Bercita-cita Jadi Software Engineers? Kenalan Dulu Yuk Sama Profesinya! - IDS Digital College

Bercita-cita Jadi Software Engineers? Kenalan Dulu Yuk Sama Profesinya!

Jika IT adalah sebuah bidang yang masuk dalam daftar hobi kamu dan menjadi software engineers merupakan cinta-citamu. Maka artikel ini adalah bacaan yang tepat buat kamu. 

 

Sebelum kita membahas pekerjaan seorang software engineer, kamu harus paham dulu apa sih software engineer itu. Sejatinya, seorang software engineer adalah orang-orang yang memiliki fung dan tugas dalam proses analisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi hingga uji aplikasi.

 

Hal-hal tersebut bisa dilakukan melalui bahasa pemrograman. Sederhananya, software engineer merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang berurusan dengan sebuah perangkat lunak. Entah itu memperbaiki, membuat, hingga rekayasa perangkat lunak. 

 

Lalu apa sih yang dilakukan oleh seorang software engineer

 

Jadi, dalam pekerjaannya mereka akan mendalami sebuah sistem dan software dari sebuah bisnis atau perusahaan. Mengembangkan program yang dibutuhkan klien, mulai dari aplikasi pc, smartphone, games, hingga operating system

 

Kemudian mereka juga merancang, membangun, dan menguji sebuah sistem, aplikasi, games, dan lainnya berdasarkan dari permintaan klien. Biasanya mereka akan bekerja dengan software developer untuk membuat kode yang sesuai bagi sistem yang dikerjakannya dengan menggambarkan model atau diagram. 

 

Mereka juga akan melakukan maintenance terhadap software yang mereka kerjakan. Jika ada kerusakan, atau ada ancaman yang mengganggu dan menyerang mereka akan menyelesaikannya. Sehingga biasanya maintenance ini dilakukan secara berkala, dan melakukan update supaya tidak mudah terserang hack dan virus. 

 

Meskipun begitu, membuat sebuah aplikasi, software, games dan lainnya tidak semudah itu. Butuh usaha yang banyak dan kompleks untuk dilakukan. Karena itu biasanya software engineer bekerjasama dengan developer dan engineer lainnya untuk menciptakan software, aplikasi, games dan os tersebut. 

 

Skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang software engineer?

 

Untuk menjadi seorang software engineer yang handal kamu harus memiliki beberapa soft skill berikut ini:

 

  • Paham bahasa pemrograman, kamu harus bisa memahami bahasa pemrograman seperti C++, Java, Python, C#/.Net, Ruby dan lainnya. 
  • Teliti, menjadi seorang software engineer kamu diharuskan untuk teliti dan bekerja secara sempurna. Karena kamu mengembangkan sebuah program, software, aplikasi, game dan lainnya. Jika kamu tidak teliti dan ada kesalahan kecil saja, itu bisa mempengaruhi seluruh performa sistem yang telah dibuat. 
  • Mampu kerja dalam tim, hal ini wajib kamu miliki. Karena kamu tidak bisa bekerja sendirian sebagai seorang software engineer. Banyak hal yang harus dilakukan, karena itu biasanya software engineer bekerja dalam bentuk sebuah tim. Baik tim besar maupun tim kecil, 
  • Mudah beradaptasi, ini bukan terpaku untuk lingkungan kerja saja namun juga hal yang berhubungan dengan sistem. Dimana terkadang dalam tim kecil seseorang harus bekerja melebihi dari job desk yang biasa dia kerjakan. Jika hal itu terjadi, kamu harus bisa beradaptasi dan belajar dengan cepat mengenai skill-skill baru yang dibutuhkan. 

 

Begitulah kira-kira skill yang harus kamu miliki. Ada banyak jenjang dalam profesi ini, semakin tinggi jenjang profesimu, semakin banyak gaji yang akan kamu dapatkan. Sudah bukan rahasia umum jika profesi software engineers menawarkan pendapatan yang tinggi. 

 

Masih berminat jadi software engineers? Kuliah sambil kerja jurusan Sistem Informasi di IDS Digital College aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat