Ketahui Bagaimana Artificial Intelligence Mentransformasi Dunia - IDS Digital College

Ketahui Bagaimana Artificial Intelligence Mentransformasi Dunia

Masih banyak orang yang belum paham tentang AI atau Artificial Intelligence. Meskipun beberapa orang sering mendengar istilah ini namun sebenarnya masih banyak yang belum paham tentang apa itu AI yang sesungguhnya dan bagaimana cara kerjanya. Meskipun begitu, sudah banyak yang menggunakan kecerdasan buatan AI untuk diterapkan dalam mengubah tatanan dunia.

 

AI telah diaplikasikan ke dalam banyak bidang mulai dari bidang keuangan, keamanan nasional, kesehatan, peradilan pidana, transportasi, hingga smart cities. Selain itu AI juga memiliki banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa dimaksimalkan, seperti bisa melakukan akses data untuk hasil riset yang lebih besar tanpa harus mengorbankan privasi pribadi pengguna dan masih banyak lagi.

 

Pada umumnya AI dirujuk sebagai sebuah mesin yang mampu merespon rangsangan yang konsisten dengan respon tradisional yang diberikan manusia, dan diberikan kemampuan yang berkapasitas seperti manusia untuk bisa berkontemplasi, memberikan pilihan dan memiliki intention. Berdasarkan dari riset yang dilakukan oleh shubhendu dan Vijay, mereka adalah sistem software dimana membuat pilihan atau keputusan membutuhkan keahlian dari manusia, dan membantu manusia untuk mengantisipasi masalah atau menangani masalah yang muncul. Karena itulah mengapa AI disebut sebagai sebagai kecerdasan buatan, karena mereka beroperasi dengan cara yang intentional, intelligent dan adaptive manner.

 

Intentionally 

Logaritma dari Artificial Intelligence ini didesain untuk bisa mengambil sebuah keputusan yang sering digunakan pada data real-time. Tidak seperti passive machines atau mesin biasanya yang hanya bisa melakukan respons mekanis atau respon yang telah ditentukan sebelumnya, AI menggunakan sensor, data digital, atau remote input. AI mengkombinasikan informasi dari berbagai sumber, menganalisa materi secara instan, dan bertindak berdasarkan wawasan yang mereka dapat dari pencarian data tersebut. Dengan peningkatan besar-besaran yang dilakukan pada storage system, processing speed dan analytic techniques, mereka mampu menghasilkan kecanggihan yang luar biasa dalam hal melakukan analisis dan pengambilan keputusan.

 

Intelligence

AI biasanya berhubungan dengan machine learning dan data analytics. Machine learning mengambil data yang mencari tren yang mendasrinya, jika sudah menemukan sesuatu yang relevan pada masalah praktis itu software desainer bisa mengambil pengetahuan itu dan menggunakannya untuk menganalisis masalah tertentu. Semua yang diperlukan adalah sumber data yang cukup kuat, sehingga algoritma dapat membedakan pola yang berguna. Data bisa datang dari mana saja, mulai dari informasi digital. Satellite imagery, informasi secara visual, text hingga data tak terstruktur.

 

Adaptability

Sistem AI memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi saat mereka membuat sebuah keputusan. Contohnya dalam bidang transportasi, kendaraan semi-autonomous memiliki alat yang memungkinkan pengemudi dan kendaraan mengetahui tentang kemacetan yang akan datang, jalan yang berlubang, konstruksi jalan raya, atau kemungkinan halangan lalu lintas lainnya. Kendaraan dapat mengambil dan memanfaatkan pengalaman kendaraan lain saat di jalan, tanpa butuh keterlibatan manusia, seluruh “pengalaman” yang mereka dapatkan, dapat segera mungkin dialihkan ke kendaraan lain yang terkonfigurasi secara serupa.

 

Algoritma, sensor, dan kamera canggih yang mereka miliki menggabungkan pengalaman dalam operasi terkini. Mereka menggunakan dasbor dan visual display untuk menyajikan informasi secara real time, sehingga manusia dapat memahami lalu lintas yang sedang berlangsung dan tentang kondisi kendaraan saat itu juga. Dan dalam tipe mobil yang canggih dan fully autonomous, mereka memiliki sistem canggih yang sepenuhnya dapat mengontrol mobil atau truk, dan membuat semua keputusan navigasi.

 

Tertarik lebih lanjut bagaimana AI bekerja atau ingin bisa menciptakan sebuah AI yang baru? Yuk daftar kuliah jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat