Peluang Freelancer Bidang IT Masih Sangat Menjanjikan - IDS Digital College

Peluang Freelancer Bidang IT Masih Sangat Menjanjikan

Di era modern seperti saat ini, kaum milenial bisa lebih mudah menemukan kerja freelance berbasis internet dan IT. Lowongan pekerjaan tadi banyak ditawarkan melalui situs berbagi project freelance yang bisa diakses melalui perangkat mobile masing-masing untuk memberikan fleksibilitas bagi mereka yang tak ingin terikat. 

Kemajuan teknologi di bidang informasi punya andil besar mendorong peningkatan kebutuhan tenaga ahli di bidang IT. Fakta ini bisa jadi peluang bagi kamu yang lulusan IT, masih menempuh pendidikan di bidang IT atau sekadar ingin mencari pengalaman. Kamu bisa mencoba pengalaman mengerjakan proyek freelance untuk mengetahui dunia kerja yang sebenarnya. 

Ada banyak jenis pekerjaan di bidang IT yang membuka kesempatan untuk magang, atau mencari freelance terbuka. Menjamurnya startup di tanah air memberikan angin segar bagi para kaum milenial pencari kerja, terutama yang inginkan tantangan bekerja di startup untuk mencari portofolio atau membangun kredibilitas. Buat kamu yang cocok dengan pekerjaan freelance seperti yang dijabarkan sebelumnya, simak yuk 5 pekerjaan freelance bidang IT yang banyak dibutuhkan ini:

1. Desain Grafis
Internet erat sekali kaitannya dengan konten menarik, lalu siapa lagi yang membuat desain konten menjadi menarik jika bukan desainer grafis? Lowongan pekerjaan desainer grafis menjadi lowongan pekerjaan yang paling populer dibandingkan bidang lainnya dalam daftar ini. Jika kamu memiliki ketertarikan dalam dunia desain dan edit gambar, kamu bisa coba menjadi freelancer desainer grafis.

Biasanya desainer grafis dibutuhkan oleh perusahaan iklan, media cetak dan online, pendidikan dan masih banyak lagi. Biasanya pekerjaan ini tidak mengharuskan kamu untuk datang ke kantor, sehingga cocok bagi para mahasiswa yang mencari pekerjaan freelance. 

2. Web Developer
Dalam situs-situs pencarian kerja seringkali dibutuhkan jasa pengmbang web deceloper. Untuk bisa menekuni pekerjaan ini, kamu diwajibkan memiliki skill dan kreatifitas yang cukup tinggi. Namun sangat sebanding dengan bayarannya yang mencapai puluhan hingga ratusan juta per tahunnya tergantung tingkat kesulitan dan ke komplexan dari web yang di kembangkan. 

Untuk menjadi web developer, kamu paling tidak harus memahami konsep HTTP ( Hypertext Transfer Protocol) dan HTML ( Hyper Text Markup Language ). Jangan lupa untuk memahami javascript, database SQL, web server, server side programming dan web hacking. 

3. Business Analyst
Sepintas mungkin kamu mengira ini adalah pekerjaan yang cocok untuk anak ekonomi, namun jangan salah. Kebanyakan pekerja yang bergerak di business analyst ini memiliki basic pendidikan di bidang IT. ditambah komunikasi yang baik, kemampuan berpikir analisis dalam memecahkan masalah, teliti dan akurat, mengerti tentang model bisnis dengan teknologi yang dibutuhkan akan membuat kamu menjadi business analyst yang akan dicari oleh banyak perusahaan. 

4. Android Developer
Jika web developer terlalu susah untukmu, kamu bisa mencoba yang satu ini. Yaitu menjadi seorang android developer, ini merupakan salah satu lapangan pekerjaan di bidang IT yang terbuka luas. Pekerjaan sebagai pengembang aplikasi android mengharuskan kamu untuk mampu membuat, menguji dan maintain aplikasi secara terus menerus agar tidak terjadi bug dan membuat aplikasi kamu semakin dinikmati oleh banyak orang.

5. Game Developer
Di masa kini, mobile game semakin banyak dinikmati oleh masyarakat. Khususnya karena pengguna internet dan smartphone yang meningkat. Jika kamu seorang programmer dan hobi membuat game, kamu bisa menjadi freelancer di perusahaan game developer. Penghasilan dari game developer sangat menjanjikan, terlebih lagi beberapa game memberikan fitur premium yang berbayar untuk penjualan game. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat