Banyak Timbulkan Kerugian, Ketahui Jenis Serangan Siber dan Cara Pencegahannya - IDS Digital College

Banyak Timbulkan Kerugian, Ketahui Jenis Serangan Siber dan Cara Pencegahannya

Digitalisasi sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan modern lewat teknologi informasi dan komunikasi. Dibalik pesatnya perkembangan yang terjadi, hal ini juga meningkatkan potensi serangan siber. Negara harus bisa memberikan jawaban serta tanggapan jika terjadi serangan. Kita juga wajib mengerti kerugian serta dampak apa saja yang ditimbulkan bagi masyarakat dan negara. Memahami siapa saja yang berpotensi menjadi penyerang termasuk salah satu kiat dalam mencegah terjadinya serangan. Berikut cara mengenali potensi dan upaya dalam memeranginya.

 

Jenis-jenis Penyerang dan Dampaknya Bagi Negara

Pelaku kejahatan siber terbagi menjadi empat kelompok. Pengklasifikasian tersebut digolongkan berdasar motif skala penyerangannya seperti berikut:

 

 

  • Penyerang yang disponsori oleh negara

 

Kategori penyerang satu ini biasanya merupakan individu atau organisasi non-negara yang secara diam-diam disponsori oleh sebuah entitas pemerintahan. Biasanya beroperasi untuk kepentingan politik, perdagangan komersial, atau militer dari negara target.

 

Kombinasi teknik yang digunakan berbeda, mulai dari spear phishing yang didukung rekayasa sosial hingga kampanye advanced persistent threat (APT) canggih untuk menyusup ke jaringan rahasia dan memperoleh informasi vital, seperti rahasia perdagangan hingga strategi perang. Dampaknya bisa berpotensi menghancurkan negara, terutama jika dilakukan penyusupan data yang tepat.

 

 

  • Hacktivist

 

Hacktivist adalah individu atau sekelompok orang yang memakai serangan dunia maya sebagai cara untuk menyalurkan idealisme ekstrimnya terhadap politik dan ideologi. Dalam skala besar, serangan distributed denial of service (DDos) dapat mengakibatkan kegagalan dalam mengakses server pemerintah, menyebarkan video, serta gambar kritik terhadap kebijakan pemerintah di situs milik negara. Runtuhnya jaringan pada situs layanan penting bisa merugikan masyarakat.

 

 

  • Jaringan kriminal yang terorganisir

 

Umumnya, penyerang yang masuk dalam kelompok ini terdiri dari sekelompok individu yang sengaja membangun badan terpusat untuk melakukan berbagai aktivitas ilegal agar memperoleh keuntungan. Penyerang kriminal dapat melakukan serangan dengan mengganggu jaringan sistem supervisory control and data acquisition (SCADA) untuk menyebarkan teror.

 

SCADA adalah tulang punggung industri yang bertugas dalam mengontrol distribusi listrik, penerbangan, manufaktur, kendali sampah dan air, transportasi minyak dan gas, serta berbagai komponen penting lain yang mendukung perekonomian modern. Jika serangan teror terjadi, penyerang bisa mengendalikan SCADA dari jarak jauh sehingga menyebabkan kerusakan fisik dan meraih sejumlah informasi penting untuk digunakan sebagai teror.

 

 

  • Peretas perorangan level rendah

 

Sementara, untuk peretas perorangan level rendah biasanya melakukan aksi yang memberikan keuntungan finansial secara pribadi. Pada skala kecil, jenis serangannya tidak memberikan dampak yang signifikan. Namun, tetap bisa menjadi ancaman keamanan siber nasional jika dialami banyak orang tanpa sadar.

 

Ada banyak cara untuk memerangi kejahatan siber, mulai dari memperkuat keamanan fisik seperti melakukan kombinasi perlindungan keamanan termasuk kata sandi atau bukti biometrik, hingga melakukan isolasi fisik pada server dan perangkat lain. Kamu harus hati-hati dalam memberikan akses pada pihak tertentu. Ancaman siber dapat dicegah dengan menemukan serta memperbaiki kerentanan fasilitas. Penggunaan machine learning dan artificial intelligence (AI) akan membantu dalam mengerti perilaku dasar seluruh akun pengguna dan entitas dalam jaringan. Sehingga, ancaman siber dapat dihindari.

 

Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi dan memerangi kejahatan siber. Maka itu, keamanan siber sangat diperlukan agar tidak menimbulkan kerugian bagi orang banyak. Buat yang tertarik belajar soal dunia siber, kamu bisa ambil program S1 Cyber Security dari IDS Digital College.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat