Apa Itu White Hat Hacker? Tugas dan Skill-nya - IDS Digital College

Mengenal White Hat Hacker yang Bantu Amankan Siber

Apa Itu White Hat Hacker?

Tahukah Kamu bahwa pada dasarnya, pengertian hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan suatu sistem atau jaringan untuk memperoleh akses tidak sah ke dalam sistem tersebut. Tapi tidak semua hacker itu jahat lho, ada beberapa jenis hacker yang memiliki tujuan baik yaitu white hat hacker atau ethical hacker. 

White hat hacker merupakan hacker bersertifikat yang memiliki keahlian dalam bidang keamanan cyber dan menggunakan kemampuan serta mendedikasikan dirinya untuk membantu membenahi lubang keamanan siber, baik di ranah pemerintah dan perusahaan. Mereka terdiri dari para pakar keamanan cyber yang melakukan peretasan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan memastikan apakah sebuah sistem sudah memiliki tingkat keamanan yang baik atau celah keamanan yang rentan disusupi oleh hacker jahat yang lain.

Instansi pemerintahan, perusahaan, dan organisasi biasanya mempekerjakan white hat hacker atau peretas topi putih ini untuk menguji sistem informasi yang mereka miliki. Para hacker tersebut kemudian melakukan pemindaian mendalam pada sistem jaringan perusahaan.  Tak jarang mereka menggunakan metode-metode yang juga mungkin digunakan black hacker. Para white hacker ini juga kerap melakukan percobaan mengelabui pegawai di suatu perusahaan agar mengklik tautan yang mengarah ke malware. Namun, white hacker inilah yang menjadi alasan waktu down dan isu pada website yang lebih sedikit pada beberapa organisasi besar.

White hat hacker ini merupakan salah satu jenis hacker yang tidak menggunakan kemampuannya pada tindakan kejahatan. Mereka mendedikasikan ilmunya meretas untuk hal yang positif yaitu membantu keamanan siber perusahaan dan pemerintahan umumnya.

Jika kalian memiliki suatu bisnis terutama yang bergerak di bidang online mungkin bisa menggunakan jasa hacker ini. Bayang-bayang peretasan akan sangat mungkin menghantui website ataupun aplikasi online bisnismu. Terutama bagi pemilik bisnis yang kompeten namun lengah menjaga keamanan data. Selain dengan melakukan berbagai cara-cara mengamankan website dari peretasan. Kalian juga bisa meminta bantuan jasa hacker topi putih untuk mengamankan.

Sebab kini black hat hacker sudah semakin pandai melakukan aksi peretasan. Mereka menemukan berbagai cara baru dengan melakukan peretasan tanpa disadari pemilik akun. Tindakan cybercrime yang dilakukannya akan merugikan kalian sebagai pemilik bisnis tentunya. Bisa dengan mencuri data penting bisnis, mencuri data konsumen dan sebagainya.

Upaya pencegahan lewat bantuan white hacker mungkin akan lebih baik sebelum terjadi peretasan. Akan lebih sulit memperbaiki website atau aplikasi bisnis sudah diretas. Selain meminta bantuan jasa hacker, pemilik website bisnis mungkin juga bisa melakukan antisipasi dengan sering melakukan backup data, rutin melakukan update software atau memasangkan aplikasi pengaman website.

Apa Tugas White Hat Hacker?

Jasa white hat hacker digunakan para pemilik perusahaan untuk menguji sistem informasi. Mereka akan menjalankan pemindaian mendalam pada sebuah jaringan untuk mencari malware. Kemudian mereka akan mencoba meretas sistem informasi tersebut dengan berbagai metode yang biasa digunakan oleh para black hat hacker. Tak jarang pula mereka mengelabui staf perusahaan agar mengklik sebuah tautan yang mengarah ke serangan malware.

Tindakan yang dilakukan tersebut guna mengetahui tingkat keamanan sistem informasi pada sebuah perusahaan. Jika white hat hacker ini menemukan celah yang tidak aman, mereka akan memberikan informasi dan solusi untuk perbaikan sistem. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa tugas white hat hacker adalah membantu menemukan kerentanan pada sebuah sistem yang sebelumnya sudah ditemukan black hat hacker.

Inilah langkah dan tools yang digunakan white hat hacker saat bertugas:

  • Melakukan penelitian pada target yang akan diretas.
  • Memindai sistem serta jaringan target dengan tools vulnerability scanners
  • Menyusun perencanaan serangan yang mencakup eksploitasi kerentanan perangkat lunak, kerentanan sistemik, atau manipulasi sosial.

Dengan berbagai tugas yang dimiliki white hat hacker, tentu menjadi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut karena white hat hacker akan membantu menjaga keamanan sistem jaringan yang ada. Lalu posisi jabatan apa yang bisa diduduki white hat hacker di perusahaan? 

Berikut diantaranya posisi jabatan white hat hacker di perusahaan:

  • Penetration tester
  • Cybersecurity analyst
  • Information security analyst
  • Intrusion detection analyst
  • IT security engineer
  • IT security administrator
  • Network security analyst

Mengapa White Hat Hacker dibutuhkan Perusahaan?

white hacker

Setelah mengetahui berbagai tugas seorang white hat hacker di atas. Inilah alasan mengapa perannya sangat penting di sebuah perusahaan.

1. Membantu meningkatkan keamanan sistem

Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat. Oleh sebab itu sudah banyak perusahaan yang mengadopsi inovasi penggunaan platform digital untuk membantu mengoptimalkan pekerjaan. Perusahaan pun menggunakan platform digital untuk memasarkan produk atau layanan mereka. Hal ini tentunya membuat perusahaan rentan menjadi target serangan cyber oleh para hacker. Para hacker mengincar data-data sensitif yang tersimpan di perusahaan tersebut.

Menghindari hal tersebut, perusahaan perlu merancang strategi meningkatkan keamanan sistem yang digunakannya. Salah satu caranya dengan menggunakan jasa white hat hacker yang telah memiliki solusi untuk menghindari serangan dari sudut pandang seorang hacker. 

Berdasarkan pengetahuan dan skill mendalam terkait keamanan cyber. White hat hacker akan melakukan pengujian rutin untuk memastikan keamanan sistem dalam keadaan optimal. White hat hacker akan lebih memahami infrastruktur teknologi informasi dengan baik. Selain itu mereka juga mampu melihat kelemahan dan risiko keamanan sistem jaringan secara menyeluruh. Dengan begitu, perusahaan dapat terhindar dari serangan cyber.

2. Melindungi data perusahaan

Perusahaan perlu menjaga keamanan data yang dimiliki sebagai salah satu aset berharganya. Pencurian data pernah dialami oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Serangan dilakukan oleh para hacker jenis black hat yang sengaja membobol sistem kemudian mengakses data-data perusahaan atau pelanggan secara ilegal.

Meski sudah berupaya menjaga keamanan data perusahan. Ingatlah bahwa hacker tak mudah menyerah! Mereka akan terus mencari cara untuk bisa meretas sistem keamanan pada aplikasi atau website milik perusahaan. Kemudian saat sebuah sistem sudah dapat dibobol oleh hacker, maka semua data dipergunakan untuk melakukan tindakan merugikan. Seperti penipuan, menggandakan kartu kredit, bahkan pemerasan. Tidak jarang pula data pribadi yang berhasil dicuri akan diperjual-belikan. 

Penyebab akses ilegal pada data sering terjadi karena adanya kerentanan pada suatu sistem. Kerentanan tersebut yang kemudian dimanfaatkan oleh black hat hacker untuk masuk ke dalam sistem. Kemudian white hat hacker yang bisa membantu perusahaan melakukan penetration testing secara rutin. Melalui penetration testing dapat menemukan celah keamanan suatu perusahaan agar bisa segera ditambal atau diperbaiki. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan sebelum black hat hacker menemukannya dan mengakses data-data penting di dalamnya. 

3. Melindungi reputasi perusahaan

Lemahnya sistem keamanan perusahaan tidak hanya merugikan perusahaan itu sendiri, melainkan juga pelanggan. Kekecewaan pelanggan pada sistem keamanan yang buruk bisa berimbas pada reputasi perusahaan yang sudah dibangun selama bertahun-tahun. Akibatnya, perusahaan akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan yang memberikan dampak pada perkembangan bisnis.

Untuk itulah perusahaan harus menjaga keberlangsungan bisnisnya melalui keamanan data pelanggan. Maka sebuah perusahaan membutuhkan pakar keamanan cyber yaitu white hat hacker. Mereka dapat melakukan Vulnerability Assessment untuk mengetahui berbagai informasi mengenai kelemahan keamanan sistem jaringan perusahaan. Selain membantu menjaga perusahaan dari serangan cyber, white hat hacker juga membantu perusahaan terhindar dari pelanggaran data yang menimbulkan denda atau tuntutan hukum.

