika Serikat
Negara paman sam ini menjadi salah satu negara yang menghadapi serangan dunia maya dalam jumlah besar tiap tahunnya. Amerika cukup sukses dalam mengatasi kejahatan cyber dan melindungi kerangka kerja yang sensitif dari ancaman cyber. Sekitar 58% dari organisasi keamana digital berada di negara ini untuk menemukan pendekatan yang lebih baik melawan serangan terbaru. Pemerintah amerika terus berupaya meyakinkan transparansi, produktivitas, dan perkembangan berkenaan dengan keamanan data. Selain itu pemerintah amerika juga bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan tata kelola internet. 

2. Rusia
Sebagai salah salah satu negara kuat, Rusia memang tidak dapat diragukan lagi, temasuk dalam hal cyber security. Bahkan negara ini sendiri memiliki lembaga khusus pertahanan cyber yaitu Russian Cyber Forces. Meskipun rusia sering disalahkan atas serangan cyber yang dialami oleh lawan politik mereka seperti amerika dan inggris, hal tersebut menjadikan rusia memiliki pegangan bagus untuk melindungi negara mereka sendiri. Dan setidaknya 7.300 pakar internet dan komputer telah dihimpun untuk memperkuat kapabilitas cyber Negeri Beruang Merah tersebut.

3. Israel
Tidak dipungkiri bahwa israel menjadi negara yang cukup kuat tidak hanya dalam pertahanan militer, tapi juga dalam urusan cyber. Negara ini cukup gigih menempatkan pendidikan sumber daya manusia untuk meningkatkan keamanan cyber mereka. Peningkatan bakat untuk pengamanan cyber di israel sudah dimulai dari bangku pendidikan sekolah menengah mereka. Selain itu perhatian negara terhadap pengamanan cyber juga ditunjukan dengan mendanai starup cyber security yang berkembang di negara tersebut. 

4. Cina
Cina mengadopsi undang-undang keamana dunia maya pada tahun 2017 dengan maksud untuk memperkuat keamanan nasionalnya. Undang-undang ini merupakan pengembangan dari kebijakan dan regulasi keamanan cyber yang sudah ada sebelumnya dari berbagai dimensi dan bidang. Pengembangan undang-undang tersebut menyesuaikan untuk pembuatan undang-undang skala besara yang lebih terorganisir lagi.      

 5. Estonia
Estonia menjadi kelas berat dunia dalam pengetahuan dunia maya sejak mendapat serangan dunia maya pada tahin 2007. Latihan pertahanan siber terbesar pernah diadakan di estonia oleh NATO pada tahun 2016 yang menarik lebih dari 700 spesialis cyber, militer, pejabat pemerintah, delegasi akademis dan industri dari berbagai negara. 

Demikianlah daftar negara dengan pengamanan cyber terbaik di dunia. Perhatian terhadap kejahatan dunia maya memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar keamanan negara tertap terjaga. Bagaimana dengan cyber secutiry di Indonesia sendiri? Untuk kamu yang tertarik dengan dunia pengamanan digital, kamu bisa mendalami ilmu IT di sekolah tinggi yang mengajarkan keilmuan cyber security. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat