7 Peran Artificial Intelligence dalam Bidang Marketing di Masa Depan - IDS Digital College

7 Peran Artificial Intelligence dalam Bidang Marketing di Masa Depan

Bayangkan saja, di masa kini kita sudah sangat banyak dimudahkan dengan adanya campur tangan AI (Artificial Intelligence) dalam kehidupan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menemukan AI dimana saja, mulai dari bidang kesehatan, ekonomi, media hingga pemerintahan. Teknologi AI memiliki banyak keunggulan yang mampu memudahkan manusia dalam menjalankan suatu pekerjaan.

 

AI juga bisa digunakan dalam dunia pemasaran atau marketing dengan memanfaatkan konsep dan model kecerdasan buatan seperti machine learning yang berguna untuk mengantisipasi pergerakan target pasar untuk mencapai goals pemasaran.

 

Untuk itu, kamu harus mengetahui 7 peran penting AI dalam bidang marketing dibanding marketing biasa. Simak jawabannya berikut ini:

 

 

1. Teknologi yang Lebih Pintar

 

Semakin tahun teknologi semakin maju, dengan adanya mesin pencari dan media sosial, masyarakat kini dengan mudah bisa menemukan berbagai hal yang mereka butuhkan dalam waktu beberapa detik saja. AI disini, sangat berguna dalam membantu menemukan pola pencarian pengguna sehingga data yang dikumpulkan bisa digunakan untuk memfokuskan area tertentu yang paling diminati oleh target market.

 

 

2. Penyebaran Konten yang Lebih Sempurna

 

Saat ini menyebarkan sebuah konten untuk pemasaran bisa memanfaatkan teknologi AI untuk mengambil data dan menyasar pengguna dalam jangkauan yang lebih luas. Bahkan dengan menggunakan AI, kamu bisa merujuk pada calon konsumen yang memiliki potensial dan menjanjikan. Serta kamu memberikan konten yang berkaitan dengan kebutuhan mereka, sehingga kemungkinan besar untuk meningkatkan brand awareness akan produkmu kepada potential target market lebih besar.

 

 

3. Promosi yang Strategis

 

Menggunakan AI berarti kamu bisa menganalisis jenis dan target promosi yang kamu butuhkan dengan lebih strategis. Karena kemampuan AI dalam mengakses data yang luas membuat kamu bisa menggali potensi yang lebih dalam dan lebih luas melalui pencarian kata, profil pengguna, trending dan data online lainnya yang dibutuhkan.

 

 

4. Lebih Efisien 

 

Tidak bisa dipungkiri, adanya bot AI membuat pekerjaan customer service via online menjadi lebih mudah. Dari segi biaya dan waktu juga lebih efisien sehingga mampu menekan pengeluaran untuk hal itu. Teknologi bot AI biasanya juga dilengkapi dengan akses informasi dan riwayat pencarian internet yang membuat kinerjanya lebih efisien.

 

 

5. Teknologi Pencarian Visual

 

Saat ini sudah bukan hal yang mustahil untuk mencari sesuatu hanya dengan melalui gambar saja. Kamu tidak perlu memasukkan kata kunci untuk mencari suatu hal, teknologi AI mampu mencari yang kamu butuhkan dengan fitur pencarian visual atau pengenalan gambar yang dimilikinya. Penerapan teknologi AI yang ini pada situs-situs belanja dan mesin pencarian mimpi memudahkan pengguna untuk mencari produk berdasarkan barang yang mereka inginkan.

 

 

6. Pembelajaran Sistem yang Berkelanjutan

 

Seperti namanya, AI merupakan kecerdasan buatan dimana AI mampu mengumpulkan data dan mempelajari hal-hal terbaru yang kemudian disimpan dalam memorinya. Dengan adanya fungsi ini mampu membuat AI akan bertambah semakin pintar seiring waktu sehingga lebih memudahkan proses marketing untuk bisa berjalan lebih efektif dan lebih efisien lagi. Dengan adanya AI juga membuat kamu lebih muda menyasar target pasar maupun potensial klien yang lebih relevan.

 

 

7. Hemat Biaya dalam ROI

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya AI dapat membantumu dalam menekan anggaran pemasaran. Menentukan target market juga jauh lebih murah dan lebih efisien dengan dukungan AI yang akan memberi kamu ROI sebaik mungkin. Sehingga lebih mudah untukmu untuk menjadikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan efisien.

 

Kamu berminat untuk mempelajari lebih jauh tentang AI? Yuk, kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat