Apa Sih Sebenarnya yang Dimaksud Startup Unicorn? Cari Tau Yuk! - IDS Digital College

Apa Sih Sebenarnya yang Dimaksud Startup Unicorn? Cari Tau Yuk!

Akhir-akhir ini salah satu editing tool yang paling sering dipakai adalah Grammarly dan dia menjadi termasuk ke dalam sebuah Startup Unicorn. Apakah kamu pernah mendengar tentang Startup Unicorn sebelumnya?

Tidak hanya Grammarly, namun Uber, Airbnb, Snapchat hingga Pinterest disebut sebagai bagian dari Startup Unicorn. Lalu apakah maksud dari “Unicorn” ini? Kenapa mereka mendapatkan nama seperti itu? Apa yang membuat mereka mendapatkan title seperti itu? Jika kamu merasa bingung dan penasaran, mari simak penjelasan berikut ini!

 

Apa maksud dari “Unicorn”?

Dalam venture capital industri, kata-kata atau sebutan Unicorn mengacu pada startup manapun yang telah mencapai penilaian lebih dari 1 miliar dollar. Sebutan ini pertama dibuat oleh Aileen Lee, founder dari Cowboy Ventures dimana dia ingin mereferensikan 39 startup yang memiliki penilaian mencapai lebih dari 1 miliar dolar sebagai sebuah Unicorns. Kemudian istilah ini awalnya digunakan untuk menekankan, bahwa ini merupakan kejadian langka yang terjadi pada dunia startup. Sejak saat itu definisi Startup Unicorn tidak pernah berubah. Namun beberapa yang masuk daftar tersebut telah menghilang.

 

Bagaimana cara menjadi bagian dari Startup Unicorn?

Untuk mendapatkan title sebagai seorang unicorn memang tidak mudah, dan setiap startup yang berhasil masuk dalam title unicorn ini biasanya memiliki kelebihannya sendiri dengan daftar fitur yang bekerja sesuai yang mereka inginkan. Lalu seperti apakah kelebihan yang harus dimiliki itu?

 

1. Disruptive Innovation

Biasanya yang masuk dalam daftar unicorn memiliki inovasi yang berbeda dan membawa perubahan yang signifikan untuk dijadikan role model. Contohnya seperti Uber, membuat sebuah perubahan tentang cara orang bepergian. Airbnb mengubah cara orang untuk merencanakan liburan mereka dan cara mereka menyewa tempat tinggal, dan masih banyak lagi.

 

2. Yang Pertama

Biasanya yang pertama ada, selalu menjadi unicorn. Karena kebanyakan unicorn adalah sang “pencipta pertama”. Mereka mengubah cara pandang orang dan cara orang melakukan atau menghadapi sesuatu yang akan menuntun pada banyak kompetitor yang bermunculan dengan mengadaptasi dari ide yang telah mereka buat.

 

Report terbaru mengatakan bahwa 87% dari produk unicorn adalah software, sedangkan yang 7% adalah hardware dan sisanya adalah 6% untuk produk dan service lainnya.

 

3. Fokus Pada Konsumen

62% dari unicron adalah adalah dari perusahaan B2C. Tujuan mereka adalah untuk mempermudah dan menjadi bagian dari hal yang lain. Menjaga dengan memberikan harga yang affordable adalah salah satu kunci dalam kesuksesan

 

4. Milik Pribadi

Kebanyakan dari Unicorns sangat dingin dimana dia ingin evolusi yang besar dimana kamu akan bekerja dalam sebuah permainan. Kebanyakan yang masuk list unicorn adalah yang perusahaannya dibuat oleh mereka sendiri, hingga investasi sendiri.

 

Apakah startup biasa saja bisa menjadi “unicorn”?

Tentu saja jawabannya adalah “bisa”, Sebutan “unicorn diberikan kepada startup yang punya valuasi lebih dari 1 miliar dolar. Startup yang melebihi valuasi $ 10 miliar dikelompokkan dalam istilah yang disebut decacorn (unicorn super). Dropbox, SpaceX, dan WeWork adalah beberapa contoh startup decacorn.

 

Untuk startup yang berbasis di Kanada, ada istilah eksklusif selain “unicorn” yaitu ‘narwhal’. Yang artinya setiap perusahaan startup dengan valuasi lebih dari $ 1 miliar di Canada akan disebut sebagai narwhal. Hootsuite dan Wattpad adalah dua contoh perusahaan Narwhal.

 

Jika kamu ingin belajar lebih jauh tentang startup dan juga perusahaan-perusahaan dengan basis digital lain. Yuk, kuliah sambil kerja di IDS Digital Collage!

Posted in: News


WhatsApp chat