Bagaimana Cara Menjadi White Hat Hacker?

jadi white hat hacker

Kemampuan ethical hacking yang dimiliki seorang hacker tak hanya membutuhkan kemampuan problem solving. Akan tetapi dibutuhkan juga keterampilan komunikasi , kemampuan untuk beradaptasi, pengambilan keputusan, dan kuat bekerja di bawah tekanan. Untuk menjadi white hat hacker profesional dibutuhkan itu semua serta motivasi kuat dalam pengetahuan keamanan cyber.

Jika saat ini Anda sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai jaringan komputer, maka bisa mulai mengikuti beberapa program training yang kompeten untuk bisa menjadi white hat hacker profesional yang bersertifikat. Beberapa training yang bisa diikuti diantaranya seperti:

1. Certified Network Defender (CND)

Menjadi seorang hacker perlu mempelajari berbagai komponen jaringan, traffic, topologi jaringan, kebijakan keamanan, dan berbagai konsep jaringan dasar lainnya. Selain itu, perlu juga memahami dasar-dasar pertahanan jaringan. Melalui program training CND ini, Anda akan mempelajari banyak hal. Beberapa hal yang akan dipelajari dalam training ini yaitu:

  • VPN
  • Berbagai protokol jaringan
  • Konfigurasi firewall
  • Analisis pemindaian kerentanan

2. Certified Ethical Hacker (CEH)

Selanjutnya ada pula training CEH yang menuntun Anda menjadi white hat hacker profesional. Untuk bisa menjadi demikian perlu memahami berbagai tools dan teknik hacking secara mendetail. Lewat program Certified Ethical Hacker dari EC- Council yang dirancang khusus untuk membangun keterampilan dan pengetahuan sebagai white hat hacker/ethical hacker. Anda akan diajarkan mengenai network scanning, vulnerability assessment, system hacking, cryptography, SQL Injection, IoT hacking, dan berbagai konsep penting yang lain. 

3. EC-Council Certified Security Analyst (ECSA)

EC-Council Certified Security Analyst atau ECSA adalah training lanjutan untuk melengkapi Certified Ethical Hacker (CEH). Program ECSA akan memperluas pengetahuan mengenai berbagai tools dan dan teknik peretasan ke tingkat berikutnya. Pada training ini akan diajarkan metodologi yang tepat untuk melakukan penetration testing, seperti:

  • Network penetration testing
  • Web application penetration testing
  • Wireless penetration testing
  • Cloud penetration testing
  • Database penetration testing
  • Social engineering penetration testing

4. Licensed Penetration Tester (LPT)

Terakhir yaitu training Licensed Penetration Tester (LPT) yang bisa menambah kredibilitas seorang white hat hacker.  Program LPT ini dirancang untuk menguji konsep dan teknik penetration testing Anda sebagai seorang white hacker. Beberapa yang akan diujikan pada program ini, antara lain sebagai berikut:

  • OS vulnerabilities exploitation
  • Host-based application exploitations
  • Multi-level pivoting
  • Privilege escalation
  • RFI/LFI
  • SQL injection
  • SSH tunneling, dan lain-lain

Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, maka diketahui bahwa white hat hacker melakukan peretasan pada sistem dengan tujuan yang baik. Mereka menawarkan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya untuk melindungi sistem perusahaan. Dengan tujuan terhindar dari serangan cyber yang dilakukan oleh black hat hacker. Kerja sama antara perusahaan dan white hat hacker bersertifikat memberi kepercayaan kepada konsumen atau pelanggan bahwa perusahaan telah mempraktikkan teknik keamanan sistem terbaru. Selain itu, white hat hacker juga menjaga kerentanan pada sistem terhadap eksploitasi yang dilakukan oleh black hat hacker.

Dari penjelasan lengkap mengenai apa itu white hat hacker, tentu dapat dipahami pentingnya cyber security dalam sebuah perusahaan. Keamanan sistem yang baik tentu akan menjaga perusahaan dari berbagai serangan cyber dan kerugian finansial. Untuk itu, suatu perusahaan membutuhkan peran white hat hacker.  Jangan bingung mencari bantuan white hat hacker, Anda bisa menghubungi tim LOGIQUE. Tersedia tim ethical hacker profesional bersertifikat yang menguasai berbagai teknik hacking. Tim ethical hacker dari LOGIQUE juga memiliki pengetahuan, skill, dan tools yang canggih untuk membantu meningkatkan keamanan sistem cyber perusahaanmu.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat