Instagram Down? Ada apa Dengan META? - IDS Digital College

Instagram Down? Ada apa Dengan META?

Semalam, Senin (31/10/2022) banyak pengguna Instagram mengeluhkan tentang layanan Instagram yang down atau eror. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 20.40 WIB. Tentunya hal ini membuat kepanikan. Pasalnya tak sedikit akun yang tiba tiba terkena suspend, padahal mereka tidak merasa telah melanggar aturan yang telah diberikan. 

Sejumlah laporan yang di suarakan oleh pengguna Instagram adalah akun mereka yang terkena suspend atau penangguhan akun, dan tidak bisa login. Sejumlah netizen melaporkan Instagram down malam ini 31 Oktober 2022. Beberapa pengguna aplikasi tersebut mengaku akunnya kena suspend tanpa alasan yang jelas.

“We are suspended your account on 31 October 2022,” kata notifikasi yang dikirim pihak Instagram pada pengguna.

Instagram down

Selain akun yang terkena suspend masal, ada juga pengguna Instagram yang mengeluh tidak bisa melihat postingan, Stories di linimasa/timeline mereka. Keluhan lain dari pengguna adalah jumlah follower yang tiba-tiba berkurang drastis.

Tentunya hal ini membuat Tagar #instagramdown di Twitter menempati daftar topik yang sedang ramai dicuitkan oleh pengguna di Indonesia dan dunia. Akibat masalah tersebut, Instagram minta maaf via Twitter ke seluruh penggunanya di seluruh dunia yang terdampak gangguan tersebut.

“Kami sadar beberapa dari kalian sedang mengalami masalah saat ingin mengakses akun Instagram. Kami sedang memeriksa masalahnya dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” terang Instagram dalam cuitannya di Twitter pada Selasa malam. 

Fakta menarik dari kejadian ini adalah akun bintang sepak bola Cristiano Ronaldo yang memiliki pengikut terbanyak di platform Instagram tampaknya telah kehilangan 3 juta dari 493 juta pengikut yang dimilikinya sehari. Dan menurut Forbes, jutaan pengguna mungkin telah terdampak dari aplikasi yang bermasalah ini. 

Sebelum Instagram down, whatsapp juga beberapa hari lalu mengalami gangguan seperti tidak bisa mengirim pesan dan menerima pesan. 

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya bertanya. Apa yang sebenarnya terjadi dengan META? Sebagai induk dari Whatsapp dan Instagram. Meskipun masalah ini sudah selesai diatasi, seperti yang dikatakan Per Selasa pagi ini, Instagram menyatakan telah berhasil mengatasi masalah tersebut. “Kami telah mengatasi bug ini sekarang, ini menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut. Maaf!” tulis akun @InstagramComms.

Instagram down

META sendiri adalah perusahaan Facebook yang diubah namanya oleh Mark Zuckerberg. Perubahan nama ini dilakukan sebagai upaya dari Chief Executive Officer Mark Zuckerberg untuk mengalihkan fokus perusahaan ke pengalaman digital yang imersif.

Sedangkan tujuan dari didirikannya Meta adalah membangun teknologi yang dapat membantu orang untuk terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis. Meta berambisi untuk bergerak melampaui layar dua dimensi menuju pengalaman mendalam seperti augmented dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial.

Mark Zuckerberg mengungkap alasan perubahan ini untuk mengubah citra perusahaannya, yang berawal dari perusahaan sosial media menjadi cakupan perusahaan yang lebih luas. Perubahan ini pun resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc. pada 29 Oktober 2021.

Tak sembarangan memilih nama, ia berujar bahwa pemilihan nama meta biasa digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru. Menurut Zuckerberg, Meta bisa menjadi masa depan internet seluler yang bisa diandalkan. Sebab, selama ini manusia sudah sangat mengandalkan internet untuk saling berinteraksi.

Ada 3 platform yang berada dibawah META saat ini dan banyak dari kalian pasti menggunakan 3 platform ini. Platform ini sendiri banyak diminati oleh masyarakat. Paltfor, tersebut adalah Whatsapp, Instagram, bahkan Facebook itu sendiri.

Sebagai perusahaan yang menaungi ke 3 platform ini, META sendiri tidak pernah membocorkan apa yang menjadi penyebab terjadinya keeroran yang dialami oleh Whatsapp dan Instagram. 

Posted in: News



    WhatsApp chat