Mimpi Jadi Game Developer? Kamu Wajib Punya 5 Kualitas Ini! - IDS Digital College

Mimpi Jadi Game Developer? Kamu Wajib Punya 5 Kualitas Ini!

Siapa sih yang nggak pengen bikin game sendiri? Apalagi buat kamu gamers sejati, pasti pernah berpikir ingin membuat gamemu sendiri, bukan? Buat kamu yang suka main video game, pernahkah berfikir bisa nggak ya kamu kerja sebagai game developer? Tentu saja jawabannya ya! Nggak ada yang nggak mungkin asal kita mau berusaha bukan? 

 

Lalu kualitas apa aja sih yang harus kamu punya biar bisa jadi game developer? Tenang, lihat jawabannya di bawah ini!

 

 

1. Pendidikan yang Sesuai

 

Untuk menjadi seorang game developer kamu nggak bisa sembarangan milih jurusan ya. Tentu saja akan super duper sulit walaupun nggak menutup kemungkinan buat jurusan lain masuk ke dunia game developer, tapi yang pasti kalau kamu kuliah di jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, kesempatan untuk menjadi game developer semakin besar. Kenapa? Karena kamu akan mempelajari mulai dari dasar-dasarnya sehingga kamu bisa mengerti bidang mana yang cocok bagimu saat di pekerjaan nanti. 

 

 

2. Kreativitas

 

Ini salah satu yang paling penting. Nggak punya kreativitas? Kamu akan super kesulitan untuk terjun di bidang ini. Kenapa? Ya karena kamu harus punya kreativitas untuk membuat alur cerita game, membuat desain game, membuat karakter game, membuat konsep game dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak memiliki kreativitas kamu akan kesulitan dalam hal ini. Terlebih lagi saat membuat sebuah game harus memperhatikan detail yang sebaik-baiknya karena sedikit kesalahan saja akan merugikan pemain dan membuat mereka mudah meninggalkan game kita. Selain itu, para tokoh dan karakter game tidak asal dibuat begitu saja. Membuat karakter itu sendiri saja sudah membutuhkan kreativitas yang tinggi, belum lagi kamu harus membuat background story-nya. 

 

 

3. Suka Game

 

Percuma kamu memiliki kreativitas tapi nggak suka main game. Karena perusahaan developer video game sudah menerapkan kalau kamu harus suka main game dulu untuk mendaftar bekerja di perusahaan mereka. Jadi dalam periode recruitment mereka mencari seseorang yang tidak hanya punya skill canggih dalam dunia game developer tapi juga seorang maniak game. Karena jika kamu tidak memahami permainan kamu akan mudah merasa puas, mudah jenuh, dan mudah tertekan. Karena bekerja sebagai game developer berarti kamu akan bekerja di bawah tekanan dengan deadline yang tinggi, menuntut detail yang spesifik dan kesempurnaan, belum lagi akan selalu ada pengembangan dalam setiap game yang dibuat. Jika kamu pecinta game kamu akan lebih bersemangat dan tidak mudah puas dalam mengerjakan pekerjaanmu. Selain itu dengan menjadi game developer kamu akan lebih memahami bagaimana selera pemain, apa tren game masa kini, apa yang biasanya dibutuhkan seorang pemain dan masih banyak lagi. 

 

 

4. Komunikasi

 

Jangan salah, kamu harus punya public speaking yang bagus terlebih lagi saat berhadapan dengan klien atau investor. Kamu harus pandai meyakinkan investor dengan kata-katamu agar mereka memilih untuk berinvestasi dalam gamemu. Selain itu selama proses pengembangan kamu juga akan berkomunikasi dengan quality assurance tester yang bertugas untuk menguji game sedetail-detailnya untuk memberikan feedback yang dibutuhkan. 

 

 

5. Multitasking

 

Nah sebagai game developer kamu dituntut untuk bisa multitasking terlebih saat melakukan pemrograman. Kamu harus bisa menyelesaikan masalah yang ada, dan mengoreksi berbagai error dalam kode yang dibuat. Karena itu memilih jurusan yang tepat sangat dibutuhkan jika ingin memilih karir ini. Tertarik untuk menjadi game developer? Kamu bisa bergabung sekarang bersama IDS Digital Collage untuk kuliah Program Mobile Apps & Game Developer demi wujudkan impianmu! 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat