Bagaimana virus menginfeksi komputermu - IDS Digital College

Bagaimana virus menginfeksi komputermu

Angka kerugian yang disebabkan oleh serangan komputer terbilang cukup besar. Pada tahun 2018, setidaknya terdapat 12,9 juta serangan di Indonesia menurut data yang diperoleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Di dunia internet, umumnya cyber attack menggunakan malware. Jenis-jenisnya pun banyak.

 

Selain itu juga ada pengganggu jaringan, seperti Virus, Trojan, Adware, Spyware, termasuk Worm. Ketika komputer terinfeksi, seringkali orang menyebutnya terkena virus. Padahal bisa saja itu bukan, melainkan malware atau worm. Worm mempunyai kemiripan dengan virus. Informasi berikut akan membantu kamu untuk mengenali bagaimana cara Worm bisa menginfeksi komputer.

 

Worm Komputer

Secara fungsi dan desain, worm hampir serupa dengan virus komputer, bahkan bisa dianggap sebagai sub-kelas dari virus. Perbedaannya terletak pada cara penyebarannya. Worm memiliki kemampuan untuk menyebar dari komputer ke komputer lain tanpa harus ada tindakan dari pengguna.

 

Ada beberapa tindakan user yang membuat komputer mudah diserang worm. Worm bisa masuk ketika kamu mulai menghubungkan komputer ke jaringan yang telah terinfeksi dengan kapasitas keamanan yang kurang. Tindakan lainnya yang juga berpotensi, seperti berbagi drive atau folder dengan jaringan internet tanpa izin keamanan serta menghubungkan komputer ke komputer lain yang tidak di-update dengan patch keamanan baru.

 

Cara Kerja Worm

Worm pertama kali muncul pada tahun 2001 dan disebarkan melalui internet. Cara kerjanya dengan menggunakan sumber daya dan bandwidth jaringan pada komputer target ketika melakukan proses duplikasi dirinya sendiri. Worm hanya memanfaatkan jaringan komputer untuk menyusup ke komputer lain tanpa butuh campur tangan dari pengguna.

Kemampuannya tersebut menyebabkan sejumlah kasus, di antaranya web server crash, terganggunya server jaringan, dan bisa saja menyebabkan masing-masing sistem komputer berhenti merespon atau loading lambat. Ketika worm berhasil lolos, maka ia akan mengeksploitasi celah keamanan pada software-software yang kita install pada PC. Beberapa dari worm juga bisa menyerang atau merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, dan lainnya.

Jenis Worm Terbaru

Saat ini, muncul jenis worm terbaru yang diberi nama Worm Blaster dan telah diperbincangkan di dunia maya. Worm ini dirancang untuk mampu masuk ke celah keamanan sistem pada komputer dan memungkinkan pembuat worm dapat mengontrol komputer milikmu dari jarak jauh.

Tercatat, pada tahun 2003 terjadi kasus yang parah. Worm sanggup menembus sistem keamanan yang ada pada Microsoft SQL server pada sebuah portal berita. Setelah ditelusuri, worm yang diberi nama Slammer tersebut hanya berukuran sangat kecil yaitu sebesar 376 byte.

Cara Mencegahnya

Cyber attack jenis worm ternyata bisa dihindari, lho. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin melakukan pembaruan sistem operasi komputer ke versi terbaru. Biasanya sudah disediakan oleh pengembang baik Windows atau Mac. Mengupdate service pack dari sistem operasi otomatis akan menutupi celah-celah keamanan yang berpotensi dimasuki oleh Worm.

Namun, jika komputer milikmu sudah terinfeksi, bisa melakukan scan komputer menggunakan antivirus terbaru. Beberapa jenis antivirus yang bisa kamu pakai untuk membasmi worm, di antaranya AVG, Avira, Kaspersky, Symantec, Avast, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengaktifkan Windows Firewall sehingga tidak ada perangkat lain yang bisa memasukkan program-program berbahaya ke sistem perangkat yang kamu miliki. Program seperti DNSTools juga membantu, karena menawarkan pemindaian online yang dapat diakses untuk memeriksa port terbuka. Tutup port yang terbuka agar terhindar dari infeksi worm.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat