Ingin Buat Startup-mu Sendiri? Pastikan Jangan Abaikan 4 Hal Ini Ya! - IDS Digital College

Ingin Buat Startup-mu Sendiri? Pastikan Jangan Abaikan 4 Hal Ini Ya!

Beberapa tahun belakangan Start Up lagi booming banget nih. Apalagi semenjak adanya drama Korea dengan judul “Start Up” tayang di Netflix. Drakor yang dibintangi oleh Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk ini sukses bikin banyak orang lebih melek tentang startup itu sendiri.

 

Di Indonesia sendiri tren startup sudah muncul sejak beberapa tahun yang lalu. Banyak perusahaan startup yang didirikan khususnya di daerah ibukota dan kota-kota besar Indonesia lainnya. Dalam dua tahun belakangan ini juga media mainstream penuh dengan perusahaan startup raksasa yang ada di Indonesia dan sukses menerima dana jutaan dolar dari investor seperti GoJek, Bukalapak dan Tokopedia.

 

Keberhasilan startup ini mungkin menginspirasi kamu untuk membuat perusahaan startupmu sendiri. Bisa? Tentu saja bisa! Tidak ada yang tidak mungkin. Asal mau berusaha semua bisa dilakukan. Kamu hanya perlu mengingat satu hal, membuat startup berarti memulai semuanya dari bawah. Kamu harus membangun semuanya satu demi satu dan tidak boleh berhenti di tengah jalan.

 

Lalu apa yang harus kamu lakukan agar perusahaan startup-mu bisa berhasil dan tidak menemui kegagalan? Yuk simak beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membangun startup di bawah ini!

 

 

1. Pastikan Idemu Berguna Bagi Banyak Orang

 

Kesalahan utama akan gagalnya sebuah startup biasanya berada pada ide yang salah. Kebanyakan orang membuat startup hanya karena ingin memenuhi hobi mereka. Atau hanya karena “Kelihatannya asik juga kalau bikin ini”. Namun sebenarnya yang dibutuhkan adalah, “Bergunakah idemu untuk banyak orang?” “Bergunakah idemu untuk kehidupan nyata?” Jika hal-hal tersebut kamu abaikan, lantas untuk apa membuat startup? Siapa yang akan menjadi pengguna ide buatanmu? Siapa yang mau menjadi investor untuk idemu itu? Hal ini harus benar-benar kamu perhatikan.

 

Coba perhatikan sekelilingmu dan coba cari tahu apa permasalahan yang ada. Kemudian coba temukan solusinya. Jika kamu punya ide kreatif untuk menyelesaikan masalah itu, kamu bisa menggunakannya untuk ide bisnis startup-mu. Sehingga kamu bisa menemukan target awal konsumenmu.

 

 

2. Pilih Tim yang Tepat

 

Ini juga merupakan masalah utama dalam menentukan suksesnya sebuah startup. Karena membuat startup berarti kamu benar-benar memulai dari awal, sehingga kamu harus bisa memaksimalkan sebuah tim kecil untuk sebuah hasil yang besar. Memilih tim yang tepat berarti kamu benar-benar memilih orang yang kompeten di bidangnya. Yang paling penting dalam sebuah tim ini harus bisa membangun sebuah relasi kerja dan pertemanan yang solid agar semua anggota tim bisa bekerja dengan nyaman dan kerjasama yang terjalin benar-benar solid untuk mencapai sebuah tujuan yang sama.

 

 

3. Kenali Target Pasarmu

 

Ini merupakan sesuatu yang paling penting. Jika kamu tidak tahu target konsumenmu,maka bagaimana bisa kamu menjual produkmu ke pasaran? Bagaimana kamu bisa menarik investor? Kenali lebih jauh dan lebih dalam tentang target marketmu. Pelajari dengan betul segmentasi pasarmu. Mulai dari usia target hingga penghasilan mereka. Lalu kenali pola trend juga, karena selera masyarakat yang terus berkembang dan berubah. Tetaplah update untuk selalu mengenali target pasarmu.

 

 

4. Perhatikan Kompetitor

 

Ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Kamu harus mempelajari bagaimana keadaan kompetitor. Apa yang mereka lakukan, apa yang mereka tawarkan dan bagaimana pola kerja mereka. Dengan mempelajari kompetitor, kamu akan mengerti apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa mencari celah dimana apa yang tidak bisa dilakukan kompetitor, kamu bisa menawarkan apa yang tidak bisa ditawarkan oleh mereka. Kamu juga bisa belajar dari mereka. Seperti saat kompetitor melakukan sebuah campaign namun tidak berhasil, hal ini bisa kamu jadikan sebagai sebuah pembelajaran yang berharga.

 

Kamu berminat membuat start up atau bekerja di perusahaan startup? Kamu bisa kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat