Cegah Covid-19, Ini Cara Tetap Produktif Meski Work From Home! - IDS Digital College

Cegah Covid-19, Ini Cara Tetap Produktif Meski Work From Home!

Terhitung hampir dua minggu berlalu sejak Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing mulai 16 Maret hingga 31 Maret 2020. Social distancing atau pembatasan interaksi sosial dalam hal beribadah, belajar, maupun bekerja (work from home) diharapkan mampu secara efektif mencegah penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Tujuan social distancing ini adalah menekan angka  statistik jangan terus naik melalui penyebaran orang ke orang. Nanti akan dipantau apakah work from home ini berjalan efektif tidak,” tutur Safrizal Za, Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/3/2020).

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang disiplin menjalankan work from home. Kamu bisa dengan mudah menemukan konten di media sosial tentang kegiatan orang-orang yang masih asik berkumpul di kafe, menggelar resepsi, bahkan berlibur seakan mereka tak acuh dengan pandemi Covid-19. Padahal berdiam di rumah seharusnya menjadi strategi efektif mencegah penularan virus. Tidak heran pemerintah mengambil langkah tegas untuk mendisiplinkan masyarakat, salah satunya dengan memperpanjang durasi work from home (WFH).

Dua minggu WFH saja masyarakat sudah mengeluh bosan di media sosial, apalagi diperpanjang? Tenang, kamu bisa tetap asik bekerja di rumah dengan beberapa tips berikut. Kuncinya adalah membangun rutinitas yang sehat dan disiplin menjalankannya.

  1. Miliki Jam kerja

Bekerja di rumah bukan berarti kamu bebas rebahan seharian ya. Coba ciptakan suasana kerja yang kondusif dengan cara menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Misalnya kamu terbiasa bangun dan bersiap ke kantor mulai jam 5 pagi, maka tetaplah bangun di jam-jam tersebut dan mengganti kegiatanmu dengan aktivitas lain. Misalnya berolahraga atau menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Jangan lupa hindari bekerja di atas ranjang. Bila perlu, tetaplah berdandan atau memakai pakaian kerja seperti biasanya agar atmosfer kantor terbangun di rumah.

  1. Komunikasi dengan Keluarga

Bila kamu memiliki anak di rumah, tentunya WFH tidak bisa lepas dari keharusan menjaga si kecil. Terlebih jika pasangan kamu juga harus bekerja, maka berbagi tugas menjaga anak serta menerapkan jam kerja di rumah mutlak diperlukan. Mintalah waktu untuk fokus bekerja tanpa diganggu dan bergantian menemani anak beraktivitas di rumah.

  1. Menjaga interaksi dengan rekan kantor

Ingat, kamu sedang WFH bukan liburan, jadi pastikan agar kamu mudah dihubungi ya! Jangan sampai kamu kehabisan kuota internet lalu lupa membalas email atau sulit diajak conference call. Memang sih WFH jadi susah tanpa adanya Wi-Fi, meski begitu tetap tahan diri untuk tidak nongkrong di luar demi koneksi internet. Stay safe at home!

  1. Luangkan Waktu Beristirahat

Rehat memang perlu, tapi jangan sampai kebablasan. Tak bisa dipungkiri godaan terbesar WFH memang rasa malas dan hasrat rebahan di kasur sembari nonton film. Tapi demi selesainya tugas kantor, kamu harus punya disiplin diri. Jadwalkan waktu istirahat selama 1-2 jam untuk makan siang atau tidur siang sejenak.  Jangan lupa lakukan peregangan badan agar pikiran kembali segar.

Sesuai dengan imbauan Presiden Jokowi, masyarakat diharap tidak panik dan tetap produktif meski bekerja dari rumah. Selain itu, masyarakat juga wajib meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran COVID-19 ini bisa dihambat. Tentunya upaya ini harus dilakukan serentak dan kompak, salah satunya dengan menjaga kesehatan tubuh dan tetap berdiam diri di rumah.

Yuk bantu pemerintah dan tenaga medis untuk melawan Covid-19  dengan disiplin mencuci tangan, tidak menyebarkan hoax,  dan tentunya tetap produktif saat bekerja di rumah.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat