Mengetahui Jenjang Karir Seorang Software Engineer - IDS Digital College

Mengetahui Jenjang Karir Seorang Software Engineer

Apakah kamu termasuk salah satu yang tertarik untuk berkarir di dunia IT? Jika iya, mungkin tak ada salahnya untuk memilih menjadi seorang Software Engineer. Kini, banyak orang tertarik bekerja di dunia digital. Tak heran, profesi Software Engineer akan terus dibutuhkan di masa mendatang. Sebelum terjun, informasi berikut akan bantu kamu memahami apa itu Software Engineer beserta jenjang karirnya. Yuk, intip!

Memahami Profesi Software Engineer

Peran dari Software Engineer yaitu memproses dalam menganalisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi, serta uji aplikasi. Sederet kebutuhan tersebut akan dipenuhi melalui penggunaan bahasa pemrograman. Singkatnya, seorang software engineer memiliki tugas dalam penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak.

 

Pada dasarnya, SE adalah salah satu cabang ilmu komputer untuk mengetahui sesuatu yang salah terhadap sebuah perangkat lunak. Sekarang, fungsinya lebih luas. Rekayasa perangkat lunak tidak hanya dibutuhkan jika terjadi kesalahan pada pengoperasian saja. Resiko kerusakan pada software yang lebih besar daripada hardware membuatnya dibutuhkan ketelitian dalam maintenance dan proses pengembangan.

 

Kewajiban Software Engineer

Tugas dari Software Engineer memang berperan untuk mendalami sistem dan software di sebuah bisnis atau perusahaan. Program yang dikembangkan juga bermacam, mulai dari games, aplikasi, hingga operating system. Selain itu, ada juga beberapa kewajiban lainnya seperti:

 

  • Bekerja dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka akan software.
  • Ikut merancang, membangun, serta mengetes sebuah sistem atau aplikasi berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh pengguna.
  • Melakukan kerja sama dengan developer dalam menciptakan kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi dengan menggambarkan model atau diagram.

 

Masih banyak tanggung jawab yang dimiliki seorang Software Engineer. Tugas yang disediakan sebenarnya juga tergantung dari kebijakan dan kebutuhan sebuah perusahaan di tempat kamu bekerja.

 

Skill yang Dibutuhkan Software Engineer

Pemahaman soal ilmu saja tidak cukup untuk menjadikanmu sebagai seorang Software Engineer. Ada hal lain yang dibutuhkan, yaitu kombinasi antara kemampuan teknis dan soft skill. Beberapa di antaranya termasuk:

 

 

  • Programming

 

Menguasai bahasa pemrograman seperti C++, Java, Python, C#/.Net, dan Ruby sudah jadi bekal wajib. Memahami programming bakal menjadi nilai plus bagi kamu.

 

  • Teliti

 

Ketelitian sangat diperlukan jika kamu ingin menjadi SE yang handal. Seorang SE, juga harus siap untuk melakukan testing atau debugging yang tentunya butuh kesabaran lebih.

 

  • Bekerja sama dalam tim

 

SE tidak bekerja secara individual. Pekerjaan ini seringkali membuatmu harus bekerja sama dengan developer dan para engineer di bidang lainnya. Seorang SE harus bisa bekerja sama dengan baik.

Kualifikasi Software Engineer

Jika merasa tertarik, kamu bisa melihat kualifikasi apa saja yang dibutuhkan ketika ingin berprofesi sebagai Software Engineer. Biasanya meliputi:

 

  • Memiliki ijazah minimal S1
  • Punya pengalaman magang
  • Sertifikasi

 

Jenjang Karier Seorang Software Engineer

Kalau kamu masih menganggap profesi Software Engineer tidak menjanjikan, kesampingkan dulu anggapan negatif itu. Nyatanya, dunia teknologi yang semakin berkembang pesat membuat banyak perusahaan atau pihak membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Software Engineer termasuk di dalamnya. Berikut, jenjang karier bagi seorang Software Engineer:

 

  • Junior Software Engineer
  • Software Engineer
  • Senior Software Engineer
  • Architect/Principal Software Engineer

 

Setelah menyimak pembahasan di atas apakah membuatmu makin tertarik untuk terjun di dunia IT dan menjadi seorang Software Engineer? Kamu bisa asah skill dan memahami cara kerja di bidang industri digital dengan mengambil kuliah jurusan Software Engineering di IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat