Ikuti Pelatihan Cyber Security yang Diadakan oleh Infra Digital! - IDS Digital College

Ikuti Pelatihan Cyber Security yang Diadakan oleh Infra Digital!

 

Dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dirilis pada tahun 2019 lalu, dikatakan jika Indonesia memiliki murid lulusan IT yang membludak, dengan jumlah 1.134.160 siswa. Namun lulusan ini ternyata tidak dapat langsung bekerja. Menurut data yang diperoleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 228.554 orang lulusan SMK menjadi pengangguran.

 

Melihat fakta ini, pihak Infra Digital Foundation memutuskan untuk mengadakan sebuah pelatihan intensif Cyber Security Training yang diselenggarakan sejak Maret 2020 hingga tahun 2022 mendatang. Pelatihan ini diikuti oleh 6000 siswa SMK dan 158 guru di wilayah Jawa Barat. Program ini rupanya mendapat sambutan baik dari PT Mastercard Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pelatihan intensif Cyber Security Training yang diselenggarakan ini diharapkan mampu mempersempit kesenjangan antara kebutuhan kompetensi yang dicari oleh industri dan juga murid lulusan SMK bidang cyber security.

 

Pelatihan Dasar Melamar Pekerjaan

 

Di era yang sangat kompetitif ini, hard skill dalam bidang  cyber security saja tidak cukup, para lulusan SMk juga harus memiliki soft skill yang mumpuni. Karenanya para peserta training kali ini juga diajarkan tentang soft skill perihal cara membuat CV yang baik dan cara melamar pekerjaan yang tepat.

 

Ini karena dari hasil survey need assessment yang dilakukan pada 289 peserta cyber security training, sebanyak 34,78% peserta mengaku tidak mengetahui cara membuat CV yang baik, dan  22,84% sisanya tidak bisa menulis email lamaran pekerjaan dengan benar.

 

Senior Talent Acquisition Consultant, Dinar Syarita Bakti, mengatakan jika saat melamar pekerjaan, perlu mengirim aplikasi kerja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perekrut. Sebagai pelamar juga perlu menyesuaikan dengan kompetensi diri yang dimiliki.

 

“Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak mengosongkan subjek dan body email ketika mengirim CV dan Cover Letter serta menyampaikan tujuan pesan lamaran secara singkat, padat dan jelas dalam pembuatan cover letter. Di tengah situasi pandemi saat ini, masih banyak peluang yang dimiliki pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan, kuncinya adalah percaya diri akan kompetensi yang dimiliki,” ungkap Dinar yang dikutip dari Gatra.com.

 

Soft Skill yang Harus Dimiliki di Dunia Kerja

Pada kesempatan yang sama pula, Ivan Ahda selaku penasehat Maxima memberikan penjelasan mengenai soft skill yang harus dimiliki para peserta cyber security training dalam dunia kerja nanti. Soft skill tersebut meliputi cara berkomunikasi yang efektif, kemampuan kerjasama, dan kemampuan kepemimpinan.

 

Selain itu, Ivan juga menyebutkan jika dalam kerjasama tim dibutuhkan komunikasi yang baik, empati, jujur, tanggung jawab, dan kolaborasi yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yaitu dengan manajemen diri, kontrol diri,dan bersifat proaktif.

 

“Manajemen diri yaitu membangun kebiasaan baik dengan manajemen waktu dan memantau kegiatan harian. Kontrol diri yaitu membuat prioritas dan jauhkan distraksi yang dapat menghalangi dari tujuan. Proaktif yaitu dengan memulai, menuntun, dan mengendalikan lingkungan di sekitar dibanding dikendalikan oleh lingkungan sekitar,” tambah Ivan.

Posted in: News


WhatsApp chat