Ini Pentingnya Aplikasi Mobile Untuk Kesehatan - IDS Digital College

Ini Pentingnya Aplikasi Mobile Untuk Kesehatan

Perkembangan dan kemajuan di dunia digital sukses mempengaruhi banyak bidang, termasuk juga bidang kesehatan. Salah satu pengaruh nyata dunia digital di era kesehatan modern ini adalah kemunculan berbagai aplikasi mobile untuk kesehatan yang menawarkan banyak kemudahan.

Bagaimana tidak mudah, aplikasi yang ditawarkan bisa diakses melalui smartphone dan tablet. Bahkan di beberapa negara maju, sudah bisa melakukan pemeriksaan ringan dari jarak jauh melalui aplikasi. Misalnya melakukan pemeriksaan kesehatan telinga dan pendengaran melalui smartphone.

Semakin canggih dan berkembangnya aplikasi kesehatan tentunya memudahkan masyarakat luas. Hambatan jarak dan waktu bisa dipangkas melalui aplikasi ini, dokter pun bisa lebih cepat menyiapkan pengobatan yang diperlukan jika menemui keadaan darurat. Aplikasi semacam ini juga sudah berkembang di Indonesia. Apa saja fungsinya dan seberapa penting aplikasi mobile untuk kesehatan ini bisa memberikan dampak di tanah air? Yuk kita ulas bersama.

1. Akses Edukasi dan Informas
Aplikasi mobile untuk kesehatan bisa menjadi sumber terpercaya untuk memberikan informasi tentang kesehatan. Dengan begitu, tingkat pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan juga bisa meningkat. Tak dapat dipungkiri jika banyak aplikasi kesehatan dengan segala fitur dan gimmick yang terhubung dengan media sosial juga ikut mempopulerkan pola hidup sehat.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi lari untuk menghitung jumlah km, aplikasi fitnes untuk menghitung jumlah kalori yang berguna bagi kamu yang sedang menjalani program diet dan masih yang lain. Banyak juga aplikasi mobile untuk kesehatan yang menampilkan banyak artikel dengan pola hidup sehat, parenting, tanya jawab ibu hamil yang semuanya bisa membantu meningkatkan kepedulian masyarakat untuk hidup sehat.

2. Diagnosa Awal
Aplikasi mobile untuk kesehatan juga bisa bermanfaat untuk memberikan diagnosa awal guna memberikan bantuan pertama yang diperlukan. Ada juga aplikasi kesehatan yang menyediakan chat dengan dokter, bisa digunakan untuk konsultasi maupun membantu dokter untuk memeriksa dari jarak jauh. Selain itu, chat dokter juga bisa digunakan untuk berinteraksi, konsultasi dan juga berdiskusi.

3. Booking Dokter dan Info Rumah Sakit
Aplikasi mobile untuk kesehatan saat ini juga banyak terkoneksi dengan rumah sakit maupun tempat pelayanan medis lainnya. Fitur ini memudahkan pengguna yang ingin bikin membuat jadwal dengan dokter atau pun mencari informasi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat berdasarkan lokasi kamu.

Selain bisa mendaftar secara online, pengguna juga bisa mengetahui berbagai informasi tentang tempat pelayanan kesehatan, apotek atau juga laboratorium. Menariknya, pengguna juga bisa menemukan berbagai promo untuk medical check-up hingga perawatan kulit dan gigi.

4. Fitur Support Pasien
Tak kalah penting, banyak juga aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur support bagi pasien. Fitur ini berfungsi sebagai asisten virtual pasien yang bisa memeriksa kondisi, sebagai reminder untuk minum obat hingga melakukan penjadwalan untuk check-up. 

Kesimpulan
Hadirnya aplikasi kesehatan menghadirkan terobosan canggih yang bisa merevolusi industri kesehatan saat ini. Adanya aplikasi ini bisa memangkas hambatan jarak dan waktu yang bisa berarti juga banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

Tak ketinggalan, aplikasi kesehatan juga punya pengaruh besar kepada meningkatkan pola hidup sehat yang berkembang di dalam masyarakat. Selain itu akses informasi kesehatan yang mudah selain memberikan edukasi, juga meningkatkan kepedulian masyarakat akan hidup sehat.

Yang tak kalah penting, aplikasi mobile untuk kesehatan yang banyak beredar di Indonesia juga bisa berperan sebagai asisten membantu keberlanjutan perawatan pasien. Jadi serasa punya perawat pribadi untuk membantu menjaga kesehatan.

Namun kamu juga perlu berhati-hati. Sekalipun banyak membantu masyarakat, tetaplah berhati-hati saat membagikan data dengan aplikasi kesehatan. Pastikan aplikasi yang digunakan valid atau dikembangkan oleh perusahaan terpercaya, karena rekam medis merupakan suatu informasi yang sensitif dan bersifat rahasia.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat