5 Tahapan Siklus App Development - IDS Digital College

5 Tahapan Siklus App Development

Systems Development Life Cycle (SDLC) adalah siklus hidup pengembangan sebuah perangkat lunak (App Development). Siklus ini menjelaskan berbagai tahapan-tahapan pengembangan sebuah aplikasi. Hasil yang didapatkan dari setiap tahapan tentunya akan diimplementasikan pada tahapan berikutnya.

Terdapat banyak pendekatan yang dilakukan selama proses pengembangan perangkat lunak. Pendekatan maupun metode ini dikenal juga dengan sebutan “Software Development Process Models (Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak”).

Beragam model-model SDLC yang bisa dipilih diantaranya Waterfall model, agile model, v-shaped mode, big bang model dan spiral model. Siklus ii tentunya akan menentukan tingkat keberhasilan dalam proses pengembangan sebuah software.

Ada Enam tahapan utama siklus App Development yang telah kami rangkum

System Planning (Perencanaan Sistem)

planning

Tahapan ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta memprioritaskan aplikasi apa yang akan dikembangakan, target-target yang ingin dicapai, serta jangka waktu pelaksanaan dengan mempertimbangan dana yang ada.

  • Tahapan perencanaan ini merupakan tahapan yang penting karena
  • Tahapan mendefinisikan dan merincikan identifikasi permasalahan
  • Pembangunan software yang ditujukan pada peningkatan keunggulan kompetitif
  • Perubahan aliran informasi yang terjadi nantinya akan secara besar-besaran dalam sebuah organisasi
  • Pengimplentasian teknologi komputer yang berdampak bagi tenaga kerja

Requirement Analysis (Analisis Kebutuhan)

analisis kebutuhan

Persyaratan utama pembuatan software adalah menganalisis kebutuhan. Pada tahapan ini diskusi berbagai pihak dibutuhkan untuk mengetahui perangkat seperti apa yang dibutuhkan, siapa yang akan menggunakan dan bagaimana mereka akan menggunakannya.

Informasi mengenai jenis input yang dibutuhkan dan output apa yang diharapkan. Setelah informasi dikumpulkan , maka di analisis untuk melihat apakah permintaan-permintaan tersebut bisa dimasukkan pada software yang akan dikembangkan.

Setelah itu, dokumen Requirement Specification (Spesifikasi Persyaratan) dikembangan untuk digunakan sebagai panduan pada tahapan selanjutnya.

Pada tahapan ini, tim pengembangan software akan membuat sistem dan menganalisis permasalahan lebih mendalam dengan menyusun suatu studi kelayakan.

Menurut Raymond Mc Leod, terdapat 6 dimensi kelayakan

  1. Kelayakan teknis, analisis hardware,software, dan organisasi
  2. Pengembalian Teknis, analisis manfaat dan potensi pengembalian
  3. Pengembalian Non-ekonomis, analisis manfaat dan pengembalian
  4. tidak dapat diukur secara finansial
  5. Hukum dan Etika, analisis batasan hukum, etika dan kultur
  6. Operasional, analisis penerapan/implementasi sistem
  7. Jadwal, analisis batasan waktu penyusunan sistem

Design (Desain)

Pada tahapan ini aplikasi dan desain sistem dikembangkan sesuai dengan pedoman dokumen Requirement Specification (Spesifikasi Persyaratan) yang telah disusun sebelumnya.

Tahap desain merupakan tahapan menetapkan aplikasi dan persyaratan sistem yang dibutuhkan, serta tahapan pembangunan struktur sistem. Adapun hasil dari tahapan ini akan digunakan sebagai masukan untuk tahapan selanjutnya.

Secara rinci aktifitas-aktifitas yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan analisis interaksi objek dan fungsi sistem
  • Melakukan analisa data dan membuat skema database
  • Merancang user interface

Implementation & Coding (Implementasi dan Pengkodean)

menguasai bahasa pemrograman

Pada tahapan ini, pengkodean sebenarnya dilakukan. Kode-kode diproduksi berdasarkan spesifikasi desain yang telah dibuat sebelumnya. Tahapan ini juga adalah tahapan yang paling kritis dan juga terpanjang dalam SDLC.

Testing (Pengujian)

software testing

Setelah melakukan pengembangan kodi, kemudian dilakukan pengujian untuk melihat apakah telah memenuhi persyaratan yang ditentukan pada tahap pertama.

Berbagai macam pengujian dilakukan diantaranya pengujian sistem, pengujian unit, pengujian penerimaan dan pengujian integrasi.

Maintenance (Pemeliharaan)

maintenace software

Tahapan ini merupakan tahapan terakhir pada pengembangan aplikasi (App Development). Dimana software yang sudah jadi dikirimkan kepada klien/pelanggan. Selang beberapa waktu jika mendapatkan keluhan dari pelanggan, maka masalah-masalah ini harus ditangani.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat