Apa Perbedaan Virus dan Trojan? - IDS Digital College

Apa Perbedaan Virus dan Trojan?

Data-data dalam komputer Anda tiba-tiba rusak, hilang atau bahkan bocor ke tangan orang lain tanpa sepengetahuan anda? Seringnya, Kita menyebut komputer terkena virus. 

Padahal, yang terjadi adalah komputer tengah diserang oleh kode jahat (malware). Malware sendiri meliputi: virus, trojan, spyware, dan worm.

Virus dan Trojan termasuk perangkat lunak yang disebut malware. Malware atau malicious code (malcode) adalah kumpulan kode atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau menimbulkan dampak “buruk” pada data, host, atau jaringan.

Malware (malicious software) merupakan salah satu sebutan untuk sistem perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan merusak sistem-sistem tertentu pada komputer. Malware merupakan sebuah kode jahat, jadi sudah pasti merugikan komputer yang terkena.

Penyebaran malware ini bisa melalui beberapa media, misalkan saja seperti lewat email, lewat file di internet, aplikasi palsu, hingga iklan spam yang terdapat pada website.

Malware sendiri mempunyai banyak kemampuan seperti dapat mengubah, menghapus, menyembunyikan, dan mencuri data-data penting yang ada pada perangkat komputer korban tanpa diketahui oleh pengguna komputer tersebut.

Kerusakan yang ditimbulkan malware bervariasi, dari hanya menyebabkan kerusakan ringan (seperti iklan popup yang muncul saat kita berseluncur) sampai untuk mencuri informasi rahasia dan uang bahkan untuk merusak sistem dan jaringan secara keseluruhan. 

Kerugian ini dapat mengakibatkan rusaknya file atau aplikasi yang ada di dalam komputer, seperti terjadi error saat membuka file tertentu. Hingga yang terparah kehilangan data atau aplikasi yang ada. Perbedaan jenis-jenis malware juga bisa dideteksi dari seberapa parah kerusakan atau kehilangan data yang dialami oleh komputer yang terinfeksi.

Kalau Kita dapat mengenal perbedaan jenis-jenis malware, Kita jadi lebih paham tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan komputer kita. Perbedaan jenis-jenis malware ini didasari pada bentuk kode jahat serta media menyebarnya kode jahat ke komputer itu sendiri.

Malware tidak dapat merusak perangkat keras fisik  dan peralatan jaringan, tetapi dapat merusak data dan perangkat lunak yang berada pada peralatan tersebut. berikut ini penjelasan tentang perbedaan virus dan trojan.

Virus

Sebuah virus komputer adalah jenis malware yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam program lain dan menjadi bagian dari program tersebut. 

Virus dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain, dari program yang sudah terinfeksi . Virus dapat menyebabkan kerusakan data atau program. 

Hampir semua virus  melekat pada sebuah file executable, yang berarti virus mungkin ada pada sebuah sistem tetapi tidak akan aktif atau dapat menyebar sampai pengguna menjalankan atau membuka file host berbahaya atau program tersebut.

Ketika program yang sudah terinfeksi dijalankan,maka perintah dari virus pun dijalankan. Biasanya, program host yang terinfeksi masih dapat terus berfungsi . 

Namun, ada beberapa virus yang langsung merusak program host tersebut. Virus juga dapat menyebar ketika software atau dokumen yang terinfeksi dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain menggunakan jaringan, disk, file sharing, atau juga Email.

Trojan

Trojan adalah jenis lain dari malware yang diberi nama berdasarkan kuda kayu Yunani yang digunakan untuk menyusup ke dalam Troy. Pengguna biasanya tidak sadar telah terjangkit Trojan, karena semua program dapat berjalan dengan baik. 

Karena tujuan trojan sendiri bukan lah merusak data atau mencuri informasi seperti virus dan worm.melainkan untuk menjadi pintu celah keamanan agar malware dapat masuk kedalam sebuah sistem.

Tidak seperti virus dan worm, Trojan tidak dapat menyalin diri sendiri agar bisa menginfeksi file lainnya. Trojan hanya dapat menyebar melalui interaksi pengguna seperti membuka lampiran e-mail atau mengunduh dan menjalankan file dari internet.

Posted in: News


WhatsApp chat