Punya Mimpi Jadi Software Engineer? Kamu Wajib Punya Skill Berikut Ini! - IDS Digital College

Punya Mimpi Jadi Software Engineer? Kamu Wajib Punya Skill Berikut Ini!

Kemunculan dari banyaknya aplikasi untuk berbagai keperluan, termasuk kebutuhan media sosial pasti sudah nggak asing lagi. Tapi apakah kamu tau, kalau ternyata software engineer-lah yang berperan dibalik itu semua. Profesi mereka bertugas untuk mendesain perangkat lunak yang salah satu tujuannya yaitu untuk memuaskan para pengguna. Hal itu yang menjadikan profesi software engineer makin diminati. Kamu yang punya impian untuk terjun di bidang tersebut wajib mengetahui skill apa saja yang diperlukan. Tanpa lama lagi, langsung simak yuk!

 

Nggak Melulu Soal Coding

Seorang Software Engineer dianggap harus selalu ahli dalam coding dan segala hal berbau teknis. Tapi ternyata, nggak melulu soal itu. Keahlian tersebut harus dibarengi dengan komunikasi dan team building yang baik. Jika sejalan, maka akan membuat memudahkanmu untuk terus berkembang dan berpotensi menjadi leader yang baik atau bahkan naik ke tingkatan Senior Engineer. 

 

Berfokus Pada Hal yang Berbau Fundamental 

Salah satu cara menarik perhatian banyak perusahaan ketika kamu melamar untuk berada di posisi Software Engineer yaitu harus memahami hal yang berbau fundamental. Meski diperlukan juga pengetahuan akan penguasaan tools, pemahaman akan teknologi yang ada justru menjadi magnet tersendiri. Namun, bagi kamu yang pemula bisa belajar untuk memahami dengan benar tools seperti Visual Studio atau Sublime. Sedangkan, teknologi yang dipakai mulai dari Elasticsearch atau Redis.

 

Tak Harus dari Lulusan IT

Sebenarnya, karir Software Engineer atau diatasnya seperti Engineering Manager nggak harus lulusan dari jurusan IT. Beberapa ada yang dari Quality Testing serta Test Engineer. Bahkan mahasiswa lulusan dari jurusan Ekonomi yang memiliki basic atau skill dalam hal coding juga bisa berkesempatan sebagai Software Engineer. Beberapa dari perusahaan tidak terlalu mempertimbangkan calon pekerja berasal dari jurusan apa, namun mereka biasanya berfokus pada hal visi dan kemampuan team building yang dimiliki, terutama untuk menjadi Software Engineer Lead. 

 

Fokus Mempertahankan Tujuan dan Tim Kerja

Banyak dari Engineer muda yang sering berpindah kantor atau tempat kerja dan gaji yang tinggi. Seorang Software Engineer harus fokus pada apa yang bisa dibuat. Namun, bukan berarti dilarang mengejar karir. Jika ingin berada di posisi yang lebih tinggi, kamu juga harus membangun sesuatu yang sepadan.

 

Kalau kantor di tempat kamu bekerja tidak berada di lingkungan yang progresif, kamu masih bisa membangun produk di luar kantor. Bahkan, bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Kepedulian terhadap tim juga penting. Tim yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Kuncinya yaitu dengan menjaga komunikasi dan kerja sama.

 

Memantaskan Diri Sebelum Apply 

Kamu yang berkeinginan menjadi seorang Software Engineer di sebuah perusahaan harus membuktikan bahwa dirimu layak untuk meraih posisi tersebut. Caranya ada beberapa, di antaranya yaitu:

 

  • Membangun sesuatu. Kamu bisa mempersiapkan bekal dengan menciptakan sesuatu. Misalnya saja seperti blog entah itu menggunakan coding atau teknologi apa saja. Setidaknya memiliki produk meskipun dari hal kecil. 
  • Internship/Magang. Kegiatan seperti magang akan membantu kamu lebih memahami dunia IT. 
  • Ikut komunitas. Sekarang, ilmu tidak hanya bisa kamu dapat di perguruan tinggi saja tapi juga berasal dari pihak lain salah satunya dengan komunitas. Rajin terjun di komunitas bakal membantu kamu mendapatkan perspektif atau kenalan baru.

 

 

 

Beberapa penjelasan tadi hanya sebagian dari skill yang wajib kamu pahami untuk menjadi Software Engineer. Kalau kamu ingin mengasah kemampuan lebih dalam lagi, ambil program software engineer  di IDS Digital College aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat