Ingin Bekerja di Bidang Cyber Security? Begini Tantangan dan Peluang Kerjanya - IDS Digital College

Ingin Bekerja di Bidang Cyber Security? Begini Tantangan dan Peluang Kerjanya

Kemajuan teknologi sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Era seperti sekarang ini, digital security masih menjadi persoalan penting, khususnya di Indonesia. Peran dari digital security sendiri yaitu untuk melindungi jaringan komputer, program dan data dari serangan, kerusakan, atau akses yang tidak sah. Secara singkat, bertugas untuk melindungi informasi terutama data di dunia bisnis dari kebocoran.

Salah satu tantangan besar yang kemungkinan terjadi di dunia industri masa depan adalah ancaman yang dapat menyebabkan kerusakan atau kerugian besar bagi pelaku industri. Maka itu, digital security harus dirancang sebaik mungkin. Saat ini tersedia banyak peluang kerja di bidang cyber security agar kualitasnya semakin membaik.

1. Konsultan Security
Sesuai dengan namanya, fungsi dari konsultan security atau konsultan keamanan adalah untuk mencari dan memberikan solusi keamanan yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Bisa terbilang tanggung jawabnya cukup berat. Beberapa hal penting yang harus dikuasai, mulai dari basic hardware networking, basic IP dan subnetting, server teknologi, keamanan, monitoring, backup, dan lain-lain. Biasanya pekerjaan ini bertugas untuk melindungi jaringan, perangkat lunak, hingga melakukan pengujian dan analisis resiko. Hal tersebut tentu akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan.

2. Chief Information Security Officer
Chief information security officer (CISO) merupakan pimpinan yang mengatur sektor keamanan TI sebuah perusahaan. Tanggung jawab dan keputusan akhir dari CISO sangat berpengaruh pada keamanan IT khususnya bagian pengeluaran. Saat ini, perkembangan CISO dan pendekatan keamanan TI telah dilakukan oleh berbagai perusahaan dan organisasi dunia di tengah lanskap ancaman yang terus berubah. Tugasnya yaitu untuk mengatasi berbagai resiko dan ancaman kebocoran data yang akan datang. Setiap waktu CISO harus terus mengembangkan cara dan strategi untuk mendorong fungsi keamanan dalam perusahaan.

3. Security Engineer
Security engineer merupakan pekerja tingkat menengah yang memiliki peran untuk membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan. Beberapa di antaranya ada yang harus memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan.

4. Security Architect
Security architect adalah pekerja senior yang bertugas mengimplementasikan serta mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan. Mereka harus mendesain, meriset, arsitektur keamanan yang tangguh. 

5. Spesialis Forensik Komputer
Berperan layaknya seorang detektif digital, spesial forensik komputer bertujuan untuk memeriksa media digital secara forensik dengan mengidentifikasi, mengakses, melestarikan, memulihkan, menganalisis, dan menyajikan fakta serta pendapat mengenai informasi digital. Pekerjaan ini tentu selalu berhubungan dengan komputer, jaringan, serta perangkat penyimpanan data. Jenis kegiatan kriminal yang biasanya melibatkan seorang spesialis forensik komputer, yakni intrusi jaringan, hacking, penipuan online, spionase politik, industri, dan komersial, komunikasi teroris, pencurian informasi rahasia, hingga penggunaan gambar ilegal.

6. Incident Responder
Peran utama seorang incident responder yaitu bertindak untuk mencegah serta mengatasi jika terjadinya insiden keamanan dengan mengidentifikasi dan melakukan analisis malware dan tools penyerang dalam perusahaan. Tahapan yang biasanya dilakukan, mulai dari mengenal tipe insiden, melakukan pengumpulan data, menganalisa dengan menentukan akibat dari penyerangan, melakukan pengawasan, penanganan, membangun kembali sistem yang telah diretas, hingga melakukan evaluasi akhir.

7. Penetration Tester
Mempunyai tugas yang hampir sama dengan hacker namun dalam persoalan yang positif, yaitu mencari celah keamanan dalam sistem perusahaan dan melakukan analisis secara mendalam. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk menentukan dan mengetahui serangan-serangan yang bisa terjadi akibat kerentanan sistem, mengetahui hasil eksploitasi penyerang dan dampak bisnis apa yang disebabkan.

 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat