Cara mudah menentukan niche market - IDS Digital College

Cara mudah menentukan niche market

Niche market adalah bagian dari sebuah industri dengan target pasar yang lebih spesifik atau lingkup konsumen yang lebih kecil. Dengan kata lain, niche market merupakan segmentasi dari industri yang lebih luas alias mass market.

Salah satu contoh sederhana dari niche marketing ada di dalam industri perangkat komputer. Dalam industri ini, Anda dapat menemukan pasar laptop gaming dan pelajar. Kedua pasar tersebut memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda dari segi keuangan dan kebutuhannya.

Dan salah satu contohnya yaitu salah satu produsen printer kenamaan: HP, memproduksi produk printer all-in-one yang mereka tujukan untuk pebisnis rumahan, freelancer, atau UKM. Produk ini memang di desain hanya untuk memenuhi kriteria pasar tersebut. 

Penggunaannya mudah, harganya murah, hemat listrik, dan tidak bisa mengeprint dalam jumlah besar. Beberapa tipe bahkan hanya bisa mengeprint dengan warna hitam saja. Walaupun fungsinya terbatas, namun terbukti target pasar yang mereka tuju memang hanya membutuhkan fitur-fitur tersebut.

Selain kedua faktor tersebut, niche market juga dapat diidentifikasi dari berbagai elemen, termasuk usia, gender, letak geografis, pekerjaan, gaya hidup, hobi, dan lain-lain.

Niche market dapat membantu Anda menembus industri yang sudah padat persaingannya sekaligus membedakan usaha Anda dari yang sudah-sudah.

Internet memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar dengan minat yang sangat spesifik di berbagai lokasi di dunia. Kumpulan dari pasar-pasar kecil ini, bisa menjadi sebuah pasar besar yang sangat potensial untuk bisnis Anda.

Bagi anda yang memiliki bisnis pasti berfikir bagaimana caranya untuk memasarkan nich market dan bagaimana sih menentukan nich market . Berikut adalah cara yang mudah untuk menentukan nich market . 

  • Temukan Niche Market Yang Potensial

Sebelum memulai sebuah bisnis, pastinya Anda sudah memiliki ide untuk produk yang ingin dijual. Akan tetapi, gagasan tersebut mungkin masih terlalu umum untuk membidik pasar yang sangat spesifik.

Agar bisa memiliki ide produk yang tepat, Anda perlu menemukan niche market yang dapat dilayani terlebih dahulu. Cara yang dibutuhkan untuk melakukannya pun tidak serumit yang Anda pikirkan. Sebagai permulaan, cobalah untuk menggunakan pencarian Google.

Saran-saran kata kunci yang muncul ketika Anda mengetikkan sebuah keyword dalam search bar Google dapat menunjukkan topik yang sering dicari di mesin pencarian tersebut.

Anda dapat mulai melakukan riset apa produk atau jasa yang sudah Anda jual sekarang yang memiliki pasar niche yang potensial. Cara paling mudah adalah dengan bergabung ke forum, milis, atau Facebook Groups yang dibangun berdasarkan minat yang sama. Misalnya komunitas gamer, komunitas freelancer, komunitas blogger, dll. Pelajari bagaimana cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Namun tidak semua niche market potensial memiliki komunitas yang aktif di internet. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan dengan meriset kata kunci atau riset pasar melalui Twitter untuk mengetahui tingkat permintaan suatu produk atau layanan dalam sebuah niche.

  • Lakukan Riset Pasar

Setelah melaksanakan cara yang telah dibahas sebelumnya, barangkali Anda sudah menemukan topik yang dibicarakan oleh banyak orang. Dengan demikian, Anda telah memiliki gagasan akan niche market yang ingin dibidik. 

Akan tetapi, Anda perlu memastikan bahwa ide tersebut layak dijadikan sebuah bisnis dengan melakukan riset pasar. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk ini. Pertama, Anda bisa melakukan penelusuran di website-website marketplace terkenal. 

Mengapa? Karena 57% orang lebih memilih untuk melakukan pembelian secara online. Coba Anda masukkan kata kunci dari niche market potensial yang telah ditentukan. Kemudian, perhatikan hasilnya. Jika tidak ada produk yang muncul, artinya ide Anda tidak akan laku di pasaran.

Sebaliknya, apabila Anda menemukan sejumlah produk yang sesuai dengan kata kunci tadi, niche market yang Anda pilih bisa dicoba.

Setelah itu, cek deskripsi masing-masing produk untuk menemukan kekurangan yang dapat dijadikan unique selling point atau USP Anda.

  • Uji Coba Produk terhadap Niche Market

Anda sudah memiliki niche market potensial dan melakukan riset pasar. Selanjutnya, yang diperlukan adalah menguji coba produk pada pasar yang ingin dituju.

Sebagai permulaan, Anda bisa membuat landing page produk. Selain sebagai media penjualan, halaman ini juga digunakan untuk mendeskripsikan produk tersebut. Tak lupa, tampilkan juga fitur feedback agar para pembeli pertama dapat memberikan masukan.

Ditambah juga, buatlah campaign pay-per-click (PPC) di platform seperti Google Ads sebagai langkah pemasaran. Ini adalah iklan berbayar yang ditampilkan pada hasil pencarian Google untuk kata kunci yang Anda tentukan.

  • Tawarkan Produk Sesuai Dengan Kebutuhan Niche Market Yang Unik

Walaupun karakteristik niche market berbeda-beda, benang merah yang menyatukannya selalu satu kata: keunikan. Biasanya niche market terdiri dari orang-orang yang memiliki permintaan yang sangat spesifik terhadap suatu produk. 

Mereka tidak mencari laptop, mereka mencari gaming laptop. Mereka tidak mencari sepatu wanita, mereka mencari sepatu wedges berdasarkan tingginya. Mereka tidak mencari kucing peliharaan, mereka mencari kucing Persia dari Turki dengan usia 4 bulan. 

Semua permintaan selalu spesifik, selalu unik. Jangan menawarkan produk yang umum, yang mudah dijumpai ke pasar yang niche. Mereka adalah orang-orang yang serba tahu mengenai apapun yang sesuai dengan minat mereka.

  • Ubah Cara Anda Berkomunikasi

Untuk menjangkau pasar yang niche Anda bisa mulai dari merubah cara Anda berkomunikasi kepada pelanggan. Misalnya saat ini Anda menjual sepatu, Anda harus mulai mendefinisikan produk Anda lebih detail. 

Sebagai contoh: “Toko ABC, Menjual Segala Jenis Sepatu Wanita,” menjadi: “Toko ABC Menjual Segala Jenis Sepatu Wedges.” Dengan begini pasar yang yang terjaring ke toko online Anda kemungkinan adalah niche yang Anda tuju. 

Atau Anda dapat memulai perubahan kecil dengan menggunakan kata kunci yang spesifik untuk toko online Anda. Optimalkan SEO toko online dan produk Anda untuk pasar niche. Gunakan kata kunci yang panjang dan detail untuk mendeskripsikan produk Anda. Daripada “laptop murah” pertimbangkan “laptop game lengkap dengan aksesoris.”

  • Jadilah Pakar Di Tengah Niche Anda

Salah satu daya tarik niche market adalah mereka selalu haus akan informasi apapun mengenai apa yang menjadi minat mereka. Buatlah blog yang memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Jadilah sumber informasi terdepan. Niche market menyenangi opini pakar yang sangat menguasai bidangnya dan akan rela mengunjungi blog dan toko online Anda berkali-kali. Ingat di dunia internet dan social media, pasar tidak berinteraksi dengan brand, namun orang dibelakang brand tersebut

  • Rawat Komunitas Anda

Niche market hampir pasti membentuk komunitas tersendiri, jika pun belum ada, mereka akan membentuknya karena kesamaan minat tersebut. Rawatlah komunitas tersebut, jangan hanya berorientasi profit. 

Komunitas adalah investasi jangka panjang. Komunitas akan banyak sekali  membantu Anda kedepannya. Merekalah brand ambassador Anda yang tulus dan selalu membela Anda dibelakang. Jangan korbankan semuanya demi keuntungan sesaat.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat