Mengenal Apa Itu Software Engineering? - IDS Digital College

Mengenal Apa Itu Software Engineering?

Selain designer, memiliki profesi dibidang IT saat ini tengah naik daun. Rasanya level kualitas diri meroket hingga 200%. Apabila kamu memiliki minat dalam bidang IT, IDS College bisa menjadi pilihan kampus yang sangat ideal. Selama menjadi mahasiswa IDS College, kamu dijamin siap berkarir dalam dunia profesional IT dalam kurun waktu hanya dalam kurun waktu 2 tahun. 

IDS College menyediakan program studi Software Engineering yang menjadi salah satu program studi populer di bidang IT. Supaya kamu enggak bingung, yuk pelajari lebih dalam mengenai seluk beluk Software Engineering!

Pengertian Software Engineering

Software Engineering adalah sebuah program studi yang mempelajari prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak secara fungsional, efektif, serta memiliki kemampuan untuk menangani kompleksitas pembangunan sebuah sistem yang relevan, sesuai dengan era digital masa kini. 

Sedangkan menurut Institute of Electrical and Electronics Engineers/IEEE (1993), software engineering merupakan suatu pendekatan teknologi yang sistematis, terstruktur dan disiplin. Software Engineering sendiri adalah suatu cabang ilmu komputer untuk mengetahui sesuatu yang salah terhadap sebuah perangkat lunak, yang saat ini fungsinya jauh lebih luas lagi. 

Hal-hal Yang Diperhatikan Software Engineering

Software Engineering akan memperlihatkan bagaimana sebuah aplikasi produk atau jasa mempermudah para user beserta fitur-fitur yang ditawarkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam software engineering

 

  • Pengoperasian
    Usai melalui fase analisa, kamu baru bisa tahu apakah sebuah aplikasi sudah bekerja sebagaimana mestinya. Baik itu dari segi budget, efisiensi, ketepatan, fungsi, ketergantungan, dan keamanan. 

 

  • Transisi
    Transisi sangatlah penting, karena fase ini adalah fase dimana suatu aplikasi digeser dari satu platform ke platform lainnya. Sehingga probabilitas, adaptable, dan kegunaan ada di area sini. 

 

  • Pemeliharaan
    Proses pemeliharaan bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah aplikasi bekerja setelah adanya update atau pembaharuan. Aspek penting yang perlu diperhatikan usai analisis adalah modularitas, perawatan, dan fleksibilitas dan skalabilitas.

Metode yang Digunakan Dalam Software Engineering

Metode software engineering dibagi menjadi lima jenis, yaitu metode sekuensial linier, RAD, prototype, spiral, serta 4GT. Diantara kelima metode tersebut, metode 4GT dinilai paling efisien dan menghemat waktu. Sayangnya dari segi alat bantu, metode ini hanya dapat digunakan pada aplikasi tertentu. Dengan kelima metode tersebut, software engineering adalah pemegang peran penting dalam menghasilkan aplikasi atau perangkat lunak yang berkualitas.

Cabang Karir Software Engineering

Ketika kamu mengambil kuliah jurusan Software Engineering, ada beberapa pilihan cabang karir yang bisa kamu dalami, yaitu:

 

  • Application Development
    Application Development memiliki spesifikasi dalam pengembangan perangkat lunak berbasis penyelesaian masalah non-Web yang mencakup bahasa pemrograman seperti  Java dan C#.

 

  • System Development
    Cabang ilmu ini menitikberatkan pada tindakan merancang dan coding background software untuk mendukung pengembang aplikasi, termasuk bahasa program seperti C and C++.

 

  • Web Development
    Web development memiliki spesifikasi untuk merancang perangkat lunak atau aplikasi yang akan dijalankan di browser Web serta bahasa pemrograman yang digunakan seperti HTML, JavaScript dan PHP.

 

  • Embedded System  Development
    Tugasnya untuk merancang sistem dan perangkat lunak computing systems dan software supaya dapat bekerja di non computing device seperti automobiles. Embedded System  Development menggunakan bahasa pemrograman seperti C dan bahasa assembly.
Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat