Inovasi Bagi Pelaku Industri Startup - IDS Digital College

HUB.ID Summit 2022: Melebarkan Jalan Inovasi Bagi Pelaku Industri Startup

HUB.ID Summit 2022 diadakan dalam bentuk forum yang diselenggarakan oleh Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, tujuannya adalah untuk mempertemukan industri startup atau perusahaan rintisan nasional dengan calon investor, mitra bisnis, pemerintah, maupun BUMN di Nusa Dua, Bali. 

Buat kamu yang suka nonton drama korea, terutama yang berjudul Start-Up pasti familiar nih dengan event perkenalan startup-investor seperti ini. HUB.ID Summit 2022 menjadi forum akses investasi terbuka yang diharapkan, dapat menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas startup digital Indonesia, agar bisa lebih maju dan Go International.

HUB.ID Summit 2022

I Nyoman Adhiarna selaku Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo mengungkapkan bahwa sudah ada 635 meeting yang berhasil terjadwal dari forum ini, dimana mendekati ekspektasi forum untuk mendapat 800 pertemuan, dan mungkin akan terus bertambah. Hal ini, menunjukkan banyaknya startup yang berhasil membuat para investor dan mitra bisnis tertarik.

Kemkominfo bermitra dengan salah satu pelaku industri startup di Indonesia yakni Impacto, untuk menjalankan perhelatan HUB.ID Summit 2022 yang dirancang dalam bentuk roadshow, talkshow, dan kurasi ini. Italo Gani selaku Managing Partner dari startup tersebut juga mengungkapkan harapannya mengenai kemudahan akses investasi dan mitra bisnis startup di Indonesia, karena banyaknya startup yang mengalami kesulitan mendapatkan jaringan yang relevan.

Diskusi panel pun menghiasi hari pertama kegiatan HUB.ID Summit 2022 dengan topik “The Shift of Grocery Shopping in Indonesia: Is it a Sustainable Business Model?” dan topik “Anticipating the Next Momentum of Indonesian Fintech”, dengan menghadirkan startup dari berbagai daerah di Indonesia dan venture capital dari sejumlah negara. 

Forum tersebut berlangsung pada 5-6 September 2022 di The Westin Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, menyatakan bahwa peran serta pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital nasional sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuhnya startup unicorn baru. Selain itu, bisa menjadi peluang untuk menghasilkan tambahan decacorn dengan berbagai cara, baik melalui merger akuisisi maupun pelebaran pasar yang meningkat. 

HUB.ID Summit 2022

Bukan hanya itu, berdasarkan proyeksi bahwa ekonomi digital Indonesia di tahun 2030 mencapai sekitar USD 315 miliar, setara 42 persen ekonomi digital di ASEAN. Oleh karena itu, perlu disiapkan bersama dimulai dengan pembangunan infrastruktur digital secara besar-besaran, pelatihan digital terhadap sumberdaya manusia di semua lini bidang. 

Dalam acara tersebut juga disebutkan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kominfo, siap menyediakan SDM untuk tata kelola spektrum frekuensi yang memungkinkan operator seluler mengembangkan usaha dan membangun jaringan lebih luas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Hal-hal mengenai kemajuan digital Indonesia, telah dan akan selalu dipersiapkan tentunya terkait regulasi-regulasi yang dibutuhkan, agar dapat dilakukan konvergensi dan permulaan yang baik di bidang usaha telekomunikasi dan digital bisa bertumbuh dan berkembang dengan pesat.

Posted in: News



    WhatsApp chat