Mengenal Jurusan Teknik Informatika - IDS Digital College

Mengenal Jurusan Teknik Informatika, Prospek Kariernya

Hingga saat ini Jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminatnya. Bahkan peminat jurusan ini semakin tinggi tiap tahunnya. Persaingan untuk masuk Jurusan Teknik Informatika pun semakin ketat. 

Apakah kamu salah satu peminat yang ingin berkuliah di jurusan ini?

Buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai Jurusan Teknik Informatika, mulai dari materi yang dipelajari hingga peluang kerjanya, silakan simak artikel ini hingga usai!

Jurusan Teknik Informatika

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Sederhananya, Teknik Informatika merupakan salah satu bidang studi yang mempelajari teknik pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pengolahan data pada komputer tersebut dilakukan dengan menggunakan prinsip dan proses logika.

Sedangkan, bila dijabarkan lebih jauh, Teknik Informatika adalah bidang studi yang mempelajari hingga menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer serta melakukan analisis secara sistematis dalam merancang, menguji, mengembangkan, dan mengevaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. 

Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi

Pasti kamu telah mendengar Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi. Apakah kamu telah mengetahui perbedaannya? 

Jika kamu tertarik dengan bidang ini ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari ketiga jurusan tersebut. Sehingga kamu pun tidak terjebak di jurusan yang salah. 

Fokus dari Jurusan ini adalah penguasaan bahasa pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Sehingga melalui Teknik Informatika kamu lebih mempelajari mengenai pengolahan data di komputer dengan rangkaian logika. 

Pada Jurusan Teknik Komputer fokus dari studinya adalah mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network). Jurusan Teknik Komputer berusaha untuk merancang sebuah kontrol pada komputer atau alat elektronik lainnya, seperti processor atau chip.

Bila Teknik Informatika lebih menekuni perangkat lunak dan Teknik Komputer menekuni otak dari perangkat keras, maka Sistem Informasi ada sedikit perbedaan untuk Jurusan satu ini. Keilmuan bidang Sistem Informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan administrasi bisnis dan manajemen. 

Jurusan Sistem Informasi berusaha untuk merancang sistem yang didasari dari kebutuhan organisasi. Sehingga fokus dari Jurusan Sistem Informasi adalah merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi.

Apakah kamu sudah cukup memahami perbedaan dari Jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?

Kalau begitu, kini saat mengenal hal-hal apa saja yang akan kamu pelajari bila berkuliah di Jurusan Teknik Informatika.

Materi Pembelajaran Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika sangat menuntut kecerdasan secara logika, sehingga bila kamu berniat untuk berkecimpung di bidang ini kamu harus siap dengan tuntutan yang ada. Karena jurusan ini akan mempelajari pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer, maka kamu harus memiliki kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar analisis. Hal tersebut dibutuhkan untuk menghindari kesalahan saat merancang sebuah program.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika mulai dari mengenal hal-hal dasar seperti struktur data, algoritma dan pemrograman, dan jaringan komputer, kemudian dilanjutkan dengan mempelajari materi yang lebih terfokus seperti sistem operasi, pemrograman, sistem database, hingga rekayasa perangkat lunak. Mata kuliah dilanjutkan lagi dengan materi yang lebih spesifik seperti data mining, cloud computing, cloud programming, artificial intelligence, hingga big data. 

Jurusan Teknik Informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Bagaimana sih prospek kerja dari Jurusan Teknik Informatika? Apakah lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan begitu dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan? Jawabannya adalah iya. Bidang karier ini memiliki prospek yang sangat luas dan dibutuhkan hampir di seluruh sektor bisnis. Apalagi di era digital seperti saat ini yang sudah pasti penerapan teknologi informasinya semakin tinggi sehingga membuka lebih banyak banyak peluang kepada lulusan Teknik Informatika. Berikut ragam prospek kerja dari Jurusan Teknik Informatika.

  1. Programmer

Programmer adalah profesi yang bekerja untuk menciptakan program-program komputer. Programmer bertanggung jawab dalam menulis kode-kode (coding) suatu perangkat lunak atau aplikasi. Melalui kode-kode tersebut seorang programmer berusaha untuk memerintah komputer melakukan serangkaian instruksi. Bahasa pemrograman adalah skill dasar yang harus dikuasai seorang programmer.

  1. Data Scientist

Data scientist memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisis data yang dibutuhkan organisasi untuk mengambil keputusan. Data yang ditafsirkan data scientist biasanya sangat besar, sehingga profesi ini membutuhkan skill berupa data mining, scripting, dan programming. Seorang data scientist juga harus memiliki ketajaman dalam berbisnis.

  1. Web Developer

Web Developer atau biasa disebut juga dengan pengembang web memiliki tugas untuk membangun website atau sistem web. Pekerjaan yang dilakukan web developer mulai dari mengatur domain, membuat basis data, hingga mendesain, mengembangkan, dan menjaga situs web. 

  1. Web Engineer

Seorang web engineer memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan sistem jaringan komunikasi, membangun antarmuka web, mengembangkan situs web perusahaan, hingga memelihara website yang fungsional secara umum. Tujuan dari web engineer adalah membuat situs dan semua aplikasi dapat berfungsi dan diakses semaksimal mungkin. 

  1. System Analyst

Seorang system analyst adalah profesional yang memecahkan masalah bisnis menggunakan teknik analisis dan teknologi informasi. Tanggung jawab seorang system analyst biasanya berupa merancang sistem dan kerangka kerja komputer, mengatasi masalah teknis dan membuat rancangan mitigasi risiko, hingga memastikan solusi telah layak dan konsisten.

Buat kamu yang tertarik untuk masuk Jurusan Teknik Informatika, maka kamu bisa memilih  IDS College. STMIK atau Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IDS memiliki dua program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Program Studi ini dirancang khusus untuk siapa pun yang ingin memiliki karier di bidang IT, bahkan dibuka juga kelas untuk karyawan yang ingin menambah kemampuan demi menunjang kariernya.

Berlokasi di Jakarta Selatan, IDS Collage telah meluluskan banyak mahasiswa yang berhasil menerapkan pengetahuan dan kemampuannya untuk bersaing di berbagai perusahaan lokal maupun asing. 

Siapkan dirimu untuk menjadi seorang IT terbaik dengan berkuliah di IDS College sekarang juga!

Sumber: brainacademy.id

Posted in: News



    WhatsApp chat