Online Learning, Solusi Belajar Tetap Efektif di Tengah Pandemi Covid-19 - IDS Digital College

Online Learning, Solusi Belajar Tetap Efektif di Tengah Pandemi Covid-19

Virus Corona yang menghebohkan dunia sejak awal tahun 2020 mengakibatkan banyak sektor terganggu bahkan terhenti. Tak hanya industri, pendidikan juga ikut terganggu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya meliburkan siswa dan mahasiswa sebagai langkah penekanan angka penyebaran virus corona di Indonesia. Pun dirumahkan, proses belajar mengajar tetap berlangsung secara online. Metode ini dikenal dengan Online Learning yang cukup efektif digunakan saat ini. Lalu seperti apa cara kerja dari metode pembelajaran satu ini?

1. Pengertian Online Learning

Online learning yang juga dikenal dengan e-learning merupakan metode pembelajaran atau belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi elektronik dalam prosesnya. Selain memanfaatkan teknologi elektronik, digital media serta jaringan komputer juga ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Karena kemudahan akses tersebut membuat pengajar dan murid bebas menentukan dari mana dan kapan untuk memulai belajar. 

Beberapa perguruan tinggi serta sekolah menerapkan metode pembelajaran ini untuk mengakomodasi konsep belajar mengajar setelah diliburkan karena virus corona. Meski tak harus bertatap muka dengan dosen atau guru, baik siswa maupun mahasiswa cukup terbantu. Proses mengedepankan diskusi juga diterapkan dalam metode ini sehingga tidak menghalangi rasa ingin tahu selama belajar. Metode ini sangat efektif untuk pelajar, mahasiswa, juga kamu yang hendak berencana mengikuti kelas secara online.

2. Rekomendasi Online Learning versi Kemendikbud

Penyebaran virus corona mengakibatkan perguruan tinggi serta sekolah diliburkan. Namun, baik mahasiswa maupun siswa tetap mendapatkan pendidikan dari guru atau dosen via daring. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga memberikan rekomendasi online learning yang bisa digunakan oleh semua kalangan. Di antaranya ada di bawah ini

  • Google Indonesia menyediakan G Suite for Education yang merupakan alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa. Di fitur ini terdapat Hangouts Meet, alat konferensi video untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom. 
  • Kelas Pintar dengan penggunaan gratis selama satu bulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia.
  • Microsoft menyediakan Office 365 yang mengharuskan pihak sekolah menyediakan domain institusi sebagai identitas digital guru dan murid. Fasilitas Teams dalam fitur ini memungkinkan murid dan guru bisa melakukan proses belajar mengajar dengan tatap muka lewat video conference.  
  • Quipper juga memberikan akses dan material gratis kepada sekolah, guru dan siswa. Sekolah dapat memakai Quipper School untuk pemberian tugas serta ujian. 
  • Ruangguru menawarkan pembukaan sekolah online secara gratis. Para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring dari Senin sampai Jumat seperti jam sekolah. Bahkan sekolah online tersebut juga memiliki jam belajar. 
  • Sekolahmu juga menawarkan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi untuk seluruh murid, guru, bahkan orang tua. Program-program yang disediakan dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik berpengalaman.

Tips Mengikuti Online Learning yang Efisien 

Kamu atau anggota keluarga yang berencana untuk mengikuti online learning perlu mengetahui tips dan triknya agar pembelajaran berjalan efektif. Tips pertama, atur waktu belajar dengan teratur. Fokus untuk mengerjakan tugas yang dibebankan lebih awal sehingga tugas tidak menumpuk di waktu belajar berikutnya. Kedua, persiapkan alat belajar yang dibutuhkan. Pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu proses belajar. Terutama koneksi dan gadget yang digunakan. 

Tips selanjutnya yang perlu kamu tahu agar online learning berjalan efektif adalah niat belajar yang serius. Pasalnya, kamu akan mudah terdistraksi ketika belajar di rumah. Belum lagi godaan untuk masuk ke dapur atau bermain game. Berikutnya adalah rajin untuk berkomunikasi dengan pengajar atau rekan belajar. Hal tersebut juga membuat kamu tidak mudah stres selama proses belajar. Proses belajar mengajar memang terganggu akibat virus corona. Beruntungnya ada online learning yang cukup efisien dalam membantu proses belajar mengajar tanpa perlu tatap muka langsung. Semoga penyebaran virus corona terhenti dan dunia kembali seperti semula sehingga aktivitas bisa berjalan normal seperti sebelumnya.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat