Langkah Mudah Melindungi Website dari Serangan Hacker - IDS Digital College

5 Langkah Mudah Melindungi Website dari Serangan Hacker

Saat ini tak sedikit website mendapatkan serangan hacker. Hal ini banyak dialami oleh pemilik website bisnis dan website pribadi. Hal ini biasanya dilakukan oleh black hat hacker yang meretas akses masuk secara ilegal. Tujuannya biasanya untuk mencuri informasi pribadi yang merugikan. Maka perlu bagi para pemilik website mungkin perlu mengetahui langkah mudah untuk melindungi website mereka dari serangan peretasan.

Serangan peretasan dilakukan dengan beragam cara yang tergetnya adalah website dengan reputasi terpercaya. Sebab dengan begitu mereka akan mendapatkan hasil keuntungan yang besar. Contohnya seperti website milik lembaga pemerintahan, perbankan, atau lembaga keuangan serta perusahaan besar. Ada beberapa aksi kejahatan dalam dunia maya yang biasa dilakukan hacker. Diantaranya yaitu Malware, pharming, Denial of Service (DoS), Man in the Middle, dan Cross-Site Scripting (XXS).

Ancaman dari hacker tersebut kini sudah mulai meresahkan dan sulit dikendalikan. Pasalnya hacker mulai melakukan peretasan dengan cara-cara baru sehingga bisa membajak tanpa disadari pemiliknya. Hal inilah yang membuat para pemilik website merasa cemas. Lalu langkah apa yang perlu disiapkan untuk mengamankan website milik kita?

Berikut 5 langkah mudah melindungi website dari serangan hacker!

  1. Lakukan backup data

backup data

Backup data adalah salah satu upaya dini agar website aman dari serangan hacker. Lakukanlah backup data sesering mungkin agar tidak kehilangan data penting terbaru saat mendapat serangan peretasan. Caranya dengan membuat satu tempat menyimpan data namun pastikan kamu yakin dat tersebut aman dan tidak akan hilang.

  1. Gunakan firewall

firewall

Aplikasi firewall merupakan aplikasi yang menyediakan fitur memblokir serangan yang dilakukan hacker. Selain itu juga bisa menyaring spammer dan bot yang terdeteksi berbahaya bagi website. Firewall akan membaca dan melakuka deteksi pada setiap bit data yang melewatinya. Kemudian aplikasi ini mampu memblokir situs tertentu yang berpotensi menyerang website lain.

  1. Gunakan SSL

Secure Socket Layer (SSL)

Secure Socket Layer (SSL) dapat digunakan untuk mentransfer informasi antara website dan database namun diamankan dengan protokol yang sudah terenkripsi. Sehingga ini akan menyulitkan para hacker untuk masuk ke website yang sudah terlindungi SSL. Bagi pemilik website bisnis, SSL ini juga tak hanya memberikan proteksi atau keamanan dari serangan hacker tetapi juga meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap websitemu.

  1. Update software dan aplikasi

update software

Cara selanjutnya adalah dengan rajin melakukan update software dan aplikasi. Meksi ini adalah cara yang mudah dilakukan namun masih banyak pemilik website yang tidak melakukan hal ini. Sebaiknya jangan menunda melakukan update pada software dan aplikasimu, sebab ini juga akan memudahkan hacker mendapatkan datamu.

  1. Memilih Cloud Hosting Terpercaya

cloud hosting

Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi internet dan digital, saat ini telah tersedia cloud computing. Cloud computing dipercaya lebih aman bagi website dan memiliki performa yang baik bagi pemilik website bisnis online. Di Indonesia juga kini tersedia banyak layanan housting dengan jaminan keamanan dari serangan hacker. Namun kita perlu tetap selektif memilih penyedia layanan hosting tersebut.

Itulah beberapa langkah mudah melindungi website dari serangan hacker. Jika kamu pemilik website atau berniat membuat website bisnis maka perlu memperhatikan ancaman serangan hacker. Cobalah gunakan beberapa cara di atas sebagai langkah proteksi pada website dari kerugian diretas.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat