7 Teknik Meningkatkan Cyber Security Disaat Covid - IDS Digital College

7 Teknik Meningkatkan Cyber Security Disaat Covid

Dengan berkembangnya bisnis ke era digital, tentu saja akan ada banyak sekali ancaman yang siap menyerang akunmu. Hal ini tidak hanya berlaku pada akun personal tapi juga akun bisnis. Ancamannya bukan hanya soal bobolnya uang di rekening, tapi data pribadi yang bersifat rahasia. Apalagi di musim covid-19 ini yang notabene kriminalitas naik. Nah, dalam hal ini pengetahuan soal cyber security ini sangatlah penting. Bila kamu merasa masih awam dengan keamanan di dunia teknologi informasi, tapi setidaknya kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

Apa Arti Cyber Security?

Cyber security artinya strategi perlindungan gadget baik itu komputer, tablet, smartphone bahkan perangkat lunak dari serangan cyber. Dalam hal ini, keamanan cyber dan keamanan fisik sangat perlu diperhatikan dari akses secara ilegal. 

Hal yang paling menakutkan dari serangan cyber ini adalah meningkatnya kasus peretasan oleh pihak lain yang notabene tidak hanya mengambil data dan uang, tapi juga merusak komponen perangkat dengan memasukkan virus di dalamnya. 

Cara Meningkatkan Cyber Security Di Tengah Pandemi Covid-19 

1.Ganti Password 

Perbaharuilah password kamu agar data kamu tetap aman. Yang pasti jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir dan angka yang mudah dibaca. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka. Meski demikian, perlu kamu ingat kalau terlalu sering ganti password juga berbahaya. Menurut sebuah artikel yang dimuat di FTC’s Chief Technologist Lorrie Cranor, riset yang dilakukan oleh UNC mengatakan kalau pemilik akun cenderung mengganti password dengan sedikit perubahan yang notabene hal ini menimbulkan sebuah pattern. Akhirnya, password yang dibuat ini mudah sekali ditebak. Jadi sebaiknya setiap mengganti password, pastikan ganti dengan pola baru dan tidak berhubungan dengan pola lama. 

2.Pakai Password Manager 

Gunakan password manager untuk membantu menciptakan password yang unik. Kamu bisa menggunakan sejumlah tool seperti LastPass, Sticky Password dsb. Meski demikian, tidak ada salahnya kalau kamu memodifikasi password ini agar tidak mudah terlacak. Setelah itu, catat password kamu di tempat yang aman. Akan sangat baik menyimpannya di file hardcopy untuk berjaga-jaga. 

3.Gunakan Fitur Two-Factor Authentication 

Sekarang banyak sekali platform yang menggunakan two-factor authentication mulai dari Gmail hingga Whatsapp. Ini akan meningkatkan keamanan perangkat kamu. Biasanya cara ini mewajibkan kamu memasukkan nomor telepon dan email untuk layer keamanan kamu. 

4.Jangan Lupa Hapus Akun Yang Tidak Dipakai 

Dalam dunia cyber security, hal ini sangat penting. Para peretas akan dengan mudah mengakses perangkat melalui akun lama kamu yang sudah tidak dipakai. Kalau kamu punya bisnis dan memiliki sejumlah karyawan yang sudah resign, pastikan kamu menghapus akun mereka. Hal ini juga berlaku untuk akun personal kamu. 

5.Pastikan Update Software 

Update memang menjengkelkan. Akan tetapi dalam update ini ada fitur security yang ditambahkan sehingga perangkat kamu lebih aman. Kalau kamu tidak punya waktu, buat jadwal untuk melakukan update. Lebih baik mencegah dari pada menyesal nantinya, kan?

6.Hati-hati Dengan Link Phishing 

Phising menjadi hal yang paling umum terjadi di dunia peretasan. Apa lagi bila ini tentang spear-phishing karena jauh lebih meyakinkan. Bila kamu menjalankan bisnis dan punya sejumlah karyawan, pastikan mereka tahu hal ini karena hal ini bisa mengancam kesehatan bisnis kamu. Apa lagi kalau berkenaan dengan data hingga finansial. 

7.Lakukan Backup 

Backup adalah cara paling klasik dan ampuh untuk melindungi bisnis kamu dari serangan. Biasanya peretas akan mencuri data kamu dan mengancam kamu untuk mentransfer sejumlah uang kalau kamu ingin data kamu dikembalikan. Umumnya hal ini terjadi di kasus ransomware. 

Setelah memahami langkah penting soal cyber security id atas, jangan lupa untuk selalu proaktif. Update informasi terbaru mengenai keamanan sistem agar keamanan data dan perangkat kamu terjaga.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat