Mengenal Cyber Security, Proteksi Penting di Era Revolusi Industri 4.0 - IDS Digital College

Mengenal Cyber Security, Proteksi Penting di Era Revolusi Industri 4.0

Di zaman serba high tech ini, peran cyber security sangatlah vital bagi sebuah perusahaan. Di tengah revolusi industri 4.0, membuat hampir semua perangkat elektronik saling terkoneksi, terutama dengan cloud computing dan big data. Sebelum membahas lebih jauh, sebetulnya apa sih cyber security itu?

Pengertian Cyber Security

Secara terminologi, cyber security merupakan aktivitas pengamanan terhadap sumber daya telematik. Penggunaan cyber security sendiri ditujukan untuk pengamanan sumber daya telematika. Secara khusus, cyber security berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber crime atau cyber attack

Biasanya cyber attack terjadi karena ada seseorang yang ingin mengganggu secara logic atau fisik sebuah sistem untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi. 

Fungsi Cyber Security

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu fungsi dari cyber security adalah untuk pengaman infrastruktur telematika (IT). Ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada serangan cyber crime yang dilakukan seseorang pada sistem informasi. Adapun jenis-jenis cyber attack yang biasanya ditemukan seperti Denial of Service (DDoS), Scareware, Botnets dan Zombies, Malware atau Virus.

Elemen Pokok Cyber Security

Dalam aktivitas cyber security terdapat beberapa elemen pokok yang harus dipenuhi, supaya sistem keamanan ini bisa berjalan dengan maksimal. Elemen pokok cyber security tersebut adalah sebagai berikut.

  • Document Security Policy, merupakan dokumen standar yang dijadikan sebagai acuan untuk menjalankan semua proses terkait keamanan informasi. 
  • Information Infrastructure adalah media yang memiliki peran dalam kelangsungan operasi informasi, baik itu hardware atau software. 
  • Perimeter Defense menjadi media yang berperan untuk menjadi komponen pertahanan pada infrastruktur informasi misalnya IDS, IPS, dan firewall.
  • Network Monitoring System, fungsinya memonitor kelayakan utilisasi, dan performance infrastruktur dari informasi. 
  • System Information and Event Management adalah media yang fungsinya memonitoring kejadian pada sebuah jaringan, termasuk kejadian terkait insiden keamanan. 
  • Network Security Assessment adalah elemen cyber security yang memiliki fungsi sebagai mekanisme kontrol dan memberikan pengukuran level keamanan informasi.  
  • Human Resource serta Security Awareness berhubungan dengan SDM serta awareness pada sistem keamanan informasi. 

Selain komponen penting, cyber security juga harus disusun oleh para praktisi yang selalu bekerja sama untuk menjaga keamanan data-data yang ada. Beberapa praktisi yang terjun dalam pengerjaan cyber security memiliki 3 tugas utama yaitu:

  1. Analisa Keamanan
    Layaknya para petugas analisa pada umumnya, seorang analisa keamanan bertugas untuk memetakan potensi adanya ancaman cyber crime. Selanjutnya, ia akan memberikan masukan untuk melakukan fase mitigasi yang bertujuan untuk mengatasi ancaman tersebut. 
  2. Spesialis Forensik
    Memiliki tugas untuk melakukan penyelidikan pasca potensi kebocoran keamanan yang sudah terjadi. Spesialis forensik harus memiliki kemampuan teknis yang memadai untuk mencari dan menemukan jejak-jejak digital yang ditinggalkan oleh pelaku cyber attack. Spesialis forensik harus bisa melacak dan menemukan pelaku.  
  3. Hacker/Peretas
    Tugas yang ketiga adalah untuk meretas. Para hacker / peretas adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan eksploitasi terhadap sistem telematika melalui berbagai cara. Sayangnya hingga saat ini, istilah hacker sering disalahartikan oleh masyarakat, sebagai seorang yang melakukan tindakan kriminal pembobolan informasi.  

Cyber security sangat berguna bagi banyak orang maupun lembaga, karena ada banyak data penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Cyber security sebagai tindakan preventif untuk mencegah dan menanggulangi kasus pencurian data. Selain cyber security, pemerintah juga harus membantu untuk menetapkan undang-undang khusus terkait cyber crime

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat