Gak Perlu Bisa Coding, Dengan 6 Aplikasi Ini Kamu Bisa Membuat Game Sendiri - IDS Digital College

Gak Perlu Bisa Coding, Dengan 6 Aplikasi Ini Kamu Bisa Membuat Game Sendiri

Suka main game dan punya cita-cita untuk membuat game tapi buta soal bahasa pemrograman? Jangan buru-buru berkecil hati ya, karena kini sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk membantu kamu mewujudkan impian menjadi game creator tanpa harus bisa coding, 

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa membuat game yang relatif sederhana. Kamu bisa membuat proyek game “pilot” hanya dengan bahan aset grafis serta suara. Ini dia daftar aplikasi yang bisa kamu coba mulai sekarang!

1. Clickteam Fusion 2.5
Aplikasi ini mirip dengan aplikasi GG Maker, Clickteam Fusion yang memiliki fitur editor  drag and drop untuk membuat game 2D maupun 3D. Clickteam Fusion 2.5 memiliki fitur editor event frame-by-frame seperti pembuatan animasi di Adobe Flash. Aplikasi ini sudah banyak digunakan untuk membuat game komersial populer seperti Five Nights at Freddy’s, The Escapists, dan Angry Video Game Nerd Adventures. 

2. TyranoBuilder Visual Novel Studio
TyranoBuilder Visual Novel Studio adalah salah satu aplikasi pembuatan visual untuk novel yang kini sedang populer. TyranoBuilder membantu kamu membuat visual novel jadi jauh lebih mudah, semudah drag and drop aset dan teks di layar seperti ketika kamu menyusun presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Tanpa proses coding yang rumit, kamu bisa lebih fokus dalam menciptakan plot cerita sebagus mungkin. Aplikasi ini juga menyediakan  fitur scripting bernama TyranoScript bagi pengguna yang sudah mahir. 

3. GG Maker
Aplikasi ini sangat sesuai bagi kamu yang belum pernah melakukan coding namun ingin mahir dalam bahasa pemrograman. GG Maker bisa membantu kamu membuat berbagai game mulai dari platformer sederhana, sampai RPG 3D yang rumit. Keunggulan aplikasi ini adalah sebuah fitur yang disebut Graphically Assisted Scripting. Umumnya fitur ini harus diketik dengan bahasa pemrograman, namun melalui GG Maker kamu hanya perlu implementasi secara visual dalam bentuk diagram air. Dengan menguasai logika di Graphically Assisted Scripting akan membantumu memahami cara kerja coding sesungguhnya. 

4. Construct
Construct cocok untuk kamu yang ingin menciptakan game seru namun tidak rumit. Aplikasi ini fokus untuk menciptakan game 2D seperti platformer, puzzle, atau shooter. Hampir semua objek yang ada di layar bisa diatur dengan drag and drop yang sangat mudah digunakan. Kelebihan Construct adalah dapat digunakan secara gratis untuk kepentingan non komersial. Namun jika kamu akan membuat game yang komersil, maka akan diwajibkan membayar biaya lisensi.  

5. GameSalad
GameSalad adalah salah satu aplikasi pembuat game yang sangat populer. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam atribut pemrograman tanpa harus coding. GameSalad diklaim sebagai program pembuat game terbaik dengan dukungan dari Android, iOS, dan permainan web berbasis HTML5. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengatur model game buatanmu hanya dengan metode drag-and-drop yang sangat sederhana. Hingga kini, aplikasi GameSalad telah digunakan oleh ribuan programmer yang sudah berhasil merilis game masing-masing secara independen di berbagai platform mobile. Beberapa game yang berhasil dibuat dengan aplikasi ini seperti Mazes of Karradash, dan Get_Fiquette. 

6. Buildbox
Buildbox memiliki desain interface yang intuitif sehingga memudahkan para programmer pemula. Aplikasi ini memiliki fitur radial drag-and-drop yang dapat memperjelas pemasangan aset ke dalam game. Buildbox dapat menciptakan berbagai macam game 2D yang bisa dipilih dari berbagai kategori yang berbeda. Kamu juga bisa membuat rangkaian gameplay unik dengan cara mengedit kemudian menggabungkan berbagai preset yang sudah disediakan. Tak hanya itu, kamu diberi akses ke galeri aset yang berisi ribuan gambar, musik, serta sound effect.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat