7 Tips Mudah Mengatasi 404 Not Found pada Website - IDS Digital College

7 Tips Mudah Mengatasi 404 Not Found pada Website

 

Kamu pasti pernah dihadapi situasi dimana kamu menemukan “404 Not Found” saat membuka website. Ketika kamu dihadapi hal itu apa yang akan kamu lakukan? Kebanyakan orang akan meninggalkan website tersebut bukan?

 

Karena itulah Error 404 Not Found sangat bisa memberikan dampak buruk khususnya untuk traffic websitemu. Memang apa sih 404 Not Found itu?

 

Jadi, 404 Not Found adalah kode status HTTP yang menunjukan bahwa halaman website yang kamu buka tidak dapat ditemukan pada server. Selain itu biasanya pesannya dapat dibuat dalam bentuk yang berbeda namun sama saja seperti, HTTP 404 Not Found, 404 Page Not Found, 404 Error. 404 Not Found, Error 404, HTTP 404, Error 404 Not Found, 404 File or Directory Not Found dan The request URL [URL] was not found on this server. 

 

Apakah penyebab yang membuat munculnya 404 error ini? Ada banyak kemungkinan. Mulai dari invalid URL, halaman telah dihapus atau dipindahkan ke URL lain, compatibility, restrukturisasi URL hingga server tidak berfungsi. Lalu adakah cara untuk mengatasinya? Tentu saja ada! Untuk mengetahui cara menghindari error tersebut kamu bisa simak tips berikut ini!

 

 

1. Hapus Cache Browser

 

Jika kamu menemukan Error 404 Not Found saat membuka situ tersebut, namun saat diakses lewat device lain bisa terbuka. Mungkin masalahnya ada pada browser kamu. Kamu bisa mengatasinya dengan menghapus cookies dan cache pada browser kamu terlebih dahulu baru coba untuk membuka situs itu lagi.

 

 

2. Reload

 

Kamu bisa melakukan refresh atau reload pada halaman website itu tadi jika kamu menemukan Error 404 Not Found. Terkadang Error 404 Not Found hilang sendirinya, dan hanya membutuhkan refresh website.

 

 

3. Perbaiki link

 

Salah satu penyebab munculnya Error 404 Not Found bisa jadi karena ada kesalahan pada URL. bisa jadi ada satu atau dua ejaan yang salah ketik saat memasukan link. Atau kesalahan penulisan garis miring pada link. Karena itu coba periksa lagi URL yang ada dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan.

 

 

4. Redirect Halaman

 

Jika terjadi Error 404 Not Found, kamu bisa menggunakan 301 direct. Itu adalah sebuah kode respon pengalihan yang memberi sinyal pada browser bahwa konten telah di transfer ke URL lain.

 

 

5. Reset Permalink

 

Jika kamu mengalami Error 404 Not Found pada WordPress itu adalah bagaimana WordPress membuat permanen link. Karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang pengaturan permalink. Hak ini bisa kamu lakukan melalui control panel atau melalui FTP.

 

 

6. Menonaktifkan Plugin dan Tema

 

Jika terjadi Error 404 Not Found pada website kamu yang berbasi WordPress, kamu bisa mencoba untuk menonaktifkan tema atau plugin kamu satu persatu dari dashboard WordPress. Biasanya cara ini berhasil untuk digunakan.

 

 

7. Restore the Deleted Page

 

Untuk kasus ini biasanya kamu menemukan Error 404 Not Found saat mencari halaman yang telah dihapus. Untuk mengatasinya kamu bisa coba mengembalikan halaman tersebut. Namun jika tidak memungkinkan, maka selalu pastikan kembali sebelum kamu menghapus sebuah halaman kamu harus mengalihkannya pada halaman lain dengan konten yang serupa.

 

Itulah 7 tips mudah untuk mengatasi Error 404 Not Found yang ada di websitemu. Jika kamu tertarik dengan website kamu bisa masuk jurusan teknik informatika. Sekarang, kamu bisa kuliah sambil kerja di IDS Digital College loh!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat