Apakah Software dengan Harga Tinggi Sebanding Kualitasnya? Cari Tahu di Sini! - IDS Digital College

Apakah Software dengan Harga Tinggi Sebanding Kualitasnya? Cari Tahu di Sini!

Perdebatan yang sering di dalam proyek software development adalah, apakah menghabiskan waktu untuk mengimprovisasi kualitas dari software atau berkonsentrasi pada membuat lebih banyak fitur yang berguna?

 

Biasanya tekanan untuk memberikan fungsionalitas mendominasi dalam diskusi, membuat banyak developers mengeluh kalau mereka tidak punya waktu untuk mengerjakan arsitektur dan code quality. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kualitas selalu sebanding dengan biaya yang dikeluarkan? Pertanyaan ini sebenarnya tidak berlaku pada software, karena software dengan kualitas tinggi sebenarnya lebih murah untuk diproduksi.

 

Saat berbicara tentang kualitas software, sebenarnya ada banyak hal ada di dalamnya. Terdapat dua bagian yang berkontribusi membangun kualitas software, yaitu bagian eksternal (seperti UI dan defects), dan internal (arsitektur). User biasanya bisa melihatĀ  mana produk software yang berkualitas tinggi dari eksternalnya saja, namun kurang bisa membedakan dengan jeli mana yang berkualitas tinggi dan rendah.

 

Software developers biasanya mempermasalahkan kualitas internal, karena programer menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memodifikasi kode. Bahkan dalam sebuah sistem baru, hampir semua pemrograman dilakukan dalam konteks berbasis kode yang sudah ada. Kualitas internal sebenarnya sangat penting bagi para user. Kualitas internal yang lebih baik membuat penambahan fitur baru lebih mudah. Dengan memiliki kualitas internal yang baik akan memungkinkan pengguna untuk menambah new features setiap minggu bagi para pengembang aplikasi.

 

Keunggulan dari kualitas internal adalah bisa menurunkan biaya perubahan di masa depan. Hanya saja masalahnya adalah membutuhkan upaya extra untuk dapat membuat software yang baik, termasuk dari segi biaya jangka pendek. Ketika memiliki software dengan kualitas internal yang buruk, programer akan mendapatkan sebuah progress yang cepat di awal saja, tetapi seiring berjalannya waktu akan sulit untuk menambahkan fitur-fitur baru.

 

Bahkan untuk membuat perubahan kecil membutuhkan pemrograman untuk memahami kode area yang luas dan sulit dipahami. Ketika mereka membuat perubahan, bisa terjadi kerusakan yang tidak terduga, menyebabkan waktu pengujian yang lama dan adanya perbaikan kerusakan.

 

  • Mengabaikan kualitas internal dapat menyebabkan penumpukan cruft dengan cepat
  • Cruft ini bisa memperlambat pengambangan fitur
  • Bahkan tim developer yang hebat bisa menghasilkan cruft, namun dengan menjaga kualitas internal yang tinggi bisa menjaga cruft tetap terkendali
  • Kualitas internal yang tinggi menjaga cruft seminimal mungkin, memungkinkan tim untuk menambah fitur dengan sedikit tenaga, waktu dan biaya.

 

Inilah alasan mengapa kita harus menggunakan software dengan kualitas tinggi, karena pada dasarnya software dengan kualitas internal yang tinggi itu murah untuk diproduksi. Namun sayangnya beberapa developer tidak memberikan penjelasan yang baik tentang hal ini.

Posted in: News


WhatsApp chat