Buruan Belajar Cyber Security karena Skill-mu Dibutuhkan Banget di Masa Depan! - IDS Digital College

Buruan Belajar Cyber Security karena Skill-mu Dibutuhkan Banget di Masa Depan!

 

Tertarik dengan dunia IT tapi bingung mau pilih jurusan yang mana? Atau malah bingung mau memilih jalur karir yang mana? Buat kamu yang tertarik dengan dunia cyber bisa pilih buat jadi Cyber Security. Kenapa? Karena pekerjaan ini sekarang sangat dibutuhkan tapi malah sepi peminat.

 

Nah buat kamu yang ingin mencari prospek pekerjaan cemerlang, cyber security lah! Namun untuk sampai ke tahap itu, kamu harus paham skill apa saja yang harus dimiliki sebagai cyber security nantinya. Yuk simak!

 

 

1. Identifikasi Kerentanan SIstem

 

Untuk menjaga agar sistem aman, kamu harus punya kemampuan untuk hacker alias menyerang sistem keamanan yang sedang dijaga untuk mengetahui celah dan bahaya apa yang dimiliki di sistem keamanan itu. Jika ada yang rentan atau ada celah yang dimasuki, Cyber Security akan melaporkannya kepada perusahaan agar nanti ditemukan strategi baru untuk mengatasi hal itu. Selagi menyusun strategi, kamu akan terus melakukan serangan untuk memastikan tidak ada celah yang lain.

 

 

2. Memastikan Sistem Sesuai Standar

 

Salah satu kewajiban dari menjadi Cyber Security adalah memastikan bahwa klien menggunakan sistem sesuai standar dan aman. Semuanya berjalan dengan baik, karena jika terjadi suatu kesalahan maka Cyber Security harus mengumpulkan semua staf teknik, hukum, operasi bisnis, hingga petinggi untuk mendiskusikan menyelesaikan masalah tersebut.

 

 

3. Memantau dan Merespon Serangan

 

Kamu akan memantau sistem yang sedang berjalan dan akan segera cepat tanggap merespon saat terjadi serangan yang masuk ke dalam sistem. Contohnya jika ada akun yang terkena malware  maka akun itu akan segera dinonaktifkan. Kemudian memulihkan data yang terkena malware  itu tadi.

 

 

4. Mencegah Pembobolan Data 

 

Tugas dari Cyber Security sendiri memang menjaga sistem dan data, terutama menjaga kebocoran data perusahaan yang bersifat sangat privasi. Jika dirasa terdapat potensi akan adanya kebocoran data atau sistem maka yang harus dilakukan dalam menganalisis potensi permasalahan itu. Lalu dikembangkan untuk menemukan strategi yang terbaik sekaligus anggaran dana yang dibutuhkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

 

 

5. All-in-One

 

Menjadi Cyber Security memang tidak mudah. Karena memang kamu akan dituntut untuk bisa segalanya, mulai dari komunikasi, mengatasi masalah, membuat strategi dan berintegritas tinggi. Namun pekerjaan ini sangat menjanjikan di bidang IT dengan bayaran yang tidak sedikit karena beban berat yang harus ditanggungnya. Sebagai Cyber Security kamu sudah pasti memiliki senjata yang cukup kuat, banyak data dan sistem yang mudah dijual ke pasar gelap atau digunakan untuk kejahatan. Karena itu kamu butuh integritas dan loyalitas yang tinggi agar tidak mudah tergoda akan hal yang seperti itu.

 

Tidak hanya itu, kamu juga harus bisa All-in-One yang artinya bisa semuanya. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik terhadap klien kamu mengenai apa yang terjadi jika terjadi suatu masalah dalam bahasa yang mudah dimengerti bagi orang yang awam terhadap sistem perkomputeran.

 

Kemudian kamu harus bisa menjadi ahli strategi yang baik untuk bisa menampung banyak ide yang masuk dan mengembangkannya dengan idemu sendiri untuk mencapai titik temu yang pas dalam menyelesaikan masalah. Jika kamu memiliki semua ini, maka kamu sudah bisa masuk bekerja dalam dunia Cyber Security. 

 

Bagaimana? Apakah tertarik dengan pekerjaan semacam ini? Jika iya kamu bisa kuliah Jurusan Sistem Informasi di IDS Digital College dan wujudkan mimpimu memiliki profesi sebagai Cyber Security sekarang juga!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat