Yuk, Cari Tahu Profesi yang Bisa & Tidak Bisa Digantikan Oleh AI! - IDS Digital College

Yuk, Cari Tahu Profesi yang Bisa & Tidak Bisa Digantikan Oleh AI!

Dengan adanya AI (Artificial Intelligence) di dubai yang serba digital ini sangat memudahkan banyak pekerjaan. AI merupakan sebuah terobosan baru, dimana kecerdasan buatan ini sangat berguna dan mampu berfikir dan memberikan respon layaknya seorang manusia. Maka tak heran jika banyak orang yang mengkhawatirkan pekerjaannya akan tergantikan jika AI semakin canggih dan diterapkan dimana saja.

 

Hingga saat ini, hampir semua sektor industri menerapkan AI pada pekerjaannya. Lalu adakah pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh AI? Tentu saja ada, berikut daftarnya.

 

  • Pengukir
  • Ahli kimia
  • Paramedis
  • Operator telepon
  • Petani’
  • Pemandu wisata
  • Pemeriksa surasi wisata
  • Pegawai bea cukai
  • Ahli kimia
  • Agen perjalanan
  • ATC atau Air Traffic Controller pada lalu lintas udara

 

Itulah beberapa kemungkinan pekerjaan yang akan tergantikan oleh robot atau AI. Namun, perlu kamu tahu meskipun pekerjaan ini menggunakan bantuan AI atau robot sekalipun, tetap dibutuhkan manusia untuk mengoperasikannya.

 

Meski hampir seluruh pekerjaan di sektor industri bisa digantikan dengan AI, akan tetapi ada juga jenis pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia. Ini dia daftar pekerjaannya.

 

 

1. Penulis 

 

Seorang penulis akan sulit digantikan oleh robot. Karena menulis membutuhkan kreatifitas dan imajinasi. Untuk memiliki itu robot tidak bisa melakukannya, robot hanya bisa melakukan hal yang practical. Untuk urusan ini otak manusia tidak bisa dikalahkan oleh robot. Khususnya untuk penulis cerita dongeng dan fiksi sangat mustahil untuk digantikan oleh robot sekalipun dengan kecerdasan buatan yang memiliki rasa empati. Karena itu ini merupakan pekerjaan yang sangat tidak mungkin digantikan oleh robot atau AI.

 

 

2. Dokter atau Ahli bedah 

 

Ini adalah pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot atau AI. AI dan robot memang akan sangat memudahkan dalam mendiagnosa pasien dan membantu dalam proses pembedahan namun tetap saja, untuk mengoperasikan itu membutuhkan sentuhan tangan ahli dokter yang lebih mengerti.

 

Karena itu sangat riskan jika menggantikan peran dokter dan ahli bedah sepenuhnya kepada robot atau AI. Sebab hal ini berhubungan dengan kesehatan manusia yang bisa berujung dengan kematian jika ditangani dengan cara yang salah.

 

 

3. Psikiater

 

Secanggih apapun robot dan AI mereka tidak akan pernah bisa memahami seluk beluk kerumitan keadaan jiwa dan pola pikir manusia. Karena itu, meskipun ada robot yang mengerti tentang perasaan empati dan simpati namun hal itu tidak cukup besar untuk bisa memahami dan menyembuhkan permasalahan mental yang dihadapi manusia.

 

Inilah yang membuat sangat tidak mungkin psikiater digantikan oleh robot atau AI. Jadi jika kamu berada di profesi ini, kamu tidak perlu khawatir.

 

 

4. Insinyur Robot

 

Namanya saja Insinyur robot, maka sudah jelas tidak bisa digantikan oleh robot. Bagaimana tidak? Karena merekalah yang membuat robot-robot itu. Robot yang pintar dibuat oleh manusia yang lebih pintar, sehingga insinyur robot harus tetap ada untuk tetap bisa menghasilkan robot-robot hebat lainnya.

 

Kamu berminat untuk mempelajari lebih jauh dalam pembuatan AI? Yuk, kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat