Kamera OnePlus 8 Pro Bisa Menangkap Gambar Tembus Pandang - IDS Digital College

Kamera OnePlus 8 Pro Bisa Menangkap Gambar Tembus Pandang

Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk “ruang gelap”, mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya.

Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak jenis kamera potret.

Kamera berawal dari sebuah alat serupa yang dikenal dengan Kamera Obscura yang merupakan kotak kamera yang belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan. Pada abad ke 16 Girolamo Cardano melengkapi kamera obscura dengan lensa pada bagian depan kamera obscura tersebut. 

Meski demikian, bayangan yang dihasilkan ternyata tidak tahan lama, sehingga penemuan Girolamo belum dianggap sebagai dunia fotografi. Pada tahun 1727 Johann Scultze dalam penelitiannya menemukan bahwa garam perak sangat peka terhadap cahaya namun dia belum menemukan konsep bagaimana langkah untuk meneruskan gagasannya.

Pada tahun 1826, Joseph Nicepore Niepce mempublikasikan gambar dari bayangan yang dihasilkan kameranya, yang berupa gambaran kabur atap-atap rumah pada sebuah lempengan campuran timah yang dipekakan yang kemudian dikenal sebagai foto pertama. 

Kemudian, pada tahun 1839, Louis Daguerre mempublikasikan temuannya berupa gambar yang dihasilkan dari bayangan sebuah jalan di Paris pada sebuah pelat tembaga berlapis perak. Daguerre yang mengadakan kongsi pada tahun 1829 dengan Niepce meneruskan program pengembangan kamera, meski Niepce meninggal dunia pada 1833 

Mengembangkan kamera yang dikenal sebagai kamera daguerreotype yang dianggap praktis dalam dunia fotografi, dimana sebagai imbalan atas temuannya, Pemerintah Prancis memberikan hadiah uang pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan keluarga Niepce. Kamera daguerreotype kemudian berkembang menjadi kamera yang dikembangkan sekarang.

Dengan  teknologi  yang makin berkembang ini , muncullah banyak kamera digital dengan modelnya masing-masing . Apasih kamera digital itu ? Kamera digital adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk memvisualisasikan keaadan sekitar menggunakan sebuah sensor dalam bentuk format digital dan disimpan dalam media penyimpanan digital (memori).kamera merupakan alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan akhir-akhir ini pada sensor BSI-CMOS (Back Side Illuminated) sensor yang lebih irit daya untuk kamera yang lebih canggih yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan dan kemudahan memindahkan hasil (transfer). Beberapa kamera digital, terutama DSLR dan high-end cameras dilengkapi fasilitas RAW yang dapat ditindaklanjuti di komputer mengunakan perangkat lunak tertentu untuk hasil terbaik, tetapi pada saat ini fasilitas Auto Mode telah menghasilkan gambar yang baik dalam format JPEG.

Di zaman sekarang ini mungkin sudah banyak banget kamera yang sangat canggih dengan model kamera yang berbeda-beda dengan hasil foto yang sangat menakjubkan . Tetapi pernah ngga sih kalian berfikir kalau kamera yang kalian punya itu bisa menangkap gambar tembus pandang ? Tentunya kalian berfikir “mana mungkin ada sih ?” . 

Dizaman sekarang dengan teknologi yang berkembang tentunya hal itu mungkin banget terjadi didunia ini . Contohnya itu kamera yang sedang trending , yaitu kamera oneplus 8 pro yang bisa menangkap gambar tembus pandang . 

Kamera oneplus 8 pro  itu sengaja dibuat tanpa filter warna ataupun infra merah (IR) untuk menghasilkan efek “artistik”. Dengan demikian, kamera 5 megapiksel ini mampu menangkap cahaya infra merah yang tak bisa direkam oleh kamera lain pada umumnya .

Efek sampingnya, ketika efek bernama “Photochrom” tersebut dinyalakan, kamera OnePlus 8 Pro bisa melihat melalui benda yang normalnya tidak terlihat transparan oleh mata manusia, seperti baju atau plastik.

Situs Android Pit menjelaskan bahwa beberapa jenis benda memang bisa dilihat seolah transparan dengan cahaya infra merah, seperti halnya tulang belulang di dalam tubuh manusia bisa dilihat dengan sinar-X.

Problemnya tinggal membuat kamera yang mampu menangkap sinar-X atau infra merah tersebut. Sinar infra merah dan sinar-X berada di luar jangkauan spektrum gelombang cahaya yang bisa dilihat mata manusia.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat