Meeting Pakai Zoom? Cegah Zoombombing Dengan 7 Cara Ini - IDS Digital College

Meeting Pakai Zoom? Cegah Zoombombing Dengan 7 Cara Ini

Adanya ketetapan PSBB serta WFH dari pemerintah membuat seluruh masyarakat Indonesia harus melakukan karantina mandiri di rumah. Ini menyebabkan kegiatan bertatap muka di lingkungan pendidikan ataupun kantor jadi terhambat. Untuk menyiasati hal ini, mereka memilih untuk menggunakan aplikasi atau situs yang memiliki fitur untuk video call. Salah satu yang populer adalah aplikasi Zoom.

Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk dapat bertatap muka dengan lebih dari 5 orang melalui video call. Aplikasi Zoom ini menjadi salah satu aplikasi favorit yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar kelas online, dan diskusi online bagi para pekerja yang mengikuti kebijakan work from home. Belakangan ini pengguna aplikasi Zoom dikhawatirkan dengan adanya serangan zoombombing yang meresahkan. Namun jangan khawatir, mari simak 7 cara antisipasi serangan zoom bombing ini!

1. Kick / Keluarkan Orang yang Mencurigakan
Ini yang paling meresahkan ketika tiba-tiba ada orang masuk ke dalam room kamu, padahal tidak ada yang kenal dengan id atau username itu. Sebaiknya keluarkan dia dari grup, caranya klik nama yang ingin di kick kemudian pilih delete.

2. Buat Undangan Untuk Pertemuan
Ini bisa dilakukan oleh akun zoom yang berbayar, caranya adalah orang yang ingin bergabung dalam room pertemuan hanya mereka yang menggunakan alamat email sesuai undangan. 

3. Gunakan Fitur ‘Waiting Room
Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menolak orang yang sekiranya namanya tidak kamu kenal atau menggunakan uname id yang mencurigakan, karena untuk bergabung peserta harus menunggu persetujuan terlebih dahulu

4. Pastikan Gunakan Setting Only Host
Fitur ini berguna untuk memastikan hanya host yang diijinkan bisa membagi layar. Caranya adalah klik setting > in meeting (basic) > screen sharing > only host. Disana bisa memilih siapa saja yang dapat melakukan share.

5. Kunci Rapat Bagi Peserta Bary
Saat semua orang yang diinginkan sudah bergabung dan rapat telah dimulai, kunci room agar tidak ada peserta baru yang masuk. Caranya saat meeting berlangsung pilih participants > more > lock meeting.

6. Gunakan Kata Sandi dan Username ID yang Unik
Saat menggunakan zoom, kamu akan mendapatkan opsi untuk membuat ID unik dari pada menggunakan PMI yang merupakan kode numerik untuk dibagikan dari zoom. Karena opsi ID unik akan muncul berbeda setiap kamu menjalankan meeting baru, sehingga fitur ini lebih aman untuk digunakan. 

Kamu bisa menggunakan PMI yang diberikan saat melakukan pertemuan berulang kali dengan kelompok kecil, karena PMI tak pernah kadaluarsa dan siapapun yang memiliki kode PMI itu bisa dengan mudah masuk ke dalam room meeting kapan saja. Karena dengan PMI orang dapat bergabung tanpa harus meminta kode atau tautan baru.

7. Selalu Update Aplikasi
Selalu lakukan pembaharuan agar aplikasi zoom kamu terbebas dari zoombombing, karena itu wajib lakukan update jika ada informasi pembaruan aplikasi. 

Diatas adalah 7 tips agar akun zoom kamu aman dari zoombombing yang meresahkan. Jika kamu masih tidak yakin atau ragu menggunakan zoom, kamu bisa beralih ke beberapa aplikasi atau situs yang memiliki fitur video call dengan banyak orang. Seperti Google Hangouts Meet, Microsoft Teams, Skype, Cisco Webex, Jitsi Meet dan masih banyak lagi. 

Namun perlu diingat, semua aplikasi dan situs memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Untuk memastikan data kamu aman, disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan menggunakan fitur yang bisa meminimalisir akun dan ruang pertemuan kamu tidak tidak disusupi hacker. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat