Ketahui Jenis Hacker Berikut Ini - IDS Digital College

Tak Selalu Merugikan, Ketahui Jenis Hacker Berikut Ini!

Hacker seringkali dikaitkan dengan tidak kejahatan cyber yang merugikan. Padahal jenis hacker sendiri terdiri atas beberapa jenis yang punya fungsi dan tujuan berbeda. Pada artikel ini kita akan mengulas tentang jenis-jenis tersebut, sehingga kita mengetahuinya lebih jelas. Jika membahas tentang penjelasan apa itu hacker, mungkin hacker biasa dikenal dan diartikan sebagai orang dengan keterampilan pengoperasian komputer untuk melakukan akses ilegal pada suatu akun. Padahal hacker atau peretas adalah ahli komputer yang terampil yang menggunakan pengetahuan teknis mereka untuk mengatasi masalah.

Lalu jika selama ini banyak yang salah mengartikan hacker, apa saja sebenarnya jenis atau tipe dari hacker? Berikut jenis hacker!

  1. White Hat Hacker

white hacker

White hat hacker adalah seorang peretas yang biasanya membantu suatu bisnis. Mereka sering diminta untuk menemukan celah dalam sistem keamanan website atau aplikasi, kemudian juga membantu memberi solusi untuk suatu masalah. Tipe hacker ini juga sering disebut dengan ethical hacker. Mereka biasa dicari untuk membantu melindungi bisnis dan organisasi online dari berbagai macam kejahatan cyber.

  1. Black Hat Hacker

hacker

Kemudian yang kedua yaitu black hat hacker yang merupakan kebalikan dari white hat hacker karena mereka yang mengeksploitasi celah keamanan pada sistem maupun software secara ilegal. Tujuan dari kegiatan eksploitasi yang dilakukan tersebut adalah menyebarkan malware, mencuri data, mengambil alih atau bahkan melumpuhkan perangkat yang menjadi target.

  1. Grey Hat Hacker

grey hacker

Grey hat hacker berada di tengah-tengah antara white dan black hat hacker. Peretas jenis ini biasanya memang melakukan penerobosan akses suatu sistem atau jaringan tanpa izin. Akan tetapi mereka tidak menggunakan hal tersebut untuk kejahatan. Pelaku biasnaya akan mencari kelemahan keamanan pada suatu sistem atau jaringan tersebut. kemudian mereka menawarkan solusi untuk membantu mengatasi celah tersebut dengan imbalan tertentu. 

  1. Red Hat Hacker

red hacker

Selanjutnya ada pula jenis red hat hacker yaitu hacker atau peretas yang mencoba menemukan black hat hacker. Kemudia berupaya menghentikan usaha mereka dalam meretas suatu sistem atau jaringan. Jenis red hat hacker ini seringkali mengambil alih senjata yang digunakan oleh black hat hacker. Kemudian dilakukan  untuk menyerang balik perangkat black hat hacker. 

  1. Blue Hat Hacker

blue hat hacker

Ada juga jenis blue hat hacker yang fungsinya meretas perangkat atau jaringan individu, bisnis, atau organisasi. Hal itu biasa dilakukan sebagai langkah serangan balas dendam. Maka bisa jadi blue hat hacker ini dilakukan oleh seorang konsumen, mantan pegawai, atau pihak lain yang merasa kurang suka dengan pemilik perangkat atau akun tersebut.

  1. Green Hat Hacker

green hat hacker

Green hat hacker adalah jenis bagi hacker yang baru terjun dan belajar mengasah kemampuan mereka dalam dunia hacking atau peretasan. Biasanya, jenis ini memiliki ambisi tertentu untuk meningkatkan skill. Tujuannya adalah mendapatkan pengakuan dari komunitas hackers.        

  1. Script Kiddie   

Jenis terakhir yaitu script kiddie adalah hacker yang tidak menjalankan software-nya sendiri dalam kegiatan retas. Melainkan mereka mengunduh program yang sudah ada di internet. Bahaya dari jenis ini yaitu mereka akan memanfaatkan software tersebut untuk melancarkan serangan DDoS attack terhadap server maupun jaringan Anda.

Demikianlah ketujuh jenis hacker yang bisa kalian ketahui. Dari penjelasan jenis-jenis tersebut tentu kita lebih memahami bahwa tidak semua hacker menjalan kemampuannya untuk suatu hal yang buruk. Ada pula yang punya fungsi membantu keamanan dan sebagainya.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat