Nggak Semua Hacker Itu Jahat, Lho. Yuk, Cari Tahu Kerjaan Hacker Baik! - IDS Digital College

Nggak Semua Hacker Itu Jahat, Lho. Yuk, Cari Tahu Kerjaan Hacker Baik!

Mendengar kata hacker, yang pertama kali terlintas tentu seseorang dengan skill IT mumpuni dengan niatan buruk, alhasil hacker pun sering dicap negatif. Padahal sebagaimana ada hacker jahat (black hat) ada juga hacker baik atau dikenal dengan white hat yang membantu banyak orang, seperti yang bakal ulas di bawah ini.

 

Hacker Baik Stop Serangan Cyber Terburuk Dalam Sejarah

Kejahatan di era digital saat ini sungguh mengerikan, salah satunya yang menyerang orang banyak adalah ransomware WannaCry. Layaknya pandemi, salah satu serangan cyber terburuk dalam sejarah ini bisa menyebar ke 100 negara hanya dalam waktu singkat. Dampaknya juga sangat merugikan, jika jaringan terinfeksi, maka data-data pentingnya dikunci oleh malware ganas ini kecuali menebusnya dengan sejumlah besar uang.

Malware ganas ini juga tak pandang bulu ataupun memperhatikan sisi kemanusiaan, tak hanya perusahaan mobil dunia seperti Renault, ratusan rumah sakit di Inggris juga menjadi korban. Akibatnya, tentu saja kegiatan operasional rumah sakit menjadi tidak optimal lantaran data-data penting pasien mereka ‘dikunci’ oleh malware ganas ini.

Di tengah serangan malware menakutkan ini muncul pahlawan penyelamat yang mampu menghentikan WannaCry ini. Seorang pemuda berusia 25 tahun asal Inggris menemukan vaksin penyelamat. Pemuda dengan akun twitter @MalwareTech yang kemudian diidentifikasi sebagai Marcus Hutchins ini membuat ‘killswitch‘ untuk menghentikan serangan WannaCry tersebar semakin luas.

Yang dilakukan Marcus ini membutuhkan skill seperti hacker, namun ia menggunakan skill-nya tadi untuk kepentingan baik. Sehari-hari ia berprofesi sebagai cyber security analyst, pekerjaan utamanya adalah melacak dan menghentikan kejahatan siber internasional seperti yang ia lakukan saat menghentikan malware ganas WannaCry tadi. Sekarang percaya khan jika tidak semua hacker itu jahat?

 

Hacker Baik Melindungi Perusahaan Dari Serangan Hacker Jahat

Cerita selanjutnya datang dari benua Asia, tepatnya dari negara Pakistan. Negara ini menjadi tempat tinggal, Ahsan Tahir, pemuda berusia 16 tahun yang dikenal sebagai hacker putih (white hat) yang handal. Di usianya yang masih muda, ia banyak direkrut perusahaan ternama untuk membantu mengatasi sistem keamanan mereka.

Yang Ahsan lakukan sama seperti hacker, ia bertugas menjebol sistem keamanan perusahaan yang menyewanya, lalu melaporkannya agar bisa diperbaiki. Dari pekerjaannya ini, Ahsan menerima upah yang tak bisa dibilang sedikit. Untuk ahli peretas bersertifikat, bayaran yang diterimanya berada di kisaran $24,760 – $ 111,502 per tahunnya!

 

Banyak Hacker Belajar Secara Otodidak

Baik Marcus dan juga Ahsan mengaku mendapatkan kemampuan mereka saat ini secara otodidak. Generasi Y seperti mereka yang sudah familiar dan bersentuhan dengan sejak kecil memang punya potensi besar untuk unggul di bidang tersebut.

Apalagi media informasi dan pembelajaran saat ini bisa dengan mudah diakses. Berbekal dengan menonton video tutorial di youtube dan membaca blog, kamu bisa bereksperimen sendiri mencoba yang dilakukan oleh hacker dalam skala kecil. Dalam ceritanya, Ahsan malah mengaku jika keluarganya tidak memiliki background teknologi sama sekali. Awal mula ia tertarik mendalami ilmu hacking ini setelah situs pribadinya diretas. Dari momen itu, ia kemudian tertarik untuk belajar metode hacking.

 

Kehadiran Hacker Baik Semakin Banyak Dibutuhkan

Seiring dengan penetrasi dunia digital yang semakin merambah ke banyak aspek, maka kebutuhan orang yang ahli di bidang cyber security ini juga semakin meningkat. Dunia butuh lebih banyak Marcus Hutchins dan Ahsan Tahir untuk memerangi kejahatan di dunia siber yang kini semakin tak terkendali karena lebih sulit untuk diberantas, atau bahkan susah untuk menemukan pelakunya. Tak menutup kemungkinan jika nanti perang juga akan terjadi di dunia maya. Jika benar demikian, siapa lagi tentara yang bisa kita andalkan jika bukan para hacker baik ini, bukan begitu?

 

Hmmm, tertantang untuk memiliki profesi sebagai seorang hacker atau ingin belajar lebih jauh di Program Software Engineering? Kuliah sambil kerja aja di IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat