Akses ke Google Melonjak Selama Wabah Covid-19 - IDS Digital College

Akses ke Google Melonjak Selama Wabah Covid-19

Para perusahaan penyedia jasa internet seperti Biznet, IndiHome ataupun First Media mencatat terjadinya lonjakan trafik data para pengguna semenjak berlakunya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) atau bekerja di rumah saja (work from home) akibat virus Covid-19 yang kian meluas. 

Arif Prabowo selaku VP PT Telkom Indonesia mengatakan jika trafik kini meningkat hingga 13 persen saat makan hari dan mengalami peningkatan 15 persen dibanding trafik hari-hari sebelumnya. 

Sementara itu dikutip dari CNN,  Presiden Direktur Biznet, Adi Kusma mengatakan bila ada penambahan trafik sekitar 20 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, Lonjakan penggunaan internet ini terjadi di jam kantor di kawasan perumahan. Lonjakan trafik ini didominasi oleh pengguna aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Paket Ilmupedia, dan Google Classroom yang mengalami peningkatan lebih dari 5404 persen. Google mengatakan jika saat ini ada 100 juta siswa dan bidang pendidikan yang menggunakan classroom education tools. Angka ini dua kali lebih tinggi dibanding bulan Maret lalu.

Selain aplikasi belajar online, Google Search juga mengalami peningkatan drastis. Perusahaan induk Google yang bernama Alphabet baru saja memaparkan jika hasil pendapatan keuangannya pada kuartal pertama 2020 di saat pandemi Covid-19 ini mengalami peningkatan. CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai mengatakan dengan ‘tale of two quarters’ pada penjabaran investor tercatat bahwa kinerja iklan mengalami dampak yang sangat besar di bulan Maret lalu. 

Menurut Pichai salah satu bisnisnya yang mengalami kenaikan signifikan selama pandemi ini adalah mesin pencarian Google. Google Search mengalami kenaikan yang sangat signifikan di kalangan para pengguna. Kebanyakan dari para pengguna mencoba untuk mengakses informasi seputar virus Covid-19, selain itu juga aktivitas pencarian Super Bowl, dan akses untuk nonton Youtube.  

Sayangnya untuk Google Search dari Youtube, Pichal menjelaskan lebih detail mengenai angka kenaikan, ia menyebut akses layanan berbagi video tersebut mengalami peningkatan drastis selama musim pandemi Covid-19 ini. 

Bukan hanya itu Google juga melaporkan bahwa pengguna Android telah menghabiskan waktu yang cukup panjang dalam aplikasi mereka untuk mengunduh berbagai aplikasi di Play Store Google. Bulan Maret lalu bahkan aktivitas di Play Store mengalami peningkatan hingga 30% dibanding bulan Februari lalu. 

Hingga saat ini Google sendiri memiliki lebih dari 2,5 miliar perangkat aktif Google Play bulanan. Sayangnya terjadi penurunan aktivasi perangkat aktif tersebut di kuartal ini karena menurunnya permintaan konsumen global. 

Pichal juga memaparkan jika ada lonjakan penjualan untuk perangkat Chromebook. Kira-kira ada peningkatan 400% permintaan Chromebook yang lebih tinggi di bulan Maret lalu dibandingkan bulan Maret di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk laba bersih Google sendiri dikatakan meningkat 13% setiap tahunnya dengan total USD 41,2 miliar atau atau sekitar Rp 631,6 triliun. Angka ini dicapai berkat kontribusi Youtube dan Cloud.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat