Cegah Penyebaran Covid-19, UN 2020 Resmi Dihapus - IDS Digital College

Cegah Penyebaran Covid-19, UN 2020 Resmi Dihapus

Penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia membuat Pemerintah resmi membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional 2020 (UN 2020). Alasan pembatalan UN 2020 ini dikarenakan pemerintah tak ingin keamanan siswa dan masyarakat terancam Covid-19 seperti yang dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Penghapusan UN 2020 sendiri adalah hasil kesepakatan antara DPR dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dilansir dari liputan6.com, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyatakan bahwa “Dari hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud, disepakati bahwa pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19,” ucapnya pada Selasa (24/3/2020).

Penyebaran wabah Covid-19 ini kemungkinan diprediksi akan terus berlangsung hingga April, jadi tidak mungkin untuk memaksakan siswa berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19. Jika dipaksakan, keselamatan para siswa dan lainnya akan sangat terancam.

Memang Keputusan ini adalah keputusan yang berat dan juga memiliki dampak lain yang selanjutnya membuat banyak orang tua bertanya-tanya, bagaimana standar penerimaan siswa baru jika UN dihapus?

Kendati demikian, ada pilihan untuk tetap mengadakan UN secara daring jika pihak sekolah mampu menyelenggarakannya. Prinsipnya, yang harus dihindari adalah pengumpulan siswa secara fisik di gedung-gedung sekolah jadi UN tetap bisa dilakukan namun harus secara daring sehingga tetap aman untuk dilakukan.

Nadiem selaku Menteri Pendidikan juga mengungkapkan jika cara lain untuk mengukur standar kelulusan siswa adalah dengan melihat angka di nilai semester terakhir.

“Ada berbagai macam opsi, sekolah bisa melakukan ujian sekolah, misalnya, melalui online atau melalui angka nilai lima semester terakhir. Dan ujian sekolah tersebut tidak kami paksa untuk mengukur ketuntasan seluruh capaian kurikulum bahkan semester terakhir,” jelasnya pada BBC. Mendengar kebijakan ini rupanya banyak orang tua yang memberikan dukungan penuh demi keselamatan anak mereka.

Tak kalah penting, Nadiem berpendapat bahwa UN bukanlah syarat kelulusan ataupun seleksi masuk jelang pendidikan yang lebih tinggi.

“Kita juga sudah tahu UN bukan untuk syarat kelulusan atau syarat seleksi masuk jenjang pendidikan tinggi, saya rasa di Kemendikbud, lebih banyak resikonya daripada benefit untuk lanjutkan UN,” terang Nadiem.

Mengingat bagi anak SMA sendiri, UN bukanlah jaminan bagi mereka bisa menyandang gelar mahasiswa dari Universitas yang diinginkan. Dari sekian banyak kampus dan juga jurusan yang ada di dunia perkuliahan, jurusan IT kini tengah menjadi primadona.

Nah, jika bicara soal jurusan perkuliahan, kamu yang memiliki minat di ranah digital atau nantinya ingin bekerja sebagai di berbagai startup bergengsi di Indonesia, bisa memilih berkempus di IDS Digital College. IDS Digital College sendiri merupakan sebuah kampus yang menyediakan program studi untuk Program Ekstensi D3 ke S1 dengan gelar Sarjana Komputer (S.kom).

IDS Digital College juga berkolaborasi dengan PSG School of Technology, India – dalam membangun kurikulum bertaraf internasional dan menerapkan Real World Assignment yaitu tugas dengan pendekatan riil dalam profesional IT. IDS DIgital Collage hadir untuk kamu yang ingin mendapatkan skill relevan dan siap untuk terjun dalam startup maupun korporasi. Kamu yang sudah meyakinkan diri untuk menjadi bagian dari IDS DIgital Collage dapat mengajukan pendaftaran melalui halaman ini!

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat