Fitur Baru Instagram: Pengawasan untuk Akun Anak - IDS Digital College

Fitur Baru Instagram: Pengawasan untuk Akun Anak

Instagram parental supervision

Sebagai orang tua, ada kalanya kita khawatir dengan penggunaan sosial media anak yang terlalu sulit dikontrol. Perlu diketahui, fitur baru Instagram yang dapat digunakan para orang tua untuk membatasi penggunaan Instagram anak-anak mereka. Dari waktu ke waktu Instagram berusaha mengembangkan fitur untuk mengubah perilaku penggunanya dan menciptakan kebiasaan yang lebih baik.  

Fitur baru Instagram tersebut dikenalkan Meta dengan nama “Parental Supervision” yang disiapkan dengan headset Quest VR (Virtual Reality). Melalui Instagram, orang tua dapat mengirimkan permintaan undangan untuk memulai alat pengawasan.

Sebelumnya melalui alat ini para orang tua dapat melakukan berbagai aktivitas seperti; melihat daftar akun yang diikuti anak, mengizinkan atau menolak pengunduhan atau pembelian aplikasi yang diblokir secara default, dan memblokir link yang kurang sesuai untuk remaja.

Seperti yang sudah dijanjikan Instagram sebelumnya, bahwa mereka akan melakukan peningkatan dari fitur-fitur yang ada. 

Sekarang para orang tua di seluruh dunia dapat mengakses Family Center dan melakukan lebih banyak pengawasan, seperti:

  • Melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan remaja dalam bermain Instagram dan mengatur batasan waktu
  • Mengatur waktu yang lebih spesifik pada siang atau malam hari
  • Menerima notifikasi ketika remaja melakukan pelaporan akun atau unggahan, termasuk melihat jenis akun atau unggahan yang dilaporkan
  • Melihat akun-akun siapa saja yang diikuti remaja dan melihat siapa saja akun yang mengikuti remaja

Instagram memiliki alasan tersendiri mengapa mereka mengembangkan alat ini. Saat ini remaja akan dengan sangat cepat beralih dari satu topik menuju topik lainnya, jika mereka berulang kali melihat jenis konten yang sama pada halaman Explore. Fitur terbaru ini dirancang untuk mendorong remaja menemukan sesuatu yang baru dan mengecualikan topik tertentu.

Instagram berpikiran bahwa alangkah lebih baiknya jika orang-orang juga mengambil waktu istirahat saat menjelajahi sosial media paling populer tersebut. Tahun lalu, Instagram telah memperkenalkan fitur “Take a Break” untuk mengingatkan pengguna agar beristirahat sejenak dari bermain Instagram. Kini Instagram juga berencana untuk segera merilis fitur pengingat yang dapat digunakan semua orang, khususnya remaja agar mereka dapat menjeda kegiatan menggulir Reels. 

Instagram parental supervision

Fitur-fitur ini sedang diuji di AS, Inggris, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru baru kemudian diluncurkan secara global. 

Maka bisa dibilang jika semua fitur baru Instagram bertujuan agar remaja lebih bijak dalam menghabiskan waktu bersama Instagram. 

Meta juga menambahkan, bahwa mereka akan memberdayakan konten kreator yang berbasis di AS melalui pendanaan dan pendidikan agar lebih banyak membagikan konten yang dapat menginspirasi dan mendukung kesejahteraan diri kepada remaja. Para kreator tersebut akan dipandu oleh para ahli yang akan memperlihatkan penciptaan konten yang bertanggung jawab. Sehingga, para kreator dapat menjaga diri sendiri dan komunitas yang mereka buat.

Instagram juga mengungkapkan bila mereka antusias karena berhasil mengembangkan fitur yang didasari kekhawatiran kaum muda maupun orang tua. Sehingga langkah mereka ini dapat mendekatkan hubungan orang tua dan anak menjadi lebih baik.

“Sangat menggembirakan mengetahui jika Meta telah mendengarkan kaum muda dan orang tua mereka dan menciptakan alat yang mendorong percakapan yang tepat waktu. Pada Parent Zone, kami mengetahui betapa sulitnya orang tua mereka merasa terkunci dari dunia digital anak-anak mereka. Dengan alat baru ini, kamu melihat pergeseran menuju kemitraan yang lebih besar antara keluarga dengan platform yang merupakan sebuah langkah yang sangat positif.”

Nah itu dia Fitur terbaru Instagram, kamu ingin bisa membuat fitur seperti diatas atau bahkan aplikasi seperti Instagram? Kamu bisa mempelajari lebih lanjut dengan mengikuti Kuliah di IDS College dan mengambil Jurusan Software Enginering (S1), See you there!

Posted in: News



    WhatsApp chat