Cari Tau Yuk Seputar Framework React Native yang Lagi Ngehit! - IDS Digital College

Cari Tau Yuk Seputar Framework React Native yang Lagi Ngehit!

Kamu tahu nggak, kalau React Native jadi salah satu topik hangat di dunia mobile development selama beberapa tahun terakhir? Alasan mengapa bisa jadi populer karena menawarkan cara untuk mengembangkan mobile app atau aplikasi seluler dengan mudah. Banyak orang tahu kalau bikin aplikasi bukan hal yang mudah karena membutuhkan coding dan pengembangannya memakan waktu yang lama. Nah, framework tersebut berhasil dibawa oleh React Native karena membantu para pengembang untuk membuat aplikasi Android dan iOS dengan cara yang cepat dan mudah. Yuk, cari tahu seputar framework React Native yang lagi hangat sekarang!

 

Framework React Native

Dilansir dari Brainhub, React Native adalah framework mobile app development yang memungkinkan pengembangan aplikasi secara multi-platform yaitu Android dan iOS. Sederhananya, React Native merupakan framework yang mempersilahkan developer dalam membuat aplikasi untuk berbagai platform memakai basis kode yang sama. Dalam situs resminya, mereka mereka mengklaim bahwa framework berbasis JavaScript tersebut adalah cara terbaik untuk membangun user interface mobile app.

 

Penggabungan antara native mobile app dan React yang mudah, membuat pengembang bisa membuat aplikasi Android dan iOS lebih cepat. Pertama kali dirilis pada tahun 2015 oleh Facebook, React Native jadi bagian dari proyek open source mereka. Dalam kurun waktu satu tahun saja, React Native jadi andalan developer untuk mengembangkan aplikasi seluler. Beberapa contohnya, yaitu Instagram, Facebook, Pinterest, hingga Skype. Ada juga alasan lain yang membuat React Native jadi populer, yaitu:

 

  • Developer cuma perlu membuat satu kode untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android atau iOS, sehingga menghemat waktu.
  • React Native adalah framework yang dibangun berdasarkan React, yaitu library dari JavaScript yang sudah tersohor.
  • Mendorong frontend developer yang sebelumnya hanya bisa bekerja dengan teknologi berbasis web saja. Kini, bisa dengan mudah untuk mengembangkan mobile platform.
  • Tidak me-render webviews dalam kodenya. Sehingga, program yang dijalankan sesuai tampilan dan komponen awal native yang digunakan.

Cara Kerja React Native

Nggak sulit untuk memahami cara kerja dari React Native. Frameworknya ditulis menggunakan campuran bahasa JavaScript dan JXL, sebuah kode markup khusus yang menyerupai XML. Threads berbasis JavaScript dan threads asal native app membuatnya berkemampuan untuk berkomunikasi dengan dua arah sekaligus. Cara berkomunikasinya menggunakan bridge atau jembatan. Artinya, ketika pengembang telah memiliki aplikasi Android atau iOS, mereka masih tetap bisa menggunakan komponennya saat menggunakan React Native.

Kelebihan dan Kekurangan React Native

React Native bisa dikatakan membawa perubahan besar dalam dunia pengembangan aplikasi seluler. Akan lebih baik jika kamu memahami kelebihan dan kekurangan dari React Native sebelum menggunakannya.

 

 

  • Kelebihan

 

  1. Hemat biaya karena tidak perlu menyewa dua tim pengembang terpisah untuk Android dan iOS.
  2. Aplikasi berjalan lebih cepat.
  3. Menghemat waktu.
  4. Punya komunitas pengembang yang luas.

 

 

  • Kekurangan

 

  1. Memiliki masalah dengan kompatibilitas dan debugging karena masih dalam fase beta.
  2. Hasil kinerja dan kualitas dari aplikasi yang cukup rendah, sehingga React Native tidak dijadikan pilihan dalam menjalankan aplikasi yang berat maupun game. 
  3. Masih membutuhkan native developer karena memiliki fitur bridging. Menimbulkan kebingungan bagi pengembang yang tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan kode native. 

 

Setelah menyimak penjelasan singkat di atas, apakah membuatmu makin tertarik untuk menggunakan React Native dalam membuat aplikasi seluler? Kamu bisa asah kemampuan sambil menambah ilmu dengan mengambil program Mobile Apps & Game Development di IDS Digital College sekarang!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat