WHO Meluncurkan 2 Aplikasi Mobile untuk Melacak COVID-19 - IDS Digital College

WHO Meluncurkan 2 Aplikasi Mobile untuk Melacak COVID-19

World Health Organization atau WHO meluncurkan dua aplikasi mobile pada 13 Mei untuk melacak COVID-19. Aplikasi ini dibuat untuk membantu staf medis memberantas virus Covid-19, serta didesain untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang virus ini.

 

Aplikasi WHO Academy ini membekali pekerja medis dengan pengetahuan yang mereka butuhkan meliputi peralatan, training tips menghadapi pandemi serta virtual workshop yang dibuat khusus oleh WHO.

 

Aplikasi didesain dan dirancang dari kebutuhan dan permintaan yang dibuat oleh 20.000 petugas medis di seluruh dunia. Melalui survei dari WHO Academy pada Maret kemarin, 2/3 dari peserta menyatakan kebutuhan mereka sebagai petugas medis harus dipersiapkan dengan baik. Terutama terkait pencegahan, pengendalian kontrol, manajemen kasus, dan risk communication.

 

Aplikasi dari WHO akan memberikan layanan kepada orang awam tentang informasi real-time mengenai perkembangan pandemi ini, yang bisa diatur menurut negara dan garis waktu sesuai dengan situs resmi. Kedua aplikasi bisa diunduh dalam berbagai bahasa di Apple Store dan Google Play Store.

 

Aplikasi yang diluncurkan awal tahun ini adalah “WHO COVID-19” yang digunakan untuk menjaga informasi selama pandemik dan menghindari misinformasi. Sedangkan aplikasi terbaru berisi tentang berita, tips dan himbauan yang awalnya dibuat oleh tim volunteer ekspert yang menyebut diri mereka sebagai “WHO COVID App Collective”. Timnya berisi orang-orang yang berasal dari mantan pekerja dari Google dan Microsoft, begitu juga dengan WHO advisors dan ambassador yang sudah ekspert di berbagai industri lainnya.

 

General Direktur WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan bahwa dengan aplikasi mobile terbaru ini, WHO ingin memberikan pembelajaran dan sharing pengetahuan secara langsung kepada pekerja medis dimanapun dan kapanpun. Survey yang dilakukan oleh WHO Academy pada Maret 2020 lalu ini menyatakan bahwa mayoritas koresponden berkata bahwa virtual learning sangat dibutuhkan dan akan sangat membantu dalam mempersiapkan diri menghadapi COVID-19 ini.

 

Pendirian WHO Academy yang berbasi di Lyon, Prancis direncanakan rilis pada Mei 2021 mendatang. Menjadi sebuah pusat pembelajaran yang bisa digunakan seumur dengan menerapkan teknologi terbaru dan pembelajaran tentang sains untuk orang dewasa. Ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan jutaan orang seperti petugas medis, pembuat kegiatan, dan staf WHO di seluruh dunia untuk belajar.

WHO telah mengembangkan aplikasinya dari yang biasa saja menjadi lebih intuitif user-interface, desainnya smart dan clean. Dengan adanya pandemi COVID-19 ini, aplikasi WHO Info ini akan memberikan inisiatif, kerjasama dan informasi terbaru tentang perlombaan menemukan vaksin terbaik untuk memerangi virus ini. Jumlah kasus COVID-19 akan terus melakukan update secara real time. Aplikasi bisa di download dalam enam bahasa. Arab, China, Inggris, Prancis, Rusia, dan spanyol.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat