Keunggulan Unreal Engine 4, Engine Terbaik untuk Membuat Game! - IDS Digital College

Keunggulan Unreal Engine 4, Engine Terbaik untuk Membuat Game!

Apakah kamu termasuk gamers sejati? Udah pernah dengar yang namanya Unreal Engine belum? Kalau belum, Unreal Engine adalah  adalah sebuah alat atau software yang dikembangkan oleh Epic Games dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Unreal Engine kerap digunakan developer game untuk membuat game. Ini juga sebenarnya termasuk salah satu software pembuat game dari sekian banyak software lain untuk membuat game. Versi terbarunya diberi nama Unreal Engine 4 yang saat ini ditetapkan sebagai software pembuat game terbaik. Yuk, cari tahu apa aja keunggulannya!

 

Gratis

Salah satu alasan mengapa Unreal Engine banyak digunakan yaitu bisa digunakan secara gratis, tapi kemudian menjadi berbayar tiap bulannya. Dulu, penggunanya merupakan para developer game besar karena berbayar. Sekarang bisa diakses secara cuma-cuma dan digratiskan oleh Epic Games. Jika memiliki pendapatan dari penjualan game mencapai $3000 maka pihak Unreal Engine meminta royalti sebesar 5%. Tapi, royalti 5% lumayan sedikit dibandingkan dengan fitur yang didapatkan.Selain itu, Unreal Engine juga mengembangkan fitur blue print yang merupakan sebuah visual script editor. Sehingga, kalau kamu ingin membuat game tak perlu lagi menuliskan kode pemrograman apapun.

 

Unggul di Platform PC dan Tampilan Grafis

Tampilan grafis yang dihasilkan Unreal Engine sangat bagus, sehingga software ini unggul dan populer. Detail seperti shadow dan partikel-partikel kecil seperti debu dan lainnya tampak begitu baik. Tapi, tetap ada kekurangannya. Unreal Engine tidak dapat digunakan disemua PC. Hanya PC yang memenuhi syarat minimum atau lebih saja yang bisa menggunakannya. Berikut ini syarat minimum PC yang digunakan untuk menjalankan Unreal Engine:

 

  • Desktop PC or Mac
  • Windows 7 64-bit or Mac OS X 10.9.2 or later
  • Quad-core Intel or AMD processor, 2.5 GHz or faster
  • NVIDIA GeForce 470 GTX or AMD Radeon 6870 HD series card or higher
  • 8 GB RAM

 

Memberikannya Secara Gratis ke Sekolah dan Universitas

Game pertama yang dirilis menggunakan Unreal Engine 4 adalah Daylight pada tanggal 29 April 2014. Meski Unreal Engine 4 merupakan langganan berbayar, Epic Games melakukan hal yang cukup mengejutkan. Pada tanggal 4 September 2014, Epic memberikan Unreal Engine 4 ke sekolah-sekolah dan universitas secara gratis. Jadi, siswa yang terdaftar masuk kuliah jurusan ilmu komputer, seni, arsitektur, simulasi, dan program visual bakal diberikan Unreal Engine 4 secara cuma-cuma.

 

Pada tanggal 19 Februari 2015, Epic turut meluncurkan Unreal Dev Grants. Itu merupakan dana pembangunan senilai US$5 juta yang bertujuan untuk memberikan hibah kepada proyek-proyek kreatif menggunakan Unreal Engine 4. Di tahun yang sama, Epic Games juga mengubah skema bisnis Unreal Engine 4. Sebelumnya Unreal Engine 4 berbayar dan menetapkan royalti, kini diubah hanya menetapkan royalti saja. Sedangkan untuk penggunaannya gratis.

 

Epic menetapkan pajak royalti selektif sebesar 5% dari pendapatan produk yang menghasilkan lebih dari US$3000 per kuartal. Salah satu dari petinggi Epic Games, Tim Sweeney menyampaikan pendapatnya jika model bisnis berlangganan yang ditetapkan di tahun 2014 membuat keuntungan Unreal Engine meningkat 10 kali lebih besar. Kebijakan baru yang diterapkan pada tahun 2015 lalu, pihak dari Epic Games berharap lebih banyak yang menggunakan Unreal Engine.

Perkembangan yang terjadi di dunia game memang selalu berhasil menarik perhatian. Kamu yang suka banget dan ingin mendalami ilmu mengenai pembuatan game atau yang berhubungan dengan software lain bisa kuliah sambil kerja  di IDS Digital Collage aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat