Lika-liku Kehidupan yang Pasti Kamu Rasakan saat Berkarir di Startup - IDS Digital College

Lika-liku Kehidupan yang Pasti Kamu Rasakan saat Berkarir di Startup

Kehadiran startup atau sebutan lainnya perusahaan rintisan di Indonesia sudah jadi hal yang biasa sekarang.  Umumnya bergerak di bidang teknologi. Namun, nggak menutup kemungkinan juga bergerak di bidang lainnya. Tiga tahun terakhir bisa dikatakan menjadi masa kejayaan bagi startup di tanah air. Nggak heran kalau startup banyak diincar para jobseeker. Sebelum kamu terjun untuk bekerja di dunia digital termasuk startup, lika-liku kehidupan berikut bisa dijadikan bahan pertimbangan. Apa saja?

 

 

1. Kompak Sesama Tim

Bagi startup yang masih dalam tahap pengembangan, biasanya masih belum mau mengambil resiko untuk mempekerjakan karyawan yang banyak. Maka itu, startup yang berada di tahap awal biasanya hanya memiliki sedikit karyawan tetapi bisa memberikan hasil semaksimal mungkin. Anggota tim yang sedikit akan membuat kamu jadi lebih akrab dan kompak.

2. Saling Belajar 

Karyawan startup sebagian besar didominasi oleh freshgrad, sehingga pengalaman kerja pun biasanya setara. Suasana yang nggak terlalu kaku karena tidak ada batasan antara senior atau junior disebabkan karena kamu masih sama-sama belajar. Meski begitu, tetaplah bedakan bagaimana cara bersikap dan memisahkan antara pekerjaan dan pertemanan. Nggak sedikit juga, kadang kamu belajar memahami pekerjaan secara otodidak.

 

 

3. Jauh dari Kesan Kaku

Startup yang berhubungan dengan dunia teknologi sangat akrab bagi anak-anak muda. Maka itu, kamu sering menjumpai suasana kantor startup yang unik, nyantai, dan jauh dari kesan kaku. Bahkan di dalamnya juga disediakan banyak hiburan untuk mendukung daya kreativitas karyawannya. Hiburan tersebut beragam, ada perpustakaan mini, meja pimpong, dan lain sebagainya tergantung dari pihak perusahaan. Jadi, kamu bisa mengembalikan mood sehabis penat bekerja dengan cara yang sederhana.

 

 

4. Pakai Baju yang Santai

Bagi kantor-kantor besar, seragam dan pakaian rapi sudah jadi hal yang biasa. Bahkan terdapat aturan wajib yang harus dikenakan karyawannya. Mulai dari kemeja, sepatu pantofel, atau sepatu hak tinggi bagi karyawan wanita sudah menjadi hal yang standar. Tapi, beda lagi kalau kamu bekerja di startup. Mau pakai baju apapun, itu sudah jadi hal biasa. Kaos, jaket, sweater, sneakers, sendal jepit, dan lainnya pun tak masalah, asal pekerjaan tetap maksimal. Namun, tetap bedakan situasi. Jika suatu hari kamu menghadiri meeting resmi, maka setelan pakaian yang rapi dan formal harus kamu kenakan.

 

 

5. Bisa Kerja dari Pagi Ketemu Pagi

 

Kalau kamu melihat pekerjaan karyawan di startup hanya dari permukaan saja mungkin terkesan santai, ringan, dan fleksibel. Tapi, coba kulik lebih dalam lagi. Pekerjaannya bahkan menumpuk! Apalagi buat startup baru yang sistemnya masih dalam proses pengembangan. Sumber daya manusia yang relatif kecil membuat pekerjaannya semakin banyak. Bahkan, 8 jam sehari pun nggak cukup untuk menyelesaikan semua tanggung jawab. Nggak heran, banyak dari karyawannya rela bekerja dari pagi sampai ketemu pagi agar pekerjaannya tak menumpuk.

 

 

6. Multitalent

 

Menariknya kerja di startup yaitu terbukanya ide-ide baru yang memungkinkan kamu untuk menyelesaikan beberapa hal di satu waktu. Bisa aja project yang kamu kerjakan diubah total di tengah jalan karena tidak sesuai dengan target atau misi. Kamu pun bisa mengulangi atau bahkan membuat sesuatu yang bisa dibilang berbeda dari apa yang sebelumnya dikerjakan. Minimnya sumber daya manusia, membuat kamu rela mengerjakan sesuatu yang di luar jobdesk, sehingga kemampuan multitalent-mu diandalkan.

 

Sebenernya masih banyak hal-hal yang terjadi ketika kamu bekerja di startup. Jika tertarik untuk terjun di dunia digital, kamu bisa kuliah sambil kerja di IDS Digital College. Beberapa program dari IDS, di antaranya Software Engineering, Cyber Security, atau Mobile Apps & Games Development. Yuk, asah skill-mu dari sekarang!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat