Yuk, Belajar Membuat Game Android dengan Tutorial Berikut! - IDS Digital College

Yuk, Belajar Membuat Game Android dengan Tutorial Berikut!

Dengan naiknya popularitas game android, banyak orang di seluruh dunia ingin menjual dan membuat game mereka sendiri. Tertarik membuat game? Jika kamu kuliah di jurusan teknik informatika, bisa lho mempelajarinya.

 

Tapi, sebelum bisa membuat game sendiri, kamu harus belajar coding setidaknya menggunakan satu bahasa pemrograman. Kamu juga harus belajar menggunakan software, framework, dan juga kode library untuk membuat game yang paling sederhana.

 

Lalu, apa lagi yang dibutuhkan untuk membuat game? Yuk, simak tutorial berikut ini!

 

Pahami Perbedaan Programmer Game dan Desainer Game

Sangat penting untuk memahami perbedaan dari membuat game dan mendesain game. Secara sederhana, desain game mengacu pada desain artistik sebuah video game. Desainer game bertugas membuat konsep sebuah game. Mereka mendetail bagaimana game tersebut bereaksi di bawah kondisi tertentu dan apa yang harus dilakukan untuk membuat game tersebut utuh.

Sedangkan, pembuat game (atau programmer game) adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk membuat coding agar video game berjalan sesuai dengan konsep. Nah, buat mahasiswa di jurusan teknik informatika, coding bukan hal yang asing.

Kamu dapat menjadi seorang desainer game dan juga programmer game pada saat yang bersamaan untuk membuat game yang sederhana.

 

Langkah Membuat Game

 

1. Lakukan Riset & Buat KonsepĀ 

Pertama-tama, pikirkan tipe game yang kamu ingin buat. Lakukan riset dan cari tahu keterampilan apa yang dibutuhkan. Perhatikan juga fitur apa yang akan kamu bangun dalam game ini.

Jika kamu serius, ada beberapa kursus yang bisa kamu ambil. Contoh, kalau kamu penggemar game The Legend of Zelda, kursus membuat video game seperti The Legend of Zelda sangat direkomendasikan. Di kursus ini kamu akan diajarkan cara membuat RPG sederhana dengan Unity dan Blender.

 

2. Buatlah Dokumen Desain

Konsep sudah, selanjutnya kamu harus membuat dokumen desain. Bagi kebanyakan orang, dokumen desain adalah garis besar singkat dari sebuah game, seperti konsep tampilan serta apa yang harus kamu lakukan untuk membuat game tersebut.

Ketika membuat sebuah dokumen desain, pertimbangkan:

  • Keterampilan yang kamu miliki.
  • Bahasa yang akan kamu gunakan. Dalam pembuatan game, kamu setidaknya menguasai JavaScript, Java, Swift, dan Bahasa Pemrograman C, C#, dan C++.
  • Tampilan serta fitur game tersebut.

3. Tentukan Software

Beberapa game Android tidak membutuhkan software tertentu. Di sisi lain, beberapa game membutuhkan software spesifik untuk membuat desain dan gambar 3D. Untuk menjalankan software, kamu juga membutuhkan komputer dengan prosesor yang berkualitas dan RAM besar.

 

4. Mulai Pemrograman

Setelah kamu mengunduh software yang dibutuhkan, sekarang waktunya coding. Walaupun beberapa game kompleks membutuhkan aplikasi pembuatan game, beberapa game hp tidak membutuhkannya. Cukup bahasa pemrograman.

 

Kamu juga dapat membuat game dengan aplikasi yang lebih sederhana seperti PhoneGap. Dengan PhoneGap, kamu bisa membuat game sederhana berbahasa JavaScript, HTML, dan CSS.

 

5. Tes Game & Pasarkan

Setelah game kamu selesai, kamu harus melakukan tes agar dapat menyingkirkan bug. Proses ini mungkin memakan waktu yang lama. Jadi, pastikan kamu punya banyak waktu untuk berkonsentrasi.

Proses pemasarannya sendiri tidak terlalu sulit. Lebih baik sewa seorang konsultan pemasaran jika kamu tidak punya pengalaman sebelumnya. Tapi, jika kamu ingin mencoba, ada beberapa cara promosi yang harus kamu siapkan.

 

  • Membuat copy non-digital dan mendistribusikannya melalui toko game dan retailer lainnya.
  • Jika kamu membuat game Android atau iOS, pastikan kamu mendaftarkannya di Apple App Store atau Google Play Store.

 

Belajar membuat game bisa menjadi sebuah proses yang menyenangkan dan menghasilkan, tapi sangat menantang. Jika kamu tertarik untuk belajar coding dan membuat game, tantangan ini bisa dihadapi dengan serius mempelajarinya. Kamu boleh pilih kursus atau kuliah di jurusan teknik informatika, terutama yang mengajarkan pengembangan mobile game, seperti di IDS Digital College.

 

Kalau sudah bisa mempelajari dasar-dasarnya, mulailah dari membuat game sederhana, seperti game scribble atau sesuatu yang tidak rumit.

Posted in: News


WhatsApp chat