Ketahui 3 Aspek Penting dalam Menjaga Keamanan Siber Berikut! - IDS Digital College

Ketahui 3 Aspek Penting dalam Menjaga Keamanan Siber Berikut!

Sebuah perusahaan berbasis teknologi yang menghadirkan layanan bagi para penggunanya harus memperhatikan tiga aspek penting dalam menjaga cyber security. Ketiga aspek tersebut adalah manusia, proses, dan teknologi itu sendiri.

 

Ini sesuai dengan ungkapan dari Charles Lim, yang merupakan seorang pakar IT dan pakar cyber security dari Swiss German University. Ketiga hal tersebut sangat krusial dan tidak dapat dipisahkan sehingga harus berjalan bersamaan.

 

“Dalam keamanan siber kita perlu membangun tiga hal ini, baik dari manusia, pembenahan proses dan evaluasi, serta penggunaan teknologi yang tepat guna,” ungkap Charles seperti yang dikutip dari antaranews.com.

 

Charles juga mengungkapkan jika saat ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa cyber security hanya diperlukan untuk sebuah teknologi yang canggih. Padahal nyatanya, peran serta manusia dan berjalannya sebuah proses adalah bagian terlemah dalam rantai cyber security yang harus benar-benar diperhatikan.

 

Sesuai data dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), pengguna aplikasi pada smartphone rawan terpapar cyber crime. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki 1, 3 perangkat smartphone atau laptop, dan mereka menghabiskan waktunya minimal 3-4 jam di depan layar kedua jenis gadget tersebut.

 

“Yang perlu diperhatikan juga di dalam dunia digital yang saat ini sedang berkembang adalah bahwa setiap manusia Indonesia itu paling tidak mereka menggunakan waktunya lebih dari empat jam di mobile device,” ungkap Charles.

 

Angka ini bisa saja bertambah lebih tinggi, melihat jumlah penetrasi device seluler juga ikut meningkat. Dari data yang dikumpulkan oleh App Annie, sebuah perusahaan analisa aplikasi dikatakan jika pandemi COVID-19 tahun 2020 ini membuat masyarakat Indonesia menghabiskan waktu jauh lebih banyak di depan smartphone. Terhitung dalam satu hari setidaknya masyarakat kita berada di depan layar smartphone selama 6 jam.

 

Penggunaan terhadap perangkat seluler yang meningkat membuat manusia rentan terhadap cyber crime. Hasil riset ISACA memaparkan jika social engineering, sebuah istilah yang digunakan untuk tindak kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan interaksi dengan manusia menjadi salah satu modus ancaman cyber digital yang digunakan para penjahat cyber.

 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat