TikTok Capai 2 Miliar kali Diunduh - IDS Digital College

TikTok Capai 2 Miliar kali Diunduh

Selama pandemi Covid-19 ini ternyata TikTok adalah salah satu aplikasi yang mengalami perkembangan sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah unduhan aplikasi TikTok oleh masyarakat di seluruh dunia selama masa karantina berlangsung. 

Sebuah perusahaan analitik Sensor Tower melaporkan jika platform video kreatif tersebut sudah diunduh lebih dari 2 miliar kali dalam skala global. Pada kuartal pertama saja, TikTok sudah berhasil diunduh hingga 315 juta kali baik di App Store maupun Google Play. Jumlah pengunduh TikTok di kuartal pertama 2020 ini bahkan melampaui Whatsapp yang jumlahnya sudah diunduh hingga 250 juta kali. 

Menurut Sensor Tower sendiri, jumlah pengunduh TikoTok ini paling banyak berasal dari para pengguna di India, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Hal ini membuat TikTok menjadi aplikasi pertama setelah FaceBook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger yang berhasil melampaui 2 miliar unduhan sejak 1 Januari 2014. Sayangnya jumlah unduhan yang lebih dari 2 miliar ini tidak selalu sebanding dengan jumlah pengguna aktif TikTok sendiri. 

Sebelumnya, sejumlah aplikasi dari Google (pengembang Android) seperti Gmail dan Youtube sendiri sudah berhasil diunduh lebih dari 5 miliar kali. Tapi kedua aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan yang sudah pre-instal di kebayakan smartphone dan tablet Android. 

Mendongkrak Pendapatan TikTok

Perusahaan induk TikTok, ByteDance tentu saja merasa bahagia dengan prestasi ini. Dengan banyaknya jumlah pengunduh TikTok maka pendapatan mereka juga mengalami peningkatan. Apalagi menurut data yang ada, para pengguna TikTok menggunakan USD 456,7 juta di kuartal 1 dan melambung hingga USD 175 juta dibanding 5 bulan yang lalu. Pendapatan ini kebanyakan diterima dari para pengguna yang ada di Tiongkok. Sementara pengguna di Amerika Serikat membelanjakan uang hingga USD 86,5 juta di aplikasi ini, menjadikan Amerika Serikat sebagai negara pasar terpenting kedua bagi TikTok. 

Pandemi Covid-19 Membuat Jumlah Pengunduh TikTok Makin Tinggi

Craig Chapple, ahli strategi di Sensor Tower mengungkapkan jika wabah Covid-19 ini membuat orang mencari aplikasi baru yang lebih fresh dibanding aplikasi yang pernah ada. Terlebih dengan adanya kegiatan di rumah saja membuat banyak orang jenus dan mencari sarana hiburan baru seperti TikTok. Selain hiburan, TikTok juga menyediakan video-video kreatif yang dapat memberikan wawasan serta ilmu baru bagi user seperti tutorial editing foto, tutorial memasak, hingga dekor rumah dengan cara-cara yang menyenangkan.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat