Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Software Engineering - IDS Digital College

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Software Engineering

Software engineering termasuk bagian dari ilmu komputer, lebih tepatnya yaitu pengembangan dan pembangunan software sistem komputer dan software aplikasi. System software terdiri dari program yang mengatur utilitas komputerisasi dan sistem operasi. Aplikasi software termasuk user-focused program, seperti program database, web browser, dan lainnya.

Pengetahuan mengenai bahasa pemograman, pengembangan software, dan sistem operasi komputer adalah tiga komponen utama dari ilmu komputer. Software Engineering berhubungan, tetapi mempunyai sedikit perbedaan dengan hardware engineering.

Software engineering telah menjadi salah satu profesi yang paling populer dan dicari di bidang IT. Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak orang yang bertanya-tanya – bagaimana cara mendapatkan pekerjaan software engineering. 

Pekerjaan ini menawarkan jalur karier dengan gaji dan stabilitas yang luar biasa besar. Sangat mudah dimengerti mengapa menjadi seorang software engineer adalah sebuah konsep yang menarik bagi banyak anak muda di luar sana.

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Software Engineer, tentu saja tidak lepas dari pendidikan dengan jurusan Teknik Informatika. Meskipun banyak juga yang bekerja di bidang Software Engineer tetapi bukan lulusan Informatika. 

Mendalami kuliah di jurusan Informatika itu cukup sulit. Kebanyakan berbicara dengan bahasa mesin, logika, dan matematika.

Di dalam pendidikan IT tentu saja akan mendapatkan dasar-dasar ilmu pengetahuan yang dapat dipakai bekal bekerja nantinya. Mulai dari dasar pemograman, pengembangan aplikasi web, mobile, dan game, lalu tentang database, software testing dan lain sebagainya. 

Agar mendapatkan pekerjaan sebagai software engineering anda juga harus mempelajari bahasa sederhana seperti HTML dan CSS. HTML dan CSS merupakan bahasa pemrograman dasar yang terbilang paling mudah. 

Jika ingin belajar HTML dan CSS, Anda bisa memanfaatkan Google. Di sana ada cukup banyak materi HTML dan CSS online. Bahkan jika teliti mencari, Anda bisa menemukan situs e-learning yang menawarkan kursus belajar HTML dan CSS secara gratis.

Untuk mempelajari bahasa ini menggunakan situs tersebut, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 minggu. Anda bisa meningkatkan skill dengan membuat proyek-proyek kecil. Sembari membuat proyek, pahamilah perilaku kode yang digunakan.

Anda juga bisa berlatih secara Otodidak. Memang ada studi khusus yang mempelajari ilmu pemrograman, namun ternyata belajar pemrograman secara otodidak juga bisa membuat Anda mahir bahasa pemrograman. 

Bahkan banyak juga programmer sukses yang dimulai secara otodidak tanpa ilmu khusus. Sebelumnya mereka memilih bahasa pemrograman yang ingin dikuasai terlebih dahulu seperti Java atau Python.

Python lebih banyak direkomendasikan karena termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Anda bisa belajar syntax atau kode dari berbagai referensi seperti dokumentasi dan ebook. Bagi mereka yang berjiwa programmer, belajar syntax melalui ebook dan dokumentasi bukanlah hal yang sulit.

Banyaknya programmer sukses yang dimulai secara otodidak ternyata juga didukung dengan survey Overflow di tahun 2018. Menurut survei tersebut, terdapat lebih dari 86% programmer datang dari belajar coding secara otodidak atau tanpa studi formal. 

Hal tersebut dikarenakan programmer otodidak lebih mudah untuk terjun jauh ke dunia pemrograman dengan pilihan yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak belajar secara otodidak. 

Selanjutnya anda bisa membuat akun LinkedIn agar terhubung dengan orang-orang yang berada dalam satu domain. Buat profil dan konten seprofesional mungkin agar banyak yang tertarik dengan Anda. 

Buatlah situs profesional dengan kemampuan Javascript, HTML, dan CSS yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Belilah domain berbayar agar situs miliki Anda terlihat lebih bagus.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat