Ingin Memilih Karir Sebagai Software Engineer? Kamu Harus Cek 6 Fakta Menariknya! - IDS Digital College

Ingin Memilih Karir Sebagai Software Engineer? Kamu Harus Cek 6 Fakta Menariknya!

Saat ini pekerjaan di bidang IT menjadi banyak peminatnya, karena bagaimanapun kita sudah memasuki zaman digital dimana semuanya sudah serba komputer dan internet. Karena itu banyak yang berminat untuk berkarir di bidang IT. 

 

Sudah jenjang karir yang menjanjikan, gaji yang menggiurkan lapangan kerja juga terbuka lebar untuk kamu yang kuliah di jurusan Teknik Informatika. Ingin berkarir di bidang IT khususnya Software Engineer? Sebelum itu yuk simak 6 fakta menarik tentang Software Engineer yang harus kamu tahu. 

 

 

1. Prospek Pekerjaan yang Tinggi

 

Karir di bidang software engineer tumbuh dengan pesat, diprediksi akan tumbuh sebanyak 17% selama 10 tahun ke depan. Presentase ini bisa terus bertambah karena semakin banyak orang yang memerlukan tenaga software engineer dalam melindungi perangkat lunak dan informasi mereka. Untuk bekerja dalam bidang ini kamu memang tidak harus dari lulusan Teknik Informatika, karena banyak kursus dan program gratis online yang mengajarkan kamu tentang pemrograman seperti camp coding. Namun tetap saja, jika kamu benar-benar ingin menggeluti karir di bidang ini alangkah baiknya memilih jalur pendidikan jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. 

 

 

2. Gaji yang Besar

 

Sudah bukan rahasia umum kalau bekerja dalam bidang ini kamu akan memperoleh gaji yang cukup besar. Mulai dari Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000 per bulan. Jika kamu memiliki pengalaman lebih dan jam terbang yang tinggi, maka gaji kamu juga akan semakin tinggi. Kamu bisa mendapatkan Rp 30.000.000 per bulan. 

 

 

3. Tugas yang Dilakukan

 

Jika kamu menjadi seorang software engineer maka kamu akan bertugas menganalisa, merekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasi dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi. Intinya, jika terjadi suatu masalah dalam perangkat lunak maka kamu akan mencari solusi untuk menyelesaikannya. Kamu akan membuat konsep engineering dalam merancang software yang sesuai dengan kebutuhan user. Sehingga kamu membutuhkan keahlian yang cukup banyak, mulai dari desain, analisis, pengembangan program, menggunakan berbagai tools dan masih banyak lagi. 

 

 

4. Bisa Bekerja untuk Perusahaan Teknologi

 

Jika kamu adalah seorang software engineer kamu bisa berekspektasi untuk bekerja di perusahaan teknologi. Meskipun saat ini hampir semua perusahaan di bidang apapun membutuhkan software engineer namun data menunjukkan bahwa 33% software engineer akan bekerja dalam desain dan layanan lainnya, sedangkan 4% yang bekerja langsung dalam manajemen teknologi perusahaan, 8% di manufaktur elektronik dan komputer, 8% di finance dan asuransi dan 8% lainnya di software publisher.

 

 

5. Satu Lingkup Kerja dengan Orang-Orang Hebat

 

Biasanya software engineer tidak bekerja sendirian melainkan dalam satu tim. Dalam satu tim itu kamu akan berkumpul dengan orang-orang hebat yang memiliki keahlian yang berbeda. Jika tergabung dalam perusahaan besar biasanya dalam satu tim terdiri dari UI/UX designer, mobile developer, backend engineer, security engineer, product manager, project manager, frontend engineer, quality assurance, DevOps dan masih banyak lagi. 

 

 

6. Lapangan Kerja yang Luas

 

Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini, mulai dari perusahaan startup, perusahaan teknologi, instansi pemerintahan, rumah sakit, perbankan, hingga perusahaan digital juga membutuhkan profesi ini. Meskipun cakupan pekerjaan yang dibutuhkan kapasitasnya berbeda tergantung di perusahaan mana kamu bergabung, namun menjadi seorang software engineer sangat menguntungkan karena di era digital ini siapa sih yang nggak butuh software engineer? 

 

Jika kamu berminat untuk masuk ke ranah karir ini kamu bisa bergabung bersama IDS Digital Collage untuk wujudkan impianmu menjadi seorang software engineer

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat