Ini Cara Agar Game Kamu Laku Dan Terkenal - IDS Digital College

Ini Cara Agar Game Kamu Laku Dan Terkenal

Game, berasal dari bahasa inggris yang artinya permainan. Sejak era digital sekarang, game menjadi digemari oleh anak-anak sampai orang tua sekalipun. Adapun kita bisa bermain game dengan orang lain yang jauh tanpa tatap muka sekalipun, yang biasa kita sebut game online

Sekarang sudah banyak game online yang laku dan terkenal, karena fitur dari game itu sendiri, kita bisa berbicara dengan lawan game kita tanpa kita tatap muka langsung. Semakin berkembangnya era digital ini, membuat permainan game semakin banyak, dan itu membuat gamer sangat bahagia .

Menurut ligagame indonesia, game sendiri muncul diindonesia sekitar 15 tahun yang lalu, dan seiring perkembangan zaman game online muncul di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Diindonesia mulai bermunculan namanya publisher, yakni perusahaan atau individu yang memiliki hak eksklusif untuk menerbitkan setiap judul game.

Pada awal perjalanannya game online memang mendapatkan sambutan yang sangat baik bagi masyarakat di kalangan 2000-an. Namun saat munculnya game online dari tahun diluncurkannya sampai tahun 2004 . Ini menjadi masa yang sulit bagi pasar game online. Pada saat diluncurkannya game online banyak sekali perusahaan atau individu yang berbondong-bondong bersaing untuk memasarkan game online. Dan masa jaya game online itu setelah tahun 2004. 

Di indonesia, secara bisnis industri game mulai berkembang, karena game dari luar negri banyak yang masuk ke indonesia. Namun, developer lokal yang mengembangkan game dengan copyright sangat kesulitan karena tingginya biaya pengembangan setiap judul game yang akan dikeluarkan. 

Pada saat itu , untuk mengembangkan satu judul game saja bisa menelan biaya sebesar 20 miliar  Sekarang anggaranya bisa mencapai 100 miliar untuk membuat sebuah game dengan grafis yang sangat bagus. ini hanya biaya pengembangannya saja, belum biaya dengan yang lain-lain. 

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang mempunyai talenta bermunculan, untuk menggeluti dunia game. Pada tahun 2005 sampai 2006 mulainya developer lokal yang handal, meskipun masih menerima orderan game dari luar negeri. 

Para perusahaan game juga sangat menginginkan agar game yang di keluarkan sendiri itu bisa laku dan terkenal. Ada beberapa cara agar game kita terkenal yang pertama kali harus banget dilakuin yaitu tingkat kenyamanan pengguna dimana hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita meluncurkan suatu game karena banyak sekali developer game lebih mementingkan mencari pengguna sebanyak-banyaknya tetapi tidak mementingkan aplikasi game itu sendiri. 

Hal itu sangat memicu kurangnya kenyamanan pengguna game terhadap aplikasi gamenya sendiri dan malah mengakibatkan banyaknya pengguna yang tidak lagi menggunakan aplikasi game tersebut atau bahkan uninstall. Penting untuk selalu mengingat bahwa aplikasi game buatan kita selalu memberikan hal terbaik pada pengguna. 

Kita sebagai pembuat aplikasi game juga harus berinteraksi dan menanggapi setiap saran dan komentar pengguna aplikasi game tersebut. Melalui feedback dari pengguna tentunya sebagai developer aplikasi dapat mengerti apa yang diinginkan pengguna, apa yang menjadi masalah pada pengguna, fitur apa saja yang harus diperbaiki dan lain sebagainya. Jadi sebagai pembuat aplikasi game sangat penting diperhatikan mengenai sisi aplikasi dan kenyamanan pengguna dibandingkan fokus untuk terus meningkatkan jumlah penggunanya . 

Anton Soeharyo, CEO dan Founder Touchten Games, mengatakan langkah yang harus diperhatikan juga oleh para developer adalah menghadirkan tampilan luar game yang catchy atau istilahnya menarik bagi gamer. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ikon yang unik, ulasan di screenshots yang menarik, serta menentukan keyword yang familiar. 

Anton yang telah berpengalaman menciptakan game bersama Touchten Games menyebut bahwa faktanya 80% gamer men-download game dari kolom pencarian terlebih dahulu daripada mempertimbangkan rating game itu sendiri. Karenanya, kata kunci menjadi hal yang fundamental untuk diperhatikan oleh para developer game. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